Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 26, 2021, 08:27:31 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 63
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 56
Total: 56

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu  (Dibaca 12229 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« pada: Mei 21, 2009, 12:32:47 PM »
Gajah katanya punya daya ingat yang kuat, sampe ada iklan tuh ada yg jahatin gajah waktu masih kecil. Trus pas gede ketemu lagi, eh si gajah masih inget orang itu trus ditendang hehe..

Nah, barusan baca artikel http://www.livescience.com/animals/090327-crabs-feel-pain.html
katanya kepiting dan lobster bisa merasakan sakit dan mereka ingat pernah. Padahal kepiting sering dimasak hidup-hidup, karena katanya subfilum Crustacea mereka tidak merasakan rasa sakit.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan hewan-hewan lain merasakan sakit, ikan misalnya. Jadi kepikir, gimana kalo ternyata hewan-hewan percobaan selama ini merasakan sakit ya?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #1 pada: Mei 21, 2009, 12:36:52 PM »
kalo lobster rasanya bsia sakit deh, kan mereka punya saraf? tapi ga tau lagi, sarafnya itu dalam bentuk apa dan apa bisa emrasakan sakit seperti yang kita rasakan ini. Kalo bicara binatang inget orang yang pernah jahatin dia, mungkin sekali... anjing atau kucing misalnya.. burung beo juga tahu kok yang punya... temen saya punya burung beo yang kalau bukan dia yang manggil ga mau nyaut.
"The pen is mightier than the sword"

Offline nurR

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #2 pada: Mei 22, 2009, 12:35:37 AM »
hemmmmm...

berarti mereka paham dong tentang manusia?
bentar......
orang goblok lagi belajar.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #3 pada: Mei 22, 2009, 01:52:53 AM »
...kalo ikan cuma punya ingatan 3 detik.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #4 pada: Mei 22, 2009, 10:22:04 PM »
^ itu kan dori...
emang ada yang pernah ukur kapasitas otak binatang dan manusia?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #5 pada: Mei 23, 2009, 12:19:16 AM »
...kalo ikan cuma punya ingatan 3 detik.....
saya pribadi ga percaya ikan cuma punya ingatan 3 detik... buktinya mereka bisa stress.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #6 pada: Mei 23, 2009, 04:32:54 AM »
gimana dengan ikan salmon yang bisa balik ke tempat lahirnya? itu berdasarkan ingatan ato karena faktor lain?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #7 pada: Mei 24, 2009, 08:12:00 AM »
@syx= nah, itu lagi bukti ikan ingatannya jauh lebih kompleks dari yang dikatakan nandaz... hmm, masalah salmon sepertinya pake sistem navigasi, dan itu udah pernah saya tuliskan di thread yang membahas penyu. di forsa juga kok...apa judulnya ya?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #8 pada: Mei 24, 2009, 10:04:33 AM »
...kalo ikan cuma punya ingatan 3 detik.....
...sebetulnya ini kudapat dari baca topiknya biobio dalam 250-fakta-unik-dan-menarik....jadi ngga bener ya?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #9 pada: Mei 24, 2009, 10:29:35 AM »
...sebetulnya ini kudapat dari baca topiknya biobio dalam 250-fakta-unik-dan-menarik....jadi ngga bener ya?
wah, ga bener tuh... dasar orangnya yang buat asal comot... sebenarnya aku sendiri belum baca semua fakta itu.. ;D ;D

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #10 pada: Mei 24, 2009, 11:57:53 AM »
waw, bener ya..

gajah selalu ingat..  sesuai dengan novel Agatha Christie.. :) waw.. jadi balas dendam dong.. >:D  :D
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #11 pada: Juni 19, 2009, 12:26:37 PM »
belum tentu gak bener lagi, terkadang ingatan itu tersimpan dalam gen bukan otak kaya burung yg migrasi walau gak pernah pergi ketempat tujuan migrasi, ktanya ingatanya diwarisin oleh ibu ma bapaknya dalam bentuk gen qta sih nyebutnya insting

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #12 pada: Juni 20, 2009, 03:32:28 AM »
belum tentu gak bener lagi, terkadang ingatan itu tersimpan dalam gen bukan otak kaya burung yg migrasi walau gak pernah pergi ketempat tujuan migrasi, ktanya ingatanya diwarisin oleh ibu ma bapaknya dalam bentuk gen qta sih nyebutnya insting
benar sekali... ini namanya insting, sama dengan kasus laba-laba yang sarangnya selalu sama tiap spesiesnya.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu
« Jawab #13 pada: Juni 20, 2009, 09:44:54 AM »
wah, ga bener tuh... dasar orangnya yang buat asal comot... sebenarnya aku sendiri belum baca semua fakta itu.. ;D ;D
kalo bilin thread, sumbernya disebutin donk!, jadi ngga "senjata makan tuan"
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
83 Jawaban
54627 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2011, 12:26:04 AM
oleh syx
18 Jawaban
9307 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 12, 2010, 08:39:31 AM
oleh Huriah M Putra
0 Jawaban
3152 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 09, 2010, 07:30:51 AM
oleh Sian
0 Jawaban
2528 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2011, 09:18:32 AM
oleh Judhianto
0 Jawaban
1373 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2016, 01:08:57 AM
oleh Makes