Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 04:34:36 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Ikan bisa haus ndak?  (Dibaca 11827 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Ikan bisa haus ndak?
« pada: Agustus 26, 2010, 01:23:52 PM »
mau tanya donk..
Tentang yg di atas.. :D
Apakah ikan bisa merasa haus?
Tolong dijawab secara ilmiah... ;D :D
Makasii..
~ You are what you eat ~

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #1 pada: Agustus 26, 2010, 10:02:35 PM »
sepertinya ga deh... kecuali mungkin dalam kondisi yang bikin air keluar dari tubuh mereka. misalnya ikan air tawar di lingkungan air berkadar garam tinggi.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #2 pada: Agustus 27, 2010, 08:38:33 AM »
Tuh kan seperti yang wa bilang juga..
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #3 pada: Agustus 27, 2010, 02:47:22 PM »
Maksudnya gimana om?
Kenapa kalo ikan air tawar ditarok ke lingkungan dengan kadar garam tinggi bisa membuat ikan mengeluarkan air?

Terus...
Air masuk ke dalam tubuh ikan dari mulut atau dengan cara difusi? atau dengan difusi dan lewat mulut?
Ikan sering2 buka mulut itu untuk mengambil oksigen ya?
TQ :D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2010, 10:34:49 PM »
ikan air tawar biasa hidup dalam kondisi air dengan kadar garam rendah. begitu dimasukkan ke dalam air dengan kadar garam tinggi maka air dari tubuhnya akan keluar melalui mekanisme osmosis. sama seperti halnya kentang kalo direndam dalam air gula yang kental bisa menyusut karena airnya keluar.

air masuk pastinya lewat mulut lah. ikan buka2 mulut yang sering kita lihat itu untuk masukin air terus dilewatkan ke insangnya. insang akan mengambil oksigen dari air dan mengeluarkan karbondioksida ke air.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #5 pada: Agustus 28, 2010, 01:28:06 PM »
oh..
:D :D ;D
Berarti ikan gak masukkin air secara difusi donk ya?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #6 pada: Agustus 28, 2010, 01:54:53 PM »
Airnya dimakan..
Trus ntar lewat insangnya.
Kayak yang dibilang om syx.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #7 pada: Agustus 28, 2010, 01:57:22 PM »
osmosis itu bisa dibilang seperti "Difusi air" :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #8 pada: Agustus 29, 2010, 12:48:36 PM »
owh...
Sippo...
TQ semuanya.. ^^

Jadi berarti, ikan bisa merasa haus donk ya..

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #9 pada: Agustus 29, 2010, 01:14:55 PM »
ikan bisa kekurangan air dalam selnya, tapi ga tau apakah otak ikan bisa menerjemahkannya sebagai haus apa nggak :)

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #10 pada: Agustus 31, 2010, 01:01:55 PM »
jawaban ngawur:
bisa dong
kalo dia berada bukan pada lingkungan air
shg selnya menjadi kekurangan air

Offline PocongSains

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 11
  • Gender: Wanita
  • rajin atau malas, bukan pintar atau bodoh
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #11 pada: September 04, 2010, 02:36:31 PM »
Pertanyaan Konyol tapi sangat Sulit dijawab, butuh penelitian dan serangkaian metode ilmiah,

Mungkin kadar haus yang dirasakan ikan mungkin relatif, berbeda dengan hewan darat

Offline bocah tua

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 5
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #12 pada: September 24, 2010, 05:39:37 PM »
yang pasti, semua binatang,tumbuhan dan manusia butuh air...termasuk ikan
walaupun tidak terlihat ataupun tidak diketahui, bukan berarti dia tidak ada

Offline skrzzz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 35
  • IQ: 4
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #13 pada: Februari 27, 2011, 04:10:33 AM »
nanya juga donk... apa ikan bisa mati kehausan?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #14 pada: Februari 28, 2011, 10:52:58 PM »
nanya juga donk... apa ikan bisa mati kehausan?

Aq rasa bisa deh kalo' ikan air tawar ditaruh di air laut. :P
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
16422 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2009, 09:14:43 AM
oleh Nabih
7 Jawaban
6154 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2011, 01:07:31 AM
oleh obbiq
3 Jawaban
3517 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2011, 12:58:03 AM
oleh syx
2 Jawaban
4743 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2012, 01:44:37 PM
oleh mhyworld
0 Jawaban
2689 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2012, 03:29:02 PM
oleh randall