Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: nandaz pada September 15, 2010, 01:46:21 AM

Judul: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: nandaz pada September 15, 2010, 01:46:21 AM
..kenapa ayam jantan mesti berkokok pagi hari? dan kenapa ayam betina tidak? apa ayam dapat mengerti waktu?
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada September 15, 2010, 06:48:58 AM
naluri binatang aja... mungkin pas itu penglihatannya udah mulai jelas. kokokan itu apa bukan juga berarti deklarasi wilayah kekuasaannya?
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: nandaz pada September 16, 2010, 01:41:28 AM
..apa saat ayam jantan berkokok saat itu ayam betina mengeluarkan telur? seperti dalam film2 kartun?
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada September 19, 2010, 01:41:42 AM
ga lah... ayam betina berkotek setelah bertelur. mungkin merasa lega setelah mengalami mens yang menyakitkan. waktu bertelur tidak tergantung ayam jantan. tanpa pejantan pun mereka tetap ngotot bertelur kan?
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: nandaz pada September 19, 2010, 10:38:24 AM
lho kok bisa ya? meski demikian pasti telur itu tidak dapat menetas menjadi anak ayam, karena spermanya ngga ada ya ::)
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada September 21, 2010, 06:59:09 AM
mirip mens pada manusia, tapi tanpa darah... cuma telurnya aja yang keluar. apesnya bagi mereka ovulasi terjadi saban hari. cuma mandeg sebentar pas masa pengeraman, kesempatan untuk mengerami telur sambil menunggu kematangan telu-telur berikutnya.
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: bocah tua pada September 24, 2010, 05:45:52 PM
kenapa ayam berkokok di pagi hari?
belum ada jawaban ilmiah yang didasari penelitian terhadap hal itu, kalopun ada yang menjawab baru sebatas perkiraan atau tebakan ::)
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: nandaz pada September 25, 2010, 04:42:53 AM
..mungkin ada kaitannya dengan chercaria rythm(gini ngga tulisannya  :P ,apa itu tuh pernah ada topik yang berhubungan dengan waktu atau jam biologis)
Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: utusan langit pada September 25, 2010, 05:34:33 AM
kalau ayam petelur memang bertelur tiap hari (beneran tiap hari ya? hahahaha pokoknya secara periodik lah) tanpa pejantan. nah kalau ayam kampung itu kok saya beberapa kali punya betinanya nggak nelur(maksudnya telur yang tidak dibuahi) ya ?

