Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 02, 2022, 03:53:13 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 66
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 50
Total: 50

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Makhluk Hidup pertama di bumi

Dimulai oleh hery_hunterz, Maret 14, 2011, 09:16:37 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

hery_hunterz

Kalo boleh tahu makhluk hidup pertama di bumi bentuknya gimana ya...??? :-[


Sesederhana apa kira2...??

Apa yang dimakan ..??
Ora Et Labora

Pi-One

Definisi makhluk hidup di sini yang bagaimana? Berdasar biologi? Untuk saat ini makhluk hidup paling sederhana adalah prokaryot (bakteri), tapi prokaryot awal tentunya beda dengan prokaryot masa kini (jadi lucu juga ada tukang obat yang ngoceh makhluk hidup paling sederhana saja begitu kompleks).

Berdasar hipotesa, moyang prokaryot adalah protobiont, moyangnya lagi...lupa :p Tapi kalau dikaitkan ke 'bentuk kehidupan awal', mungkin akan mengarah pada molekul oganis dengan kemampuan menduplikasi diri.

hery_hunterz

wew susah dimengerti k k

bisa kasih gambaran atau link nya ga...???
Ora Et Labora

Pi-One

#3
Coba aja googling ke banyak sumber dengan keyword abiogenesis. Dan pastikan anda tak masuk ke situs tukang obat atau kreasionis lain.

Kalau tak salah, molekul organis dengan kemampuan untuk menggandakan diri ini disebut replicator. Replicator berbeda dengan virus, karena virus memerlukan inang untuk bisa menggandakan diri, sementara replicator tidak (wong makhluk hidup buat inangnya belum ada)

gema

KutipCoba aja googling ke banyak sumber dengan keyword abiogenesis.
menurut saya -- untuk mencari tahu Makhluk hidup pertama dibumi -- kurang tepat kalau menggunakan teori abiogenesis.
Karena sesuai dengan percobaan Louis Pasteur,Abiogenesis jelas tidak terbukti kebenarannya.
Ini link nya
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
gunakanlah teori biogenesis.
Mpunya sombong dan salah.

hery_hunterz

@gema
Tp kan ada teori abiogenesis dari Harun Yahya yg masih bisa masuk diakal ...

klu yg teori aristoteles yg ginian sihh
  1. ikan dan katak berasal dari Lumpur.

   2. Cacing berasal dari tanah, dan

   3. Belatung berasal dari daging yang membusuk.
udah basi... :P
Ora Et Labora

Pi-One

Kutip dari: gema pada April 14, 2011, 04:38:10 PM
menurut saya -- untuk mencari tahu Makhluk hidup pertama dibumi -- kurang tepat kalau menggunakan teori abiogenesis.
Karena sesuai dengan percobaan Louis Pasteur,Abiogenesis jelas tidak terbukti kebenarannya.
Jangan pakai abiogenesis klasiknya aristoteles, tapi abiogenesis modern. Keduanya amat berbeda. Louis Pasteur mematahkan abiogenesis klasik, bukan abiogenesis modern :)

Kutip dari: hery_hunterz pada April 14, 2011, 10:43:53 PM
@gema
Tp kan ada teori abiogenesis dari Harun Yahya yg masih bisa masuk diakal ...
Sejak kapan HY mencetuskan teori yang masuk akal? ::)

semut-ireng

#7
Louis Pasteur mematahkan abiogenesis klasik ??  Dia pake alat labu leher angsa itu  ??   :o :D :D

Gak bener itu.  Dogma abad-19 ketika orang belum banyak tahu tentang radiasi kok masih dibawa-bawa,  makanya sampai sekarang menyangkut asal-usul virus masih mbulet ajah kayak benang ruwet ................................... :D :D :D

Dan teori Aristoteles gak bakalan basi,  itu yang bener :  belatung berasal dari daging yang membusuk dan  rayap juga berasal dari kayu yang membusuk,  tentu bukan hanya semata-mata dilihat dari daging dan kayunya,  lihat proses pembusukannya karena pengaruh apa saja,  antara lain iklim / cuaca dan radiasi ........................................

Pi-One

Kutip dari: semut-ireng pada April 15, 2011, 07:39:12 AM
Bla bla bla......
Gak bisa post yang lebih bego lagi?
Apa ya korelasi semut-asbun dengan Karno Gendengtono? Gendeng dan ahonya 101 persen mirip ::)

semut-ireng

Hmm.  Di link yang disampaikan di atas itu jelas tertulis  :

"Kemunculan kehidupan di bumi adalah masalah terbesar yang belum terpecahkan."

Dan hanya karena kaldu yang keruh akibat berhubungan dengan udara luar,  lalu mereka dengan mudahnya mempercayai bahwa hal itu disebabkan kontaminasi dengan mikroorganisme yang terbawa udara ??  wkwkwkwk :P :P


gema

KutipKalau tak salah, molekul organis dengan kemampuan untuk menggandakan diri ini disebut replicator.
kalau begitu,berarti makhluk hidup yang hidup pertama kali sudah sangat kompleks karena sudah bisa mereplikasi diri,bung Pi-One?
Mpunya sombong dan salah.

Pi-One

Kutip dari: gema pada April 15, 2011, 06:04:50 PM
kalau begitu,berarti makhluk hidup yang hidup pertama kali sudah sangat kompleks karena sudah bisa mereplikasi diri,bung Pi-One?
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

MonDay

Kutip dari: Pi-One pada April 15, 2011, 09:02:13 PM
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

apakah ini berarti mahluk hidup sebenarnya bisa menggandakan dirinya tanpa berhubungan badan (tanpa harus menggunakan sel kelamin)?

Pi-One

Kutip dari: MonDay pada April 15, 2011, 09:28:01 PM
apakah ini berarti mahluk hidup sebenarnya bisa menggandakan dirinya tanpa berhubungan badan (tanpa harus menggunakan sel kelamin)?
Lha, emang semua makhluk hidup mesti berkembang biak secara seksual? Kan ada yang aseksual, ada juga yang bisa seksual maupun aseksual. Ada yang 'hermaprodit' (cacing atau siput)

semut-ireng

Kutip dari: Pi-One pada April 15, 2011, 09:02:13 PM
'Replicator' bahkan belum bisa disebut makhluk hidup,lebih cocok disebut benda hidup mungkin.

lalu bagaimana prosesnya dari benda hidup menjadi makhluk hidup ?

virus termasuk makhluk hidup,  benda hidup,  atau benda mati / partikel ?