Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 28, 2022, 07:10:28 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 33
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kenapa ayam berkokok pagi hari?

Dimulai oleh nandaz, September 14, 2010, 10:46:21 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

syx

... kalo sampe berkokok tengah malam itu namanya ayam lagi ngigau.

all@one

Bagaimana hubungannya dengan jam biologis? atau apa ada hubungannya dengan suhu, atau dengan cahaya yang tidak dapat kita lihat (misal ultraviolet), sehingga kebanyakan ayam jantan berkokok waktu dini hari? atau multipel efek saja yang satu berkokok disambut oleh yang lain? entahlah yang jelas unik, banyak yang asik tidur tapi ayam dah bangun. bangun...bangun...bangun....he...hee...

didi dom din cer

kalo menurut artikel yang saya baca ,insting hewan dan penglihatan ayam  berbeda degan penglihatan manusia . mereka mungkin merasakan ada energi sangat kuat sebelum fajar tiba .tapi katanya dlm artikel itu malaikat yang mereka lihat . dan pada malam hari mungkin ada yang berkokok , entah itu pertanda apa {malaikat turun mungkin mencabut nyawa seseorang (itu menurut pendapat saya) atau .....)  --- berbeda dengan insting dan penglihatan anjing . anjing menggong-gong pada malam hari karena ada yang mereka liat ,entah itu pencuri atau jin (dansebangsa lain nya). terkadang anjing menggong- gong pada malam hari tapi entah apa yang mereka liat padahal kita coba yang dia (anjing) lihat ,tidak ada siapa siapa....

mhyworld

Kutip dari: didi dom din cer pada Januari 09, 2012, 11:11:02 PM
kalo menurut artikel yang saya baca ,insting hewan dan penglihatan ayam  berbeda degan penglihatan manusia . mereka mungkin merasakan ada energi sangat kuat sebelum fajar tiba .tapi katanya dlm artikel itu malaikat yang mereka lihat . dan pada malam hari mungkin ada yang berkokok , entah itu pertanda apa {malaikat turun mungkin mencabut nyawa seseorang (itu menurut pendapat saya) atau .....)  --- berbeda dengan insting dan penglihatan anjing . anjing menggong-gong pada malam hari karena ada yang mereka liat ,entah itu pencuri atau jin (dansebangsa lain nya). terkadang anjing menggong- gong pada malam hari tapi entah apa yang mereka liat padahal kita coba yang dia (anjing) lihat ,tidak ada siapa siapa....
malaikatnya turun dari mana mau ke mana?
once we have eternity, everything else can wait

syx

jadi pseudoscience... tidak bisa dipungkiri binatang ada yang memiliki indera khusus untuk mendeteksi hal yang tidak bisa dideteksi manusia atau kepekaan indera yang lebih tinggi dari manusia. misalnya aja, kepekaan akan adanya bencana seperti gempa dan gunung meletus. masyarakat di sekitar gunung berani bisa melihat banyak binatang turun gunung dan merupakan pertanda bahwa gunung tersebut akan meletus.
kembali ke masalah kokok ayam. saya tidak berharap dikaitkan dengan masalah klenik di sini. jika ingin bahas masalah tersebut bisa ke subforum pseudoscience.
penglihatan ayam memang berbeda dengan manusia. mereka rabun di saat malam dan penglihatannya kembali membaik menjelang subuh.

didi dom din cer

maaf klo begitu profesor syx _____ ayok profesor mhyworld kita bahas ke subforum pseudoscience.

able

apa mungkin ini ada kaitanya dengan tingkah laku hewan...?!

pakkrio

Kutip dari: nandaz pada September 24, 2010, 01:42:53 PM
..mungkin ada kaitannya dengan chercaria rythm(gini ngga tulisannya  :P ,apa itu tuh pernah ada topik yang berhubungan dengan waktu atau jam biologis)

kalo jam biologis kayanya bukan deh... soalnya si ayam ini ga teratur kan berkokoknya...
walapun pada umumnya ayam berkokok saat matahari mulai terbit, kadang saat tengah malam si dia masih berkokok...

raganoevo

setau saya sih pastinya untuk berkomunikasi dengan ayam yang lainnya  ;D

MuhammadRyan

Kayaknya gak cuman pagi hari ato bangun tidur deh. Itu emang kayak 'Suara Khas' si jantan, saya yakin mesti ada yang pernah ngelewatin ayam jantan yang berkokok lantang saat kita jalan didepannya. Kayak dia menunjukan sesuatu, dan dia sangat senang melakukannya setelah tidur (memulai aktifitas, wkwkwk)
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"