Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 12:48:00 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Ikan bisa haus ndak?  (Dibaca 11822 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #15 pada: Maret 05, 2011, 04:15:19 PM »
ikan bisa kekurangan air dalam selnya, tapi ga tau apakah otak ikan bisa menerjemahkannya sebagai haus apa nggak :)

Setuju dengan jawaban ini. Harus dibedain antara perasaan haus dan butuh air dalam arti sesungguhnya. Mungkin mirip seperti orang yang merasa lapar atau pengen makan terus padahal dia gak butuh asupan sebanyak itu. Atau orang miskin pengen kaya, orang kaya pengen lebih kaya. Keinginan dan kebutuhan jelas berbeda. Hehe... jadi ngelantur. Menurut gw sih kalo pertanyaan apakah ikan butuh air, jawaban iya. Kalo pertanyaan apa mereka bisa merasa haus, wah gak tau.

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 379
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
Re:Ikan bisa haus ndak?
« Jawab #16 pada: Februari 11, 2012, 10:33:48 AM »
Saya baru baca artikel soal osmoregulasi pada ikan, jd mau coba sharing nih.
Osmoregulasi pada ikan air tawar berbeda dengan osmoregulasi pada ikan yg hidup di laut. Pada ikan laut, kondisi tubuh mereka hiposmotik dibandingkan air laut, maka mereka menelan air laut dalam jumlah yg banyak untuk mengimbangi air yg hilang akibat osmosis, lalu mengeluarkan ion garam lewat insang dan urine. Sedangkan kondisi tubuh pada ikan air tawar hiperosmotik dibandingkan air disekitarnya, jadi mereka mengeluarkan urine yg lebih banyak dibanding ikan laut.

Kesimpulannya, ikan laut bisa haus, sedangkan ikan air tawar malah sebaliknya.

Sekarang yg membuat saya penasaran, jika saya membumbui ikan dengan cara merendamnya di air garam, apakah si ikan rasanya asin ketika dimasak?
There is impossible to escape the reality, except weaving together all of your imagination to make an alternate reality, and expand your own horizon. But people may call you a madman.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
16418 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2009, 09:14:43 AM
oleh Nabih
7 Jawaban
6151 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2011, 01:07:31 AM
oleh obbiq
3 Jawaban
3511 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2011, 12:58:03 AM
oleh syx
2 Jawaban
4743 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2012, 01:44:37 PM
oleh mhyworld
0 Jawaban
2687 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2012, 03:29:02 PM
oleh randall