Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: Lanthoq pada Oktober 17, 2009, 01:23:49 PM

Judul: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: Lanthoq pada Oktober 17, 2009, 01:23:49 PM
Hai..sobat forum..aku ada PR nih dari adikku, dia nanyak..kak apa bisa Fotosintesis itu dengan menggunakan cahaya Lampu neon. aku jadinya bingung juga nih, selama ini setahu aku..proses fotosintesis bisa terjadi bila ada sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil,untuk merubah CO2 dan H2O menjadi karbohidrat dan O2 + ATP apa ndak begitu..? mohon penjelasan dong teman-teman. aku juga kurang faham.....!
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: syx pada Oktober 18, 2009, 12:59:52 AM
bisa, tergantung pada panjang gelombang yang dipancarkan dan intensitas sinarnya. kalo kita bicara dengan produsen lampu pasti mereka punya lampu khusus untuk tanaman, misalnya saja oshram flora.
pemakaian lampu untuk fotosintesis bisa kita temui dalam teknologi kultur jaringan, terrarium dan aquascape.

(http://krstofer.org/carnivore/terrarium.jpg)
gambar di atas adalah terrarium untuk tumbuhan karnivora. terrarium diperlukan untuk mendapatkan lingkungan yang stabil dalam hal kelembaban dan suhu. sebagai penerangan tidak mungkin menggunakan sinar matahari yang bisa semakin meningkatkan suhu di dalam ruang kaca tersebut. sebagai pengganti maka digunakan semacam lampu neon (artificial light).
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: phice pada Oktober 18, 2009, 01:05:03 AM
Oh...
Jadi ada lampu khususnya ya?
Aku pikir yang penting lampu!
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: syx pada Oktober 18, 2009, 02:11:18 AM
... sekali lagi, tergantung rentang spektrum dan intensitas sinarnya. kalo pake lampu ijo yang percuma aja. lampu neon biasa untuk pencahayaan tanaman pernah saya terapkan pada venus flytrap. waktu itu di pot yang sama ditumbuhi oleh calincing (Oxalis sp). tanaman ini waktu malam akan menutup daunnya. tapi di bawah lampu neon dalam jarak dekat, kondisi tanaman sama seperti waktu siang meskipun hari udah malam.
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 18, 2009, 07:24:58 AM
Tidak semua spektrum cahaya dapat dipakai untuk fotolisis dalam reaksi terang. Grafik di bawah ini menunjukkan penyerapan cahaya dari berbagai spektrum, masing-masing oleh klorofil-a, klorofil-b, dan karotenoid. Perhatikan pula bahwa cahaya hijau bukan favorit mereka, karena itu tidak heran jika kebanyakan daun warnanya hijau.
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: pandax pada Oktober 18, 2009, 08:32:21 AM
good info bro.... kalo gw pake sinar X boleh donk... soalnya sinar UV frekuensinya lebih besar dari sinar warna...????
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 18, 2009, 09:24:13 AM
Sinar X bukannya panjang gelombangnya pendek sekali ya? Saya rasa gak bisa, malah Sinar X dan UV itu bisa ngerusak DNA.
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: alf pada Oktober 18, 2009, 10:59:42 AM
q pernah praktek bio. waktu itu ada tanaman yang ditaruh d dalam ruangan d luar. kebetulan yang d dlm ruangan itu ada lampu neonnya (lampu neon yg biasa dpake d rmh2). tumbuhan mmg ttp melakukan fotositesis, tp lajunya sangat rendah jika dibandingkan jk trkna chy mthr lsg...
