Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: nandaz pada Desember 18, 2008, 02:14:17 PM

Judul: Kidal
Ditulis oleh: nandaz pada Desember 18, 2008, 02:14:17 PM
......lalu bagaimana dengan orang yang terbiasa dengan tangan kidal ato kidal(kebanyakan orang Cina Gitu...)...?apa dalam sisi itu mereka pintar dalam LOGIC QUETION.....?
Judul: Kidal
Ditulis oleh: biobio pada Desember 18, 2008, 02:34:54 PM
Kutip dari: nandaz pada Desember 18, 2008, 02:14:17 PM
......lalu bagaimana dengan orang yang terbiasa dengan tangan kidal ato kidal(kebanyakan orang Cina Gitu...)...?apa dalam sisi itu mereka pintar dalam LOGIC QUETION.....?
wkt msh SMP dulu aku tertarik dgn masalah ini,yakni hubungan kidal dan kemampuan akademik.sy sempat membandingkan nilai rata2 raport 150an org kidal dr SD sampai SMP dgn org biasa...dan hampir tdk ada perbedaannya dr segi nilai akademik...
Judul: Kidal
Ditulis oleh: biobio pada Desember 18, 2008, 02:37:46 PM
dan sy rasa tdk ada hub.nya antara etnis cina dgn kidal tuh?
Judul: Kidal
Ditulis oleh: biobio pada Desember 18, 2008, 07:51:57 PM
bung nandaz, penyu nya tuh diliat,sp tau mau ngoreksi..
Judul: Kidal
Ditulis oleh: Pi-One pada Desember 20, 2008, 02:24:50 PM
Soal kidal, aku adalah setengah kidal. Pada dasarnya, aku terbiasa menggunakan tangan kanan. tapi aku menggunakan tangan kiri sebagai tumpuan (misal kalo narik ketapel, aku memegang dengan tangan kiri dan menarik karetnya dengan tangan kanan).

Judul: Kidal
Ditulis oleh: biobio pada Desember 20, 2008, 03:39:37 PM
wah,sama donk? Aku nulis pake tangan kanan,tp kalo nembak,yg narik triggernya tangan kiri..juga kalo maen sepak bola,kaki kirinya lbh bgs...ehm,kidal itu trbatas pd tangan aja atau jg kaki? Ato bahkan pada mata kiri (buat main mata,mungkin?). Bisa dibahas nie sbg topik baru.
Judul: Kidal
Ditulis oleh: utusan langit pada Desember 22, 2008, 08:27:55 PM
menurutku, kidal merupakan kebiasaan!!
Judul: Kidal
Ditulis oleh: biobio pada Desember 22, 2008, 08:48:22 PM
wah,bnr jg tuh si UL..tp menurutku ttp ad faktor genetik,mskipun dikit...tp ada lho,yg hebat,bs pake 2 tangan buat nulis bersamaan!
Judul: Kidal
Ditulis oleh: ryoma pada Januari 26, 2009, 09:39:42 AM
Kutip dari: biobio pada Desember 22, 2008, 08:48:22 PM
tp ada lho,yg hebat,bs pake 2 tangan buat nulis bersamaan!

Ugh?! Masa?

ada temen saya yang pertamanya pake tangan kiri (kidal), tambah ke sini jadi pake tangan kanan. Kira-kira kenapa?  :(
Judul: Kidal
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 13, 2009, 08:11:49 PM
Kutip dari: biobio pada Desember 18, 2008, 02:34:54 PM
wkt msh SMP dulu aku tertarik dgn masalah ini,yakni hubungan kidal dan kemampuan akademik.sy sempat membandingkan nilai rata2 raport 150an org kidal dr SD sampai SMP dgn org biasa...dan hampir tdk ada perbedaannya dr segi nilai akademik...

iya, sangat setuju. Saya sendiri yang kidal gak termasuk golongan teratas (sedih)  :'( . (tapi makan tetep pake tangan kanan  ;D )
Judul: Kidal
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 14, 2009, 01:10:31 PM
Aku cuma semi kidal. Aku beraktivitas dengan tangan kanan, tapi aku menjadikan tangan kiri sebagai tumpuan (misal narik ketapel, aku pegang dengan tangan kiri. Mutar hulahop juga ke kiri (berlawanan arah jarum jam)

Apa karena itu aku suka fisika, tapi benci matematika?
Judul: Kidal
Ditulis oleh: Idad pada Februari 14, 2009, 09:27:13 PM
Kutip dari: Kiddo pada Desember 15, 2008, 10:55:07 PM
Yap == Kiri = logic
           Kanan = creativity



kiri kanannya liat dri mannaa
dri blakang pa dri depan...
hayo.. hayo...
hue hue hue.
Judul: Kidal
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 14, 2009, 10:09:15 PM
Kutip dari: Idad pada Februari 14, 2009, 09:27:13 PM
kiri kanannya liat dri mannaa
dri blakang pa dri depan...
hayo.. hayo...
hue hue hue.


kayanya dari belakang..
Judul: Kidal
Ditulis oleh: biobio pada Februari 16, 2009, 03:04:53 PM
saya sama dengan pi-one. Nulis, makan pake tangan kanan, namun main sepak bola, shooting basket, maen pingpong, semuanya pake kiri...
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: syx pada November 16, 2009, 04:09:40 PM
mungkin bener juga mengenai kebiasaan... saya tidak menerapkan anak saya harus memegang sesuatu dengan tangan tertentu, kecuali untuk alasan kesopanan. dia kadang menggunakan tangan kiri dan kanan dalam menggambar.
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 16, 2009, 05:44:50 PM
Kutip dari: Pi-One pada Februari 14, 2009, 01:10:31 PM
Aku cuma semi kidal. Aku beraktivitas dengan tangan kanan, tapi aku menjadikan tangan kiri sebagai tumpuan (misal narik ketapel, aku pegang dengan tangan kiri. Mutar hulahop juga ke kiri (berlawanan arah jarum jam)

Apa karena itu aku suka fisika, tapi benci matematika?

wah,,wah,,,
koq bisa sama ya..
saya mah jg kadang2 pake kiri,, rasanya capek pake tangan kanan..
lebih sering kalo megang mouse pake tangan kiri.. menulis tulisan yang lumayan besar bisalah pake tangan kiri..
kanannya uda males sich..
^^"

saya jg suka nya kimia dan dikit fisika tapi matematika saya kurang ngeeh...
ntah kenapa... T.T

ada pengaruh tangan kah...?
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: syx pada November 17, 2009, 06:55:12 AM
^ sepertinya lebih karena pengaruh otak...
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: monokorobo pada November 17, 2009, 08:41:56 AM
Yups bisa jd karena faktor keturunan, dan jg salah satu bentuk kelainan genetis. Namun ada juga yang mengatakan kidal adalah fenomena normal karena terkait dengan keseimbangan bagi otak dalam bekerja. karena Otak kiri berperan dalam mengasah logika, berpikir secara berurutan, rasional, analitis, obyektif dan parsial. Sementara otak kanan berperan membentuk intuisi, berpikir acak, holistik, sintesis, subyektif dan menyeluruh.

maf klo slh,yg sy ingt cuma itu ;)
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: Pi-One pada November 17, 2009, 09:40:13 AM
Meski non kidal, tapi dalam beberapa hal aku cenderung kidal. Aku bisa main tenis meja dengna tangan kanan dan kiri. Saat menjepret dengan karet atau menggunakan ketapel, aku menjadikan tangan kiri sebgai tumpuan, tangan kanan yang menarik. Saat bermain hulahop, aku memutar hulahop ke kiri (berlawanan arah jarum jam).
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: phice pada November 18, 2009, 05:59:04 PM
Kenapa sih kidal biasanya dianggap nggak baik??
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: syx pada November 18, 2009, 06:11:37 PM
masa sih ga baik? perasaan yang sering kali disebut ga baik dari segi etika bukan kidalnya, tetapi pemakaian tangan untuk urusan tertentu, misalnya memberi barang ke orang dengan tangan kiri dalam budaya kita dianggap tidak sopan.
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: phice pada November 18, 2009, 06:13:51 PM
Oh....
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: syx pada November 18, 2009, 06:19:45 PM
bagaimana dengan binatang? apakah ada fenomena kidal gini?
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: phice pada November 18, 2009, 06:21:31 PM
katanya beruang kutub semuanya kidal....
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada November 18, 2009, 06:51:25 PM
Karena di dunia ini hal-hal yang sifatnya relatif seperti kidal/ngga akan diputuskan oleh mayoritas, dan itulah "kebenaran"!
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: nandaz pada November 18, 2009, 07:53:48 PM
...satu lagi nih, aku ngga nyangka pertanyaan ini dijadikan thread  oleh M.syx....sewaktu SD kan ada suntikan kayak imunisasi (kalo ngga salah untuk polio dan yang lain ntah apa... ???)...pernah dokter nanya gini, "kalo nulis pake tangan apa?", kujawab "kanan", lalu dokter nyuntik lengan sebelah kiri...apa sih hubungannya?
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada November 18, 2009, 08:36:08 PM
Tangan yang disuntik, kalau suntikannya gak tepat akan linu-linu kalau digerakin atau dibuat nulis.
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: monokorobo pada November 19, 2009, 08:53:29 AM
q stuju dgn mr.syx, yg ga boleh tu mslh etika, jika kita qt memberikan sesuatu atau menerima.alangkah baiknya dgn tangn kanan, dan klo mkn jg harus pake tangn kanan. selain tu jg berjabat tangan menggunakan sebelah kanan. tp np ya di jepang menggunakn sebelah kiri?mngkin dah adatnya x :), repot jg ya klo berjabt tangan yang satu memakai sebelah kiri n yg satu memakai sebelah kanan. :)
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: syx pada November 19, 2009, 09:10:33 AM
Kutip dari: biobio pada November 18, 2009, 06:51:25 PM
Karena di dunia ini hal-hal yang sifatnya relatif seperti kidal/ngga akan diputuskan oleh mayoritas, dan itulah "kebenaran"!
dengan kata lain pertanyaannya jadi gini:
istilah kidal itu sama dengan suatu posisi tertentu (dalam hal ini kiri) atau lain dari kebiasaan yang ada?
definisi pertama bisa dianalogikan dengan bentuk levo- dan dextro- pada stereoisomer. kalo diterapkan dalam kasus beruang kutub dengan definisi pertama maka bisa disebutkan populasi umum beruang kutub adalah kidal, tapi dengan definisi yang kedua beruang kutub yang menulis dengan tangan kanan yang justru disebut kidal.
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: nandaz pada November 19, 2009, 01:19:24 PM
Kutip dari: syx pada November 19, 2009, 09:10:33 AM
tapi dengan definisi yang kedua beruang kutub yang menulis dengan tangan kanan yang justru disebut kidal.
..lho, bukannya kidal sendiri berarti kiri selama yang menentukannya manusia?...
Judul: Re: Kidal
Ditulis oleh: syx pada November 19, 2009, 04:21:13 PM
berarti definisi yang pertama ya... ok deh kalo gitu.