Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 06, 2023, 12:23:53 PM

Login with username, password and session length

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,634
  • Total Topik: 10,391
  • Online today: 45
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kisah kunang-kunang

Dimulai oleh milmi, Juli 15, 2008, 03:58:47 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Notonektid

mengenai cara membedakan spesies, beberapa kunang2 memiliki kodenya sendiri2 dalam berkomunikasi mencari pasangan
misalnya, ada kunang2 yg menyalakan cahayanya cukup lama sambil terbang lalu baru mematikannya sehingga cahayanya kelihatan seperti pita2 cahaya, sementara kunang2 lain menyalakan & mematikan cahayanya tiap detik sehingga lebih terlihat seperti kedipan...


Kutip dari: syx pada Juli 15, 2008, 04:31:16 PM
baru tau kalo kunang-kunang betina memakan pejantannya setelah kawin. selama ini yg gw tau memakan pejantannya adalah mantis (belalang sembah). laba-laba kadang juga gitu kalo pejantannya apes...

saya malah pernah denger, ada kunang2 betina yg meniru cahaya kunang2 jenis lain agar bisa menipu pejantan dari spesies tersebut supaya datang & kemudian memakannya
nama spesiesnya agak lupa, pokoknya depannya sama2 pake huruf P, tar saya coba cari lagi deh...   ;D

alf

klu lain spesies tntu masih ada bedanya..
lha klu satu spesies, gmn cara ngebedain itu betinanya to bukan???

raisuien

mungkin ada sejenis bau yg dapat membedakannya?
seperti doggy yg buang air kecil sebagai penandanya...

alf

jadi harus membau betina dulu y, klu ternyata baunya bd brarti bukan..

baunya itu bisa dicium dari jrk brp???

raisuien

klo bau yg dikeluarkan serangga (feromon) bisa dicium dalam jarak beberapa kilometer

alf

wah...hebat banget...
kok g kebau sama manusia ya....???? trus, pa g kecampur ba betina yg lain??
klu sampe cmpr k jd susah bedainnyaa..

raisuien

klo gak salah  manusia bisa tercium klo dari jarak bbrp meter...
klo kecampur ato gag kurang taw jg sih....

milmi

Kalau pada kunang-kunang, untuk mengetahui betina dari satu spesies yang dilihat adalah pola kelipannya, bukan dari feromon.

raisuien


alf

ktnya (dlm pnjlsn sblmnya), klu bd jns dbdkn dr pola kelipannya.
klu 1 jns, mmbedakannya juga gt tho???

milmi

Saya akan kutip tulisan saya sendiri untuk menjawabnya:

Kutip dari: milmi pada Juli 15, 2008, 03:58:47 PM
Kunang-kunang berkelap-kelip untuk menarik pasangannya, biasanya dimulai dari kuang-kunang jantan, kemudian dibalas oleh kunang-kunang betina. Jantan menggunakan kelipan betina untuk menemukan betina tersebut, lalu terjadilah perkawinan. Pola kelipan kunang-kunang berbeda antar tiap spesies.

Setelah kawin, umumnya kunang-kunang betina akan berhenti berkelip. Namun pada beberapa spesies, kunang-kunang betina akan tetap berkelip untuk menarik jantan dari spesies lain. Ketika jantan tersebut mendekat, betina itu akan memakannya.