Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 01, 2021, 12:56:37 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Gas metana  (Dibaca 174769 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Gas metana
« Jawab #15 pada: Februari 12, 2010, 02:12:13 PM »
oh iya ya,,,
salah liat room,,,
kirain ini room kimia... T____T
eh ternyata bio...

XDDDD
~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Gas metana
« Jawab #16 pada: Februari 12, 2010, 11:20:59 PM »
...memang sektor pertanian merupakan penyebab utama dalam memproduksi gas metana, dibanding itu sudah ada yang dapat mengolah gas metana untuk listrik(dilihat disini )pemanfaatan gas metana untuk listrik dan ada upaya untuk melumat gas ini pada lahan pertanian (silakan lihat melumat metana)

sis,
memang benar ini tadi room kimia lalu berubah menjadi room biologi...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: Gas metana
« Jawab #17 pada: Februari 14, 2010, 06:08:24 AM »
 :) :) :)

sory baru nongol2 lagi ....
Hmm....Makanya kemarin baca kalau kebanyakan gas metana efeknya oksigen berkurang dengan begitu populasi makhluk hidup semakin sedikit ,,

kira2 nanti berevolusi jadi kaya gmna yah ?
_Don't Be Affraid_

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Gas metana
« Jawab #18 pada: Februari 14, 2010, 06:56:42 AM »
Berevolusi jadi bakteri anaerob?
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Gas metana
« Jawab #19 pada: Februari 14, 2010, 12:27:38 PM »
bisa jadi anaerob,,

oh ya,,
hari itu ada berita ttg ledakan tambang kyknya itu karena gas metana itu lo..
yg meledak itu di gua yg agak dalam lagi,,
makin dalam makin byk gas metan, makin dikit O2...

pernah ada percobaan di TV sisca liat ya,, ttg gimana simulasi meledaknya tambang gitu,,
gas metan mudah bgt b'reaksi sama udara terbuka,, n terbakar keluar,,,

@nandaz.. kok dipindahin ya.. aneh.. padahal kan di sini bahas ttg sifat2 senyawa..
hohooo~

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Gas metana
« Jawab #20 pada: Februari 15, 2010, 04:41:16 AM »
maaf bila ada yang tersinggung :p saya mah cuma memberi pendapat aja buat ngurangi global warming. setidaknya itu yang bisa saya lakukan untuk bumi ini ;D kalo ada yang merasa berkeberatan juga g apa2. itu masalah kematangan berpikir dan tindakan individual. lagipula saya tidak menyangkutkan masalah agama kan? ;) sebab saya juga menanggapi postingan ini dengan pola pikir sains. kalo mau nyangkutkan soal agama, takutnya bakal terjadi konfrontasi ama yang anti-theis :) kayak forum sebelah ;) maaf bila ada kata yang menyinggung...
Best Regards,


Astrawinata G

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Gas metana
« Jawab #21 pada: Februari 15, 2010, 05:02:00 AM »
oh ya ohya,,
mau nanya,,
ternyata gas metan itu mudah bereaksi sama halogen. apalagi kalo ada bantuan dari terik matahari ato dari cahaya UV.. akan membentuk campuran alkilhalida..
jadi apa yg terjadi kalo di lingkungan yg terik ada gas klorin dan gas alam kyk metan..?
apa kebykan alkilhalida bisa membahayakan lingkungan ya.?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Gas metana
« Jawab #22 pada: Februari 15, 2010, 05:13:12 AM »
emmm....sifat alkilhalida itu kayak apa ya sis? ???

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Gas metana
« Jawab #23 pada: Februari 15, 2010, 05:20:56 AM »
erm,,,
di sini ga ditulis yg merugikannya,,
cuma dibilang kalo makin tinggi sukunya (atom C-nya) maka makin mudah menguap...
pada suhu kamar berwujud gas...
itu doank...
tar tar,, sisca bongkar2 lage..
hehe~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Gas metana
« Jawab #24 pada: Februari 15, 2010, 05:44:31 AM »
Sifat fisika Alkil Halida :

* Mempunyai TD lebih tinggi dari pada TD Alkana dengan jumlah unsur C yang sama.
* Tidak larut dalam air, tapi larut dalam pelarut organik tertentu.
* Senyawa-senyawa bromo, iodo dan polikloro lebih berat dari pada air.

TD = titik didih

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Gas metana
« Jawab #25 pada: Februari 15, 2010, 05:51:22 AM »
iyah,, ciri2nya cuma itu doank yg ditulis..
yg merugikan sama lingkungan apaan donk...?
@.@a

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Gas metana
« Jawab #26 pada: Februari 15, 2010, 06:08:42 AM »
contohnya CFC : merusak lapisan ozon , bisa menyebabkan pemanasan global

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Gas metana
« Jawab #27 pada: Februari 15, 2010, 06:22:29 AM »
ogh,,,
iya jg,,
bisa bisa,,
keren..

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Gas metana
« Jawab #28 pada: Februari 16, 2010, 11:23:00 AM »
oh ya ohya,,
mau nanya,,
ternyata gas metan itu mudah bereaksi sama halogen. apalagi kalo ada bantuan dari terik matahari ato dari cahaya UV.. akan membentuk campuran alkilhalida..
jadi apa yg terjadi kalo di lingkungan yg terik ada gas klorin dan gas alam kyk metan..?
apa kebykan alkilhalida bisa membahayakan lingkungan ya.?
...nama reaksinya adalah halogenasi, mengikat gas klorin dengan pengaruh UV ataupun panas...hasilnya itu tuh alkil halida sama HCl...

..yang terjadi serupa seperti ujan asam yang disebabkan pabrik2 yang bercerobong  tanpa filtrasi ulang.
seperti yang disebabkan SO2 pelaku utama ujan asam.
BTW ujan asam sebenarnya dapat mencegah global warming, gas kayak SO2 ataupun NOx dan HCl  penyebab hujan asam mampu memantulkan sinar matahari keluar atmosfer bumi sehingga dapat mencegah kenaikan temperatur bumi.. ::). Akan tetapi, efek samping dari hujan asam menghasilkan kerusakan lingkungan yang lebih parah dibandingkan global warming.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Gas metana
« Jawab #29 pada: Februari 16, 2010, 12:32:18 PM »
tapi kalo hujan asam malah bikin patung2 rumah2 pada cepet keropos semua,,
ambruk deh.. XDDD

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
4850 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 23, 2009, 10:21:05 AM
oleh kurapnaga
0 Jawaban
2005 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2008, 11:50:47 AM
oleh rawWARus
5 Jawaban
7500 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2010, 10:18:49 AM
oleh galihutomo
Gas menjadi Air?

Dimulai oleh Farabi « 1 2 ... 7 8 » Kimia

114 Jawaban
35952 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 07, 2010, 08:21:49 PM
oleh Takagi Fujimaru
7 Jawaban
5208 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 30, 2009, 12:50:01 PM
oleh raisuien