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: nandaz pada Oktober 18, 2009, 11:46:51 AM
..lampu jadikan sebagai pengganti cahaya matahari, jawabannya bisa...asalkan memiliki panjang gelombang yang cukup bagus untuk tumbuhan tersebut, rata-ratanya untuk tumbuhan berklorofil membutuhkan sinar dengan panjang gelombang  warna biru (400-450 nanometer) dan merah (650-700 nanometer), umumnya Cahaya hijau ini akan dipantulkan dan ditangkap oleh mata kita(sesuai dengan kaidah spektrum gelombang dalam fisika terhadap sesama jenis warna).Fotosintesis akan menghasilkan lebih banyak energi pada gelombang cahaya dengan panjang tertentu, tergantung tumbuhannya...neonnya bukan sembarang neon ada salah satunya kalo ngga salah disebut "Pothos Neon"
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: Lanthoq pada Oktober 21, 2009, 02:36:31 PM
wah..thanks kalian memang luar biasa..tidak rugi saya ikut forum sains..nyambung dikit nih bro..Jadi boleh dong kita masukkan bunga didalam ruangan pada malam hari asalkan ada lampu neonnya..? terus lampu neon yang bagaimana yang panjang gelombangnya mirip-mirip dengan Sinar Mata hari..?
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: syx pada Oktober 21, 2009, 11:00:28 PM
bisa aja... tumbuhan akan merasa itu kondisi siang terus. tapi apa efeknya kalo tumbuhan ga pernah tidur jika lampu dinyalakan terus?
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: wuriant pada Oktober 22, 2009, 12:50:01 AM
thanks atas info nya nich.
sekalian mo nanya kalo untuk akuarium suka ada lampu neon yang mengandung uv, apa ini sama dengan uv yang dari sinar matahari?
apa lampu neon ini bisa dipakai untuk pengganti sinar matahari dlam fotosintesis tersebut.

sebenernya banyak banget nich pertanyaan saya sehubungan dengan lampu neon sebagai pengganti sinar matahari, tapi nanti jadi oot karena tidak berhubungan dengan fotosintesis.
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: nandaz pada Oktober 22, 2009, 09:11:08 AM
terus lampu neon yang bagaimana yang panjang gelombangnya mirip-mirip dengan Sinar Mata hari..?
...itu ngga baik menurutku...sebab, tumbuhan yang berklorofil pada umumnya melakukan reaksi gelap dimana sinar matahari tidak diperlukan, reaksi ini merupakan kelanjutan dari reaksi terang dan merupakan salah satu tahapan penting dalam fotosintesis. nah dari reaksi ini hasilnya salah satu yang kita konsumsi sehari2 glukosa (C6H12O6).
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: Idad pada Oktober 22, 2009, 11:10:56 AM
terus lampu neon yang bagaimana yang panjang gelombangnya mirip-mirip dengan Sinar Mata hari..?
...itu ngga baik menurutku...sebab, tumbuhan yang berklorofil pada umumnya melakukan reaksi gelap dimana sinar matahari tidak diperlukan, reaksi ini merupakan kelanjutan dari reaksi terang dan merupakan salah satu tahapan penting dalam fotosintesis. nah dari reaksi ini hasilnya salah satu yang kita konsumsi sehari2 glukosa (C6H12O6).
Owh.., baru mudeng saya. Sepertinya saya harus buka kembali text book kelas 3 SMA. Thx for the info.
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 22, 2009, 11:26:15 AM
Reaksi gelap bukan berarti harus dilakukan di tempat gelap, sebab inti dari reaksi gelap hanyalah bahwa dia light independent atau tidak membutuhkan cahaya. Jika kita pahami lebih lanjut, harusnya reaksi gelap pun terjadi dalam kondisi terang. Kenapa? Ingat, reaksi gelap memerlukan suplai ATP dan NADPH dari reaksi terang (sekaligus menyuplai balik ADP dan NADP+) bagi reaksi terang. Untuk hasil yang efektif, reaksi terang dan gelap harus berjalan berdampingan. Maka, adalah salah kaprah mengatakan bahwa reaksi gelap terjadi malam hari dan reaksi terang terjadi di siang hari. Reaksi terang dan gelap terjadi di siang hari.
Judul: Re: Biobio
Ditulis oleh: nandaz pada Oktober 24, 2009, 11:11:06 AM
Reaksi gelap bukan berarti harus dilakukan di tempat gelap, sebab inti dari reaksi gelap hanyalah bahwa dia light independent atau tidak membutuhkan cahaya. Jika kita pahami lebih lanjut, harusnya reaksi gelap pun terjadi dalam kondisi terang. Kenapa? Ingat, reaksi gelap memerlukan suplai ATP dan NADPH dari reaksi terang (sekaligus menyuplai balik ADP dan NADP+) bagi reaksi terang. Untuk hasil yang efektif, reaksi terang dan gelap harus berjalan berdampingan. Maka, adalah salah kaprah mengatakan bahwa reaksi gelap terjadi malam hari dan reaksi terang terjadi di siang hari. Reaksi terang dan gelap terjadi di siang hari.
