Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 05, 2022, 07:50:29 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 53
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Makhluk Hidup pertama di bumi

Dimulai oleh hery_hunterz, Maret 14, 2011, 09:16:37 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

MonDay

Kutip dari: semut-ireng pada April 16, 2011, 05:55:45 AM
lalu bagaimana prosesnya dari benda hidup menjadi makhluk hidup ?

virus termasuk makhluk hidup,  benda hidup,  atau benda mati / partikel ?

mungkin benda hidup tersebut merupakan nenek moyang semua mahluk yang ada di bumi

Pi-One

Kutip dari: semut-ireng pada April 16, 2011, 05:55:45 AM
lalu bagaimana prosesnya dari benda hidup menjadi makhluk hidup ?

virus termasuk makhluk hidup,  benda hidup,  atau benda mati / partikel ?
Untuk orang yang soal abiogenesis klasik dan percobaan pasteur saja gak ngerti, materi ini sepertinya terllau berat ::)

semut-ireng

#17
Kutip dari: Pi-One pada April 16, 2011, 02:31:30 PM
Untuk orang yang soal abiogenesis klasik dan percobaan pasteur saja gak ngerti, materi ini sepertinya terllau berat ::)

yaah,  pertanyaan saya memang terlalu berat.   lha wong soal virus saja sudah ratusan tahun masih diperdebatkan terus apakah termasuk makhluk hidup atau bukan.   Salah satu penyebabnya dogma berupa postulat dari percobaan dengan alat labu leher angsa itu.    Sayang.   Biologi ketinggalan jauh dibandingkan dengan fisika.   Abad-20 yl adalah abad Fisika.   Banyak teori2 dan hukum2 fisika yang ditemukan.  Biologi ??  Terjebak di Darwinism dan Neo-Darwinism.   Ada yang meramalkan bahwa abad-21 ini adalah abad Biologi.  Tapi mungkinkah kalo kemampuannya sebatas membatah HY ? ::)


MonDay

rekayasa genetik bukannya mengacu pd neo-darwinism?

Pi-One

Kutip dari: semut-ireng pada April 16, 2011, 06:23:03 PMbla bla bla...
Yang ketinggalan zaman bukannya fanatis Hy macam semut-asbun begini? Virus sebagia makhluk hidup atau bukan masalahnya ada pada definisi makhluk hidup, bukan pada virusnya. Itu saja gak tahu? Dan eksperimen pasteur gak ada korelasi dengan virus, itu juga gak tahu? Dasar Gendengtonois... ::)

Kutip dari: MonDay pada April 16, 2011, 07:20:22 PM
rekayasa genetik bukannya mengacu pd neo-darwinism?
Maksudnya teori sintesa modern? Rekayasa genetis adalah penerapannya. Keterlibatan ilmu genetika (termasuk uji molekuler gen) adalah apa yang membedakannya dengan darwinisme.

semut-ireng

ada yang belum tahu korelasi antara eksperimen Pasteur dengan virologi dan imunologi, hm. ::)

soal virus makhluk hidup atau bukan memang berkaitan dengan definisinya.  dan justru itu,  definisi yang mantap aja kok belum jelas,  apalagi hukum2 dan postulat2-nya.  beda banget dengan di Fisika ...............apalagi entar ditambah dengan adanya ' benda hidup.' ...............wkwkwk   :o

dan soal rekayasa genetik lagi,  sudah jelas produknya darwinisme,  mengerikan .................apa pada gak tahu ajaran kebenaran kewajiban manusia untuk hormat kepada alam ?? ??? ::)

Pi-One

Dasar gendengtonois. Please, kasih fasilitas ignore di forum dong...
Kutip dari: semut-ireng pada April 17, 2011, 06:14:27 AM
ada yang belum tahu korelasi antara eksperimen Pasteur dengan virologi dan imunologi, hm. ::)
AdaST yang mau nerapin cocologi asbun lagi...

