Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:46:15 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Fotosintesis dengan Cahaya Lampu Neon

Dimulai oleh Lanthoq, Oktober 16, 2009, 10:23:49 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Lanthoq

Hai..sobat forum..aku ada PR nih dari adikku, dia nanyak..kak apa bisa Fotosintesis itu dengan menggunakan cahaya Lampu neon. aku jadinya bingung juga nih, selama ini setahu aku..proses fotosintesis bisa terjadi bila ada sinar matahari yang ditangkap oleh klorofil,untuk merubah CO2 dan H2O menjadi karbohidrat dan O2 + ATP apa ndak begitu..? mohon penjelasan dong teman-teman. aku juga kurang faham.....!
Jadilah diri sendiri, jangan meniru atau ingin ditiru

syx

bisa, tergantung pada panjang gelombang yang dipancarkan dan intensitas sinarnya. kalo kita bicara dengan produsen lampu pasti mereka punya lampu khusus untuk tanaman, misalnya saja oshram flora.
pemakaian lampu untuk fotosintesis bisa kita temui dalam teknologi kultur jaringan, terrarium dan aquascape.


gambar di atas adalah terrarium untuk tumbuhan karnivora. terrarium diperlukan untuk mendapatkan lingkungan yang stabil dalam hal kelembaban dan suhu. sebagai penerangan tidak mungkin menggunakan sinar matahari yang bisa semakin meningkatkan suhu di dalam ruang kaca tersebut. sebagai pengganti maka digunakan semacam lampu neon (artificial light).

phice

Oh...
Jadi ada lampu khususnya ya?
Aku pikir yang penting lampu!
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

syx

#3
... sekali lagi, tergantung rentang spektrum dan intensitas sinarnya. kalo pake lampu ijo yang percuma aja. lampu neon biasa untuk pencahayaan tanaman pernah saya terapkan pada venus flytrap. waktu itu di pot yang sama ditumbuhi oleh calincing (Oxalis sp). tanaman ini waktu malam akan menutup daunnya. tapi di bawah lampu neon dalam jarak dekat, kondisi tanaman sama seperti waktu siang meskipun hari udah malam.

biobio

Tidak semua spektrum cahaya dapat dipakai untuk fotolisis dalam reaksi terang. Grafik di bawah ini menunjukkan penyerapan cahaya dari berbagai spektrum, masing-masing oleh klorofil-a, klorofil-b, dan karotenoid. Perhatikan pula bahwa cahaya hijau bukan favorit mereka, karena itu tidak heran jika kebanyakan daun warnanya hijau.
"The pen is mightier than the sword"

pandax

good info bro.... kalo gw pake sinar X boleh donk... soalnya sinar UV frekuensinya lebih besar dari sinar warna...????

biobio

#6
Sinar X bukannya panjang gelombangnya pendek sekali ya? Saya rasa gak bisa, malah Sinar X dan UV itu bisa ngerusak DNA.
"The pen is mightier than the sword"

alf

q pernah praktek bio. waktu itu ada tanaman yang ditaruh d dalam ruangan d luar. kebetulan yang d dlm ruangan itu ada lampu neonnya (lampu neon yg biasa dpake d rmh2). tumbuhan mmg ttp melakukan fotositesis, tp lajunya sangat rendah jika dibandingkan jk trkna chy mthr lsg...

nandaz

..lampu jadikan sebagai pengganti cahaya matahari, jawabannya bisa...asalkan memiliki panjang gelombang yang cukup bagus untuk tumbuhan tersebut, rata-ratanya untuk tumbuhan berklorofil membutuhkan sinar dengan panjang gelombang  warna biru (400-450 nanometer) dan merah (650-700 nanometer), umumnya Cahaya hijau ini akan dipantulkan dan ditangkap oleh mata kita(sesuai dengan kaidah spektrum gelombang dalam fisika terhadap sesama jenis warna).Fotosintesis akan menghasilkan lebih banyak energi pada gelombang cahaya dengan panjang tertentu, tergantung tumbuhannya...neonnya bukan sembarang neon ada salah satunya kalo ngga salah disebut "Pothos Neon"
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Lanthoq

wah..thanks kalian memang luar biasa..tidak rugi saya ikut forum sains..nyambung dikit nih bro..Jadi boleh dong kita masukkan bunga didalam ruangan pada malam hari asalkan ada lampu neonnya..? terus lampu neon yang bagaimana yang panjang gelombangnya mirip-mirip dengan Sinar Mata hari..?
Jadilah diri sendiri, jangan meniru atau ingin ditiru

syx

bisa aja... tumbuhan akan merasa itu kondisi siang terus. tapi apa efeknya kalo tumbuhan ga pernah tidur jika lampu dinyalakan terus?

wuriant

thanks atas info nya nich.
sekalian mo nanya kalo untuk akuarium suka ada lampu neon yang mengandung uv, apa ini sama dengan uv yang dari sinar matahari?
apa lampu neon ini bisa dipakai untuk pengganti sinar matahari dlam fotosintesis tersebut.

sebenernya banyak banget nich pertanyaan saya sehubungan dengan lampu neon sebagai pengganti sinar matahari, tapi nanti jadi oot karena tidak berhubungan dengan fotosintesis.

nandaz

Kutip dari: Lanthoq pada Oktober 20, 2009, 11:36:31 PM
terus lampu neon yang bagaimana yang panjang gelombangnya mirip-mirip dengan Sinar Mata hari..?
...itu ngga baik menurutku...sebab, tumbuhan yang berklorofil pada umumnya melakukan reaksi gelap dimana sinar matahari tidak diperlukan, reaksi ini merupakan kelanjutan dari reaksi terang dan merupakan salah satu tahapan penting dalam fotosintesis. nah dari reaksi ini hasilnya salah satu yang kita konsumsi sehari2 glukosa (C6H12O6).
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Idad

Kutip dari: nandaz pada Oktober 21, 2009, 06:11:08 PM
Kutip dari: Lanthoq pada Oktober 20, 2009, 11:36:31 PM
terus lampu neon yang bagaimana yang panjang gelombangnya mirip-mirip dengan Sinar Mata hari..?
...itu ngga baik menurutku...sebab, tumbuhan yang berklorofil pada umumnya melakukan reaksi gelap dimana sinar matahari tidak diperlukan, reaksi ini merupakan kelanjutan dari reaksi terang dan merupakan salah satu tahapan penting dalam fotosintesis. nah dari reaksi ini hasilnya salah satu yang kita konsumsi sehari2 glukosa (C6H12O6).
Owh.., baru mudeng saya. Sepertinya saya harus buka kembali text book kelas 3 SMA. Thx for the info.

biobio

Reaksi gelap bukan berarti harus dilakukan di tempat gelap, sebab inti dari reaksi gelap hanyalah bahwa dia light independent atau tidak membutuhkan cahaya. Jika kita pahami lebih lanjut, harusnya reaksi gelap pun terjadi dalam kondisi terang. Kenapa? Ingat, reaksi gelap memerlukan suplai ATP dan NADPH dari reaksi terang (sekaligus menyuplai balik ADP dan NADP+) bagi reaksi terang. Untuk hasil yang efektif, reaksi terang dan gelap harus berjalan berdampingan. Maka, adalah salah kaprah mengatakan bahwa reaksi gelap terjadi malam hari dan reaksi terang terjadi di siang hari. Reaksi terang dan gelap terjadi di siang hari.
"The pen is mightier than the sword"