...begitu ya,...baiklah...
dengan kata lain penyinaran yang dilakukan secara terus-menerus memang ngga baikjuga. proses respirasi tumbuhan terjadi saat malam, dimana kegiatan fotosintesis sedang stop...dengan begitu tanaman bisa "istirahat" dari kegiatan pembentukan glukosa
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 24, 2009, 11:28:15 AM
@nandaz=
Nggak juga sih, respirasi seluler harus berjalan setiap waktu. Dengan kata lain, karbohidrat dari fotosintesis langsung dimanfaatkan oleh proses katabolik, dst. Namun, lama pencahayaan juga berpengaruh banyak (baca= tanaman hari pendek, tanaman hari panjang).
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: nandaz pada Oktober 24, 2009, 11:42:06 AM
....respirasi tumbuhan berklorofil bukannya dilakukan saat malam hari ya? ??? dimana Oksigen diambil lagi dan dilakukan secara aerob...sebelumnya dari pelajaran dulu2 jelas beda akan proses fotosintesis dengan respirasi, antara anabolisme dan katabolisme...kupikir waktu proses untuk keduanya ngga lah sama....lalu bagaimana dengan maksud buku2 bahwa respirasi tumbuhan terjadi malam hari itu?thanks
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: milmi pada Oktober 25, 2009, 08:33:28 PM
dengan kata lain penyinaran yang dilakukan secara terus-menerus memang ngga baikjuga. proses respirasi tumbuhan terjadi saat malam, dimana kegiatan fotosintesis sedang stop...dengan begitu tanaman bisa "istirahat" dari kegiatan pembentukan glukosa

Respirasi juga terjadi pada siang hari, namun oksigen diambil dari hasil fotosintesis.
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 25, 2009, 10:03:30 PM
@ nandaz = Buku apa dulu? Kalau buku SD, SMP, SMA memang seringkali menyesatkan, dan kalau dipikir secara logis, memang akan sangat masuk akal jika respirasi dilakukan juga bersamaan dengan fotosintesa.
Judul: Re: Biobio
Ditulis oleh: nandaz pada Oktober 26, 2009, 10:22:58 AM
@ nandaz = Buku apa dulu? Kalau buku SD, SMP, SMA memang seringkali menyesatkan, dan kalau dipikir secara logis, memang akan sangat masuk akal jika respirasi dilakukan juga bersamaan dengan fotosintesa.
...sumbernya memang dari buku sekolahan dulu sih(sebetulnya inget aja pelajaran masa kecil ::))...respirasi disiang hari secara bebaskah(aerob)?...yah, aku juga berfikir demikian sebab tumbuhan juga harus mendapatkan pasokan energi untuk beraktifitas, dan proses respirasi sel tumbuhan memang harus terjadi setiap saat...lalu beda respirasi siang dan malam  apa ya?
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 27, 2009, 12:14:21 AM
@ nandaz = Buku apa dulu? Kalau buku SD, SMP, SMA memang seringkali menyesatkan, dan kalau dipikir secara logis, memang akan sangat masuk akal jika respirasi dilakukan juga bersamaan dengan fotosintesa.
...sumbernya memang dari buku sekolahan dulu sih(sebetulnya inget aja pelajaran masa kecil ::))...respirasi disiang hari secara bebaskah(aerob)?...yah, aku juga berfikir demikian sebab tumbuhan juga harus mendapatkan pasokan energi untuk beraktifitas, dan proses respirasi sel tumbuhan memang harus terjadi setiap saat...lalu beda respirasi siang dan malam  apa ya?
dengan kata lain penyinaran yang dilakukan secara terus-menerus memang ngga baikjuga. proses respirasi tumbuhan terjadi saat malam, dimana kegiatan fotosintesis sedang stop...dengan begitu tanaman bisa "istirahat" dari kegiatan pembentukan glukosa
Respirasi juga terjadi pada siang hari, namun oksigen diambil dari hasil fotosintesis.