Judul: Re: kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada September 26, 2010, 02:58:26 AM
dibuahi ato tidak telur akan tetep keluar. telur yang dibuahi bisa diliat dari adanya bintik kuning cerah pada bagian kuning telur yang merupakan calon embrio.
kalo ada yang ga bertelur saban hari mungkin jadwalnya rada beda. ada ayam petelur yang emang khusus bertelur saban hari.
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: mangkokooo pada Januari 05, 2012, 12:49:52 AM
engga juga kok di depan rumah saya ayam berkokok kapan aja semaunya
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada Januari 05, 2012, 12:58:58 AM
bener... ga musti pagi hari. tapi juga di waktu-waktu lainnya, kecuali pas tidur aja. coba kalo berani berkokok pas malam buta, besoknya pasti sudah tersaji di piring.
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: skuler pada Januari 05, 2012, 03:02:19 PM
kalo bgitu, pertanyaan kita direvisi: kenapa ayam cenderung berkokok di pagi hari?
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada Januari 06, 2012, 08:03:20 AM
yang bener, ayam jantan berkokok semasa tidak tidur. ayam kan binatang yang aktif di siang hari dan tidur di malam hari. pada hari mulai pagi, dia bangun dan mulai meneriakkan tanda wilayah kekuasaannya.
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 06, 2012, 09:15:36 AM
yang bener, ayam jantan berkokok semasa tidak tidur. ayam kan binatang yang aktif di siang hari dan tidur di malam hari. pada hari mulai pagi, dia bangun dan mulai meneriakkan tanda wilayah kekuasaannya.
:D haha. benar juga. Sulit membayangkan ayam berkokok selagi tidur.
atau malah ada yang pernah menjumpai fenomena aneh semacam ini? :o
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada Januari 06, 2012, 11:08:17 AM
... kalo sampe berkokok tengah malam itu namanya ayam lagi ngigau.
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: all@one pada Januari 10, 2012, 02:10:10 AM
Bagaimana hubungannya dengan jam biologis? atau apa ada hubungannya dengan suhu, atau dengan cahaya yang tidak dapat kita lihat (misal ultraviolet), sehingga kebanyakan ayam jantan berkokok waktu dini hari? atau multipel efek saja yang satu berkokok disambut oleh yang lain? entahlah yang jelas unik, banyak yang asik tidur tapi ayam dah bangun. bangun...bangun...bangun....he...hee...
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: didi dom din cer pada Januari 10, 2012, 02:11:02 PM
kalo menurut artikel yang saya baca ,insting hewan dan penglihatan ayam  berbeda degan penglihatan manusia . mereka mungkin merasakan ada energi sangat kuat sebelum fajar tiba .tapi katanya dlm artikel itu malaikat yang mereka lihat . dan pada malam hari mungkin ada yang berkokok , entah itu pertanda apa {malaikat turun mungkin mencabut nyawa seseorang (itu menurut pendapat saya) atau .....)  --- berbeda dengan insting dan penglihatan anjing . anjing menggong-gong pada malam hari karena ada yang mereka liat ,entah itu pencuri atau jin (dansebangsa lain nya). terkadang anjing menggong- gong pada malam hari tapi entah apa yang mereka liat padahal kita coba yang dia (anjing) lihat ,tidak ada siapa siapa....
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 11, 2012, 11:01:29 AM
kalo menurut artikel yang saya baca ,insting hewan dan penglihatan ayam  berbeda degan penglihatan manusia . mereka mungkin merasakan ada energi sangat kuat sebelum fajar tiba .tapi katanya dlm artikel itu malaikat yang mereka lihat . dan pada malam hari mungkin ada yang berkokok , entah itu pertanda apa {malaikat turun mungkin mencabut nyawa seseorang (itu menurut pendapat saya) atau .....)  --- berbeda dengan insting dan penglihatan anjing . anjing menggong-gong pada malam hari karena ada yang mereka liat ,entah itu pencuri atau jin (dansebangsa lain nya). terkadang anjing menggong- gong pada malam hari tapi entah apa yang mereka liat padahal kita coba yang dia (anjing) lihat ,tidak ada siapa siapa....
malaikatnya turun dari mana mau ke mana?
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: syx pada Januari 11, 2012, 10:09:38 PM
jadi pseudoscience... tidak bisa dipungkiri binatang ada yang memiliki indera khusus untuk mendeteksi hal yang tidak bisa dideteksi manusia atau kepekaan indera yang lebih tinggi dari manusia. misalnya aja, kepekaan akan adanya bencana seperti gempa dan gunung meletus. masyarakat di sekitar gunung berani bisa melihat banyak binatang turun gunung dan merupakan pertanda bahwa gunung tersebut akan meletus.
kembali ke masalah kokok ayam. saya tidak berharap dikaitkan dengan masalah klenik di sini. jika ingin bahas masalah tersebut bisa ke subforum pseudoscience.
penglihatan ayam memang berbeda dengan manusia. mereka rabun di saat malam dan penglihatannya kembali membaik menjelang subuh.
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: didi dom din cer pada Januari 12, 2012, 12:27:21 PM
maaf klo begitu profesor syx _____ ayok profesor mhyworld kita bahas ke subforum pseudoscience.
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: able pada Januari 20, 2012, 03:26:47 AM
apa mungkin ini ada kaitanya dengan tingkah laku hewan...?!
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: pakkrio pada April 14, 2012, 07:03:35 AM
..mungkin ada kaitannya dengan chercaria rythm(gini ngga tulisannya  :P ,apa itu tuh pernah ada topik yang berhubungan dengan waktu atau jam biologis)

kalo jam biologis kayanya bukan deh... soalnya si ayam ini ga teratur kan berkokoknya...
walapun pada umumnya ayam berkokok saat matahari mulai terbit, kadang saat tengah malam si dia masih berkokok...
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: raganoevo pada Mei 08, 2012, 12:02:22 AM
setau saya sih pastinya untuk berkomunikasi dengan ayam yang lainnya  ;D
Judul: Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
Ditulis oleh: MuhammadRyan pada Januari 23, 2014, 12:11:19 PM
Kayaknya gak cuman pagi hari ato bangun tidur deh. Itu emang kayak 'Suara Khas' si jantan, saya yakin mesti ada yang pernah ngelewatin ayam jantan yang berkokok lantang saat kita jalan didepannya. Kayak dia menunjukan sesuatu, dan dia sangat senang melakukannya setelah tidur (memulai aktifitas, wkwkwk)