Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 20, 2021, 11:14:54 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 53
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 47
Total: 47

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Makhluk Eksotis di Hutan Tropis Guyana  (Dibaca 9646 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline workaholic

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 152
  • IQ: 33
  • Gender: Wanita
Makhluk Eksotis di Hutan Tropis Guyana
« pada: Agustus 14, 2008, 11:33:35 AM »
iseng2 baca kompas nemu artikel unik, pengen bagi2 boleh y om...maaf kalo krg berkenan... ;D
di indo ada gak ya makhluk2 kek gini ? kren bgt ekspedisinya...

Rabu, 30 Juli 2008 | 23:55 WIB
LONDON, RABU - Ekspedisi ilmiah yang dilakukan ke dalam hutan tropis Guyana, Amerika Tengah, berhasil mengungkap makhluk-makhluk eksotis yang baru diketahui keberadaannya. Di antaranya ikan lele vampir yang hidup sebagai parasit.

Sekelompok peneliti yang didanai program dokumenter BBC menghabiskan waktu enam minggu untuk menelusuri kanopi-kanopi hutan lebat yang masih alami. Usaha keras mereka terbayar dengan menemukan total dua kandidat spesies baru ikan, satu spesies katak, dan sejumlah kelelawar buah yang belum pernah dilihat sebelumnya.


Ikan bertaring pedang adalah salah satu satwa eksotis yang ditemukan di hutan tropis Guyana khsusnya


Laba-laba raksasa Goliath


Katak bertanduk di Guyana berwarna seperti daun-daun yang berserakan di sekitarnya


Ulat aneh yang ditemukan di sekitar kemah para peneliti

"Dalam waktu singkat, kami menangkap ratusan spesies, 10 persen di antaranya mungkin baru dalam sains. Ini nyaris mustahil dan sungguh tak terbayang," ujar Dr george McGavin, seorang pakar hewan yang ikut dalam ekspedisi.

Meski harus dibandingkan dengan sampel spesies di seluruh dunia untuk memastikan sebagai spesies baru, dua spesies ikan diyakini kuat memang baru. Spesies pertama dari genus Hemiodus. Jenis lainnya dari genus Vandellia memiliki gigi-geligi runcing  untuk menancap ke tubuh ikan yang lebih besar. Selama ekspedisi, tim juga berhasil merekam ular terbesar di dunia, anaconda. Selain itu, juga ditampilkan elang terbesar di dunia dari jenis elang harpy dan laba-laba raksasa Goliath.

"Kita masih punya pilihan, kita benar berada di persimpangan sekarang. Kita tidak dapat memutuskan apakah akan membiarkannya di alam atau mengabaikan saat dibabat habis," ujar Dr McGavin. Jika tingkat penurunan masih seperti saat ini, kekayaan hayati bisa punah sebelum sempat terekam.

WAH
Sumber : BBC
Life is Precious. Life is all about choices and chances..
So LIVE your LIFE to the fullest :)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Makhluk Eksotis di Hutan Tropis Guyana
« Jawab #1 pada: Agustus 20, 2008, 12:28:18 AM »
tadi pagi di running text antv sempat baca macan dahan terekam kamera pengintai dalam hutan kalimantan... intinya, kekayaan alam dalam hutan indonesia pasti ga kalah eksotis ketimbang guyana. cuma masalahnya kembali ke manusia, mau merusak ato menjaganya.
« Edit Terakhir: Agustus 20, 2008, 12:37:39 AM oleh syx »

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Makhluk Eksotis di Hutan Tropis Guyana
« Jawab #2 pada: Agustus 20, 2008, 12:38:04 AM »
macan dahan? wew ...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Makhluk Eksotis di Hutan Tropis Guyana
« Jawab #3 pada: Agustus 27, 2008, 06:29:51 AM »
Poto-potonya dong biar lebih seru.
Eh, macan dahan itu yang mana ya? gw pernah pelihara macan akar, sama ga nih? Macan akar gedenya dua kali kucing biasa. Sayang cuman beberapa minggu mati, sedih deh. Ga cocok kali ya. Gw kasih sarden doang sih trus tidurnya di kamar kost yang sempit :P

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Makhluk Eksotis di Hutan Tropis Guyana
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2008, 06:53:23 AM »
ya namanya juga macan akar... mintanya di bawah akar alias dikubur.


macan dahan (Neofelis diardi)

artikelnya di kompas:
Macan Dahan Terekam di TN Sebangau[/ur]

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Makhluk Eksotis di Hutan Tropis Guyana
« Jawab #5 pada: Juni 05, 2014, 05:25:48 AM »
Neofelis? Bukan Panthera ya? Biasanya macan genusnya Panthera kan? Neofelis: Neo (baru), Felis (kucing) = "Kucing baru"?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
104 Jawaban
70088 Dilihat
Tulisan terakhir September 23, 2010, 01:17:27 AM
oleh nandaz
45 Jawaban
23137 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2015, 01:29:25 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
175159 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2014, 12:37:40 PM
oleh sains_muda
12 Jawaban
6777 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2015, 12:16:00 PM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
195211 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2018, 02:19:37 AM
oleh zalfaoriana