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: syx pada Oktober 27, 2009, 06:33:30 AM
respirasi kan artinya bernapas kan? kalo bernapas bagi makhluk yang perlu oksigen yang nonstop. ga napas bisa mati...
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: milmi pada Oktober 28, 2009, 03:02:15 AM
respirasi kan artinya bernapas kan? kalo bernapas bagi makhluk yang perlu oksigen yang nonstop. ga napas bisa mati...

Kenapa kalo gak napas bisa mati?? Jawabannya silahkan dilihat di sini http://www.forumsains.com/biologi/mengapa-gak-bernafas-bisa-mati/. Maap mod, OOT.. (eh, bukannya saya ya modnya??)
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: syx pada Oktober 29, 2009, 08:47:15 AM
ok... jadi apakah benar tumbuhan bakal mendapat efek negatif seandainya dia berfotosintesis terus karena penyinaran nonstop?
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 07, 2009, 03:48:47 AM
Saya rasa tidak. Lebih dahulu kita harus mengerti secara jelas apa itu proses fotosintesis, dan bagaimana proses itu berjalan. Tapi sebelumnya maaf kalau penejelasan saya ada yang salah atau kurang lengkap, sebab saya bukan ahli di bidang botani, saya orang medis. :)
Fotosintesis pada dasarnya merupakan proses "menyadap" energi bebas dari lingkungan dalam bentuk foton. Sama halnya dengan pneyerapan foton menggunakan sel surya, tumbuhan memiliki "sel surya" sendiri, yaitu klorofil, xanthin, karotin, dll. Semua itu jenis pigmen yg dapat tereksitasi saat menyerap foton dengan frekuensi tertentu. Akibat tereksitasinya elektron dalam fotosistem (baik I,II atau gabungan), ia akan mengalirkan elektron sepanjang fotosistem, mirip aliran elektron dari rantai respirasi. Proses ini disebut fluoresence resonance energy transfer, yang berfungsi memompa proton ke dalam intermembrane space plastid/grana.
Proton gradient selanjutnya digunakan untuk membentuk ATP lewat ATP synthase, mirip dengan type P1P0 Proton Pump/ATP Synthase dalam rantai respirasi mitokondria. Selain untuk membentuk ATP, fotosistem juga membentuk NADPH sebagai pereduksi dan O2 (hanya pada fotosistem gabungan kalau tidak salah), O2 ini didapat dari pemecahan H2O oleh enzim dalam rantai fotosistem setelah tereksitasi oleh foton.
Jadi summary nya fotosintesis menghasilkan ATP, NADPH, dan O2.

Nah ATP dan NADPH digunakan dalam calvin cycle untuk membentuk glukosa dan fruktosa melalui 3-phosphoglycerate (yang dibentuk dari CO2) oleh enzim RUBISCO (Ribulosa-5- phosphat carboxylase, protein paling banyak dimuka bumi ini). Fruktosa,  glukosa dan O2 kemudian digunakan oleh bagian tubuh tanaman lain yang TIDAK MAMPU berfotosintesis, seperti akar, ranting, dll, sebagai sumber energi melalui glikolisis, Krebs Cycle dan akhirnya rantai respirasi, sama persis dengan makhluk hidup heterotrof. Bagian tanaman ini tidak mampu berfotosintesis sebab ia tidak memiliki pigmen klorofil dan memang tidak terspesialisasi untuk itu. Selain sebagai bahan makanan, glukosa juga banyak digunakan untuk membentuk selulosa pada dinding sel. Kelebihan glukosa atau fruktosa disimpan dalam bentuk cadangan makanan.
Ini garis besar proses dan fungsi fotosintesis, lebih detilnya, saya punya gambar2 dalam buku cell biology atau tanyakan saja pada yang ahli di bidang tumbuhan, seperti..sapa ya disini, bang momod mungkin..
Judul: Re: Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon
Ditulis oleh: pandax pada November 19, 2009, 10:52:31 AM
setau gw iya