Kutip dari: semut-ireng pada April 17, 2011, 06:14:27 AMsoal virus makhluk hidup atau bukan memang berkaitan dengan definisinya.  dan justru itu,  definisi yang mantap aja kok belum jelas,  apalagi hukum2 dan postulat2-nya.  beda banget dengan di Fisika ...............apalagi entar ditambah dengan adanya ' benda hidup.' ...............wkwkwk   :o
Mau fisika, mau biologi, mau kimia, sama saja. Sains itu dinamis, semakin banyak informasi yang dikethaui, semakin berkembang pula sains tersebut. Makanya, sains gak cocok buat orang yang otaknya kualitas era kegelapan.

Kutip dari: semut-ireng pada April 17, 2011, 06:14:27 AMdan soal rekayasa genetik lagi,  sudah jelas produknya darwinisme,  mengerikan .................apa pada gak tahu ajaran kebenaran kewajiban manusia untuk hormat kepada alam ?? ??? ::)
Tuh, bakanya keluar lagi. Perbedaan antara teori evolusi klasik (darwinisme) dengan teori sintesa modern adalah darwinisme belum mampu menjelaskan keterkaitan ilmu genetika dalam evolusi.

Mau jadi idiot sih terserah aja, tapi jangan menyesatkan member lain untuk ikut jadi idiot!

semut-ireng

yaah,  mungkin benar idiot yah kalo gak tahu bedanya yang klasik ama yang baru, gak tahu yang dua itu sama2 pake nama darwinisme dan  gak tahu sama2 gak ada buktinya ............ ;D

Pi-One


semut-ireng

Kutip dari: hery_hunterz pada April 14, 2011, 10:43:53 PM
klu yg teori aristoteles yg ginian sihh
  1. ikan dan katak berasal dari Lumpur.

   2. Cacing berasal dari tanah, dan

   3. Belatung berasal dari daging yang membusuk.
udah basi... :P

Kayaknya belum basi,  baca artikel fakta ilmiah di bawah ini  : ::)


  Tim peneliti yang dipimpin Sandra Pizzarello, profesor riset dari Universitas Negeri Arizona, menemukan sejumlah besar amonia dalam asteroid Antartika primitif. Konsentrasi tinggi amonia dapat menjadi sumber pengurang nitrogen yang penting bagi kimia kehidupan. Semua teori asal usul kehidupan harus menjelaskan mengenai apa penyebab berkurangnya nitrogen di masa kehidupan muncul. Nitrogen berkurang sendiri sudah dijelaskan, karena nitrogen digunakan untuk pembuatan asam amino dan basa nukleat. Penemuan ini menyimpulkan adanya kemungkinan bahwa asteroid merupakan persediaan molekul untuk membentuk mahluk hidup dari mahluk tak hidup di Bumi kita masa purba. Dengan adanya asteroid ini, maka bahan dasar pengurang  nitrogen dapat memicu evolusi molekul dan memulai kehidupan.

Para fisikawan terapan juga turut masuk dalam kancah pemecahan misteri abiogenesis. Tim peneliti dari Sekolah Tinggi Teknik dan Ilmu Terapan Harvard di Princeton berhasil menunjukkan pembentukan bilik semi permeabel dari tanah liat inorganis. Hal ini penting karena bilik semipermeabel ini memberikan lingkungan yang cocok untuk perkembangan sel primitif karena dapat menjadi pintu masuk selektif sekaligus lokasi katalis kimia (percepatan reaksi). Dengan kata lain, para ilmuan Harvard menduga telah menemukan salah satu proses penting dalam mata rantai pembentukan mahluk hidup dari benda tak hidup. Bila proses kimia normal memerlukan waktu jutaan atau miliaran tahun agar dapat berubah dari tak hidup menjadi hidup, mungkin di dalam bilik semi permeabel ini, mahluk hidup dapat muncul lebih cepat.

Gelembung semi permeabel dari tanah liat

Penelitian lain oleh Reiter et al menunjukkan bahwa dunia dimana kehidupan pertama muncul adalah dunia RNA dan bahwa RNA merupakan molekul kehidupan pertama. Stockbridge et al menunjukkan bahwa kondisi panas merