Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: advisor pada Januari 17, 2007, 12:10:25 PM

Judul: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: advisor pada Januari 17, 2007, 12:10:25 PM
Normalnya kan dua yah, kiri satu kanan satu... :-[
nah kok bisa ada yang tiga? Malah pernah baca di majalah ada yang lima   :o dan  statistiknya satu dari 50 wanita dan satu dari 100 laki-laki memiliki tiga puting.
Ada yang tau ga kenapaa bisa begitu  ???
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: medaka-kun pada Februari 01, 2007, 12:31:25 PM
Itu yang disebut sebagai "homeotic mutation".
urusannya kira2 berhubungan dengan aktivasi dan kerja dari "Master Gene" (pinjem istilah yang dipake Walter Gehring) saat pembuatan pentil toket.

Sebenernya sih gampang aja: Master gene di suatu bagian tubuh yang seharusnya bekerja untuk menswitch-on cascade dari signalling pathway di suatu tempat ternyata ngadat dan ngga jalan, ato sebaliknya master gene di bagian tubuh tersebut yang harusnya mati dan tidak nyala malah nyala dan mengaktifkan signalling pathway pembentukan suatu organ. Akibatnya ya manusia berpentil banyak. Tapi, tentunya harus di bagian organ yang memang "homologous".  Ga bisa misalnya di bagian pentil tumbuh antena (ngga nyambung la yau) or di bagian pentil tumbuh mata (bukan bagian homologous).

Contoh ini banyak diteliti di kelompok gen "Hox" / homeobox. Di lalat yang hox nomersekiannya ngadat, di antena jadi tumbuh kaki (signalling pathway pembuat kaki di bagian dada lalat nyala di kepalanya), ato di yang kudunya punya 2 sayap dan 2 haltere (organ penyeimbang) jadi punya 4 sayap dan tanpa haltere (jadi gen pembentuk saya nyala, dan organ yang harusnya rudimenter - yaitu haltere - berkembang jadi sayap).

Pentil toket juga mustinya gitu sih. Segment bagian dada yang harusnya tidak menjadi toket, malah bertoket.
Gw penasaran sama orang kaya gitu : proporsi badannya kaya gimana yah? Terus jumlah tulang rusuknya berapa?
Krn yang berkaitan adalah Master Gene yang mengkomando morfogenesis di ruas tubuh tersebut ... jadi brkl bukan hanya toket, tapi ada macem2 yang berubah juga ....


Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: syx pada Mei 01, 2007, 05:20:55 AM
5 puting? kalo charles darwin saat merumuskan teori evolusi denger masalah ini pasti dia berteori manusia hasil evolusi dari kucing...
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: Lyza pada Juni 15, 2007, 07:22:40 AM
aih2,, dunia ini memang penuh dengan berita2 dan fakta2 yang aneh,,
tapi aku kasian ma orang yang bisa puting banyak kae gitu!!
bukan salah dya kan kae gitu, tapi orang selalu nganggap orang aneh lah!!!

Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: f_ikyos pada Maret 30, 2008, 07:03:02 AM
???? saya sering baca majlah bokep gak perna liat tuh?? kasih gambarnya dong
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: dopamine pada April 11, 2008, 04:55:32 PM
5 puting? kalo charles darwin saat merumuskan teori evolusi denger masalah ini pasti dia berteori manusia hasil evolusi dari kucing...

Darwin tidak sebodoh itu..
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: bzbee pada Juli 07, 2008, 04:53:08 AM
yang pasti itu cacat
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: eky pada Juli 07, 2008, 04:59:42 AM
wehh ..
beneran??
pengen liat ..
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: reborn pada Juli 07, 2008, 12:54:59 PM
Pentil toket juga mustinya gitu sih. Segment bagian dada yang harusnya tidak menjadi toket, malah bertoket.
Gw penasaran sama orang kaya gitu : proporsi badannya kaya gimana yah? Terus jumlah tulang rusuknya berapa?
Krn yang berkaitan adalah Master Gene yang mengkomando morfogenesis di ruas tubuh tersebut ... jadi brkl bukan hanya toket, tapi ada macem2 yang berubah juga ....

Nyatanya kebanyakan penderita polymastia ini (nama lain : supernumerary nipple, third nipple, triple nipple, polythelia) katanya ga menderita penyakit atau sindrom lainnya. Walau ada yang ngehubungin sama  Hay-Wells syndrome, Ruvalcaba-Myhre syndrome, dan BD syndrome. Trus juga biasanya sulit dikenali, karena jauh lebih kecil dari puting normal dan bentuknya juga ga seperti yang normal.

Referensi :
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003110.htm

yang pasti itu cacat

hu uh, tapi penasaran juga sih, pengen liat langsung  ;D


wehh ..
beneran??
pengen liat ..

nemu gambarnya nih :

(http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/images/ency/fullsize/3116.jpg)

(http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/images/ency/fullsize/8659.jpg)

(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/85/20060726_supernumerary_nipples_torso_w_text.png)



youtubenya Lilly Allen :

http://www.youtube.com/watch?v=0JbieSOsMIk
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: eky pada Juli 07, 2008, 01:03:03 PM
wow ..
terimakasih atas gambarnya kang reborn ..
apalagi videonya .. haha
nipples saya ada berapa ya? (menuju tkp)
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: reborn pada Juli 07, 2008, 01:26:38 PM
wow ..
terimakasih atas gambarnya kang reborn ..
apalagi videonya .. haha
nipples saya ada berapa ya? (menuju tkp)

Sama2 teteh eky ;D
haha... lucu ya videonya. Oya, kalo udah selesai ceknya, nanti post picnya juga ya ;D
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: hii pada Juli 07, 2008, 01:46:57 PM
Emang ada sih.., saya pernah liat kayak yang di foto itu.., tp ada yang bilang itu kutil, bukan puting ketiga ato keempat ato keseratus... hehe..
Bedanya puting ma kutil itu apa?
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: eky pada Juli 07, 2008, 01:51:52 PM
Sama2 teteh eky ;D
haha... lucu ya videonya. Oya, kalo udah selesai ceknya, nanti post picnya juga ya ;D
waduh .... tak jadi ke tkp sayah kang .. hahha

Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: reborn pada Juli 07, 2008, 01:55:35 PM
Emang ada sih.., saya pernah liat kayak yang di foto itu.., tp ada yang bilang itu kutil, bukan puting ketiga ato keempat ato keseratus... hehe..
Bedanya puting ma kutil itu apa?

Kutil beda cerita lagi. Kutil ato veruka vulgaris ini termasuk tumor jinak pada kulit. Penyebabnya HPV (human papilloma virus) sementara polymastia penyebabnya mutasi gen. Untungnya kutil jarang banget berubah jadi ganas.
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: monokorobo pada Juni 24, 2009, 06:04:08 AM
 :o ikh ngeri bgt, ru tw, thx bgt kang reborn ats gmbr2nya :D
Judul: Re: Kok bisa ada puting ketiga yahh???
Ditulis oleh: milmi pada Juli 01, 2009, 07:46:04 AM
Ok, saya rasa sudah cukup terjawab neh topiknya. Saya kunci ya, untuk menghindari munculnya gambar-gambar yang lebih "syuur".