Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 26, 2022, 11:18:42 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 38
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 13
Total: 13

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kepiting dan lobster merasakan sakit dan mereka ingat itu

Dimulai oleh reborn, Mei 20, 2009, 09:32:47 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Gajah katanya punya daya ingat yang kuat, sampe ada iklan tuh ada yg jahatin gajah waktu masih kecil. Trus pas gede ketemu lagi, eh si gajah masih inget orang itu trus ditendang hehe..

Nah, barusan baca artikel [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
katanya kepiting dan lobster bisa merasakan sakit dan mereka ingat pernah. Padahal kepiting sering dimasak hidup-hidup, karena katanya subfilum Crustacea mereka tidak merasakan rasa sakit.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan hewan-hewan lain merasakan sakit, ikan misalnya. Jadi kepikir, gimana kalo ternyata hewan-hewan percobaan selama ini merasakan sakit ya?

biobio

kalo lobster rasanya bsia sakit deh, kan mereka punya saraf? tapi ga tau lagi, sarafnya itu dalam bentuk apa dan apa bisa emrasakan sakit seperti yang kita rasakan ini. Kalo bicara binatang inget orang yang pernah jahatin dia, mungkin sekali... anjing atau kucing misalnya.. burung beo juga tahu kok yang punya... temen saya punya burung beo yang kalau bukan dia yang manggil ga mau nyaut.
"The pen is mightier than the sword"

nurR

hemmmmm...

berarti mereka paham dong tentang manusia?
bentar......
orang goblok lagi belajar.

nandaz

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

syx

^ itu kan dori...
emang ada yang pernah ukur kapasitas otak binatang dan manusia?

biobio

Kutip dari: nandaz pada Mei 21, 2009, 10:52:53 AM
...kalo ikan cuma punya ingatan 3 detik.....
saya pribadi ga percaya ikan cuma punya ingatan 3 detik... buktinya mereka bisa stress.
"The pen is mightier than the sword"

syx

gimana dengan ikan salmon yang bisa balik ke tempat lahirnya? itu berdasarkan ingatan ato karena faktor lain?

biobio

@syx= nah, itu lagi bukti ikan ingatannya jauh lebih kompleks dari yang dikatakan nandaz... hmm, masalah salmon sepertinya pake sistem navigasi, dan itu udah pernah saya tuliskan di thread yang membahas penyu. di forsa juga kok...apa judulnya ya?
"The pen is mightier than the sword"

nandaz

Kutip dari: nandaz pada Mei 21, 2009, 10:52:53 AM
...kalo ikan cuma punya ingatan 3 detik.....
...sebetulnya ini kudapat dari baca topiknya biobio dalam 250-fakta-unik-dan-menarik....jadi ngga bener ya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

biobio

Kutip dari: nandaz pada Mei 23, 2009, 07:04:33 PM
...sebetulnya ini kudapat dari baca topiknya biobio dalam 250-fakta-unik-dan-menarik....jadi ngga bener ya?
wah, ga bener tuh... dasar orangnya yang buat asal comot... sebenarnya aku sendiri belum baca semua fakta itu.. ;D ;D
"The pen is mightier than the sword"

ryoma

waw, bener ya..

gajah selalu ingat..  sesuai dengan novel Agatha Christie.. :) waw.. jadi balas dendam dong.. >:D  :D
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

cignus

belum tentu gak bener lagi, terkadang ingatan itu tersimpan dalam gen bukan otak kaya burung yg migrasi walau gak pernah pergi ketempat tujuan migrasi, ktanya ingatanya diwarisin oleh ibu ma bapaknya dalam bentuk gen qta sih nyebutnya insting

biobio

Kutip dari: cignus pada Juni 18, 2009, 09:26:37 PM
belum tentu gak bener lagi, terkadang ingatan itu tersimpan dalam gen bukan otak kaya burung yg migrasi walau gak pernah pergi ketempat tujuan migrasi, ktanya ingatanya diwarisin oleh ibu ma bapaknya dalam bentuk gen qta sih nyebutnya insting
benar sekali... ini namanya insting, sama dengan kasus laba-laba yang sarangnya selalu sama tiap spesiesnya.
"The pen is mightier than the sword"

Nabih

Kutip dari: biobio pada Mei 23, 2009, 07:29:35 PM
wah, ga bener tuh... dasar orangnya yang buat asal comot... sebenarnya aku sendiri belum baca semua fakta itu.. ;D ;D
kalo bilin thread, sumbernya disebutin donk!, jadi ngga "senjata makan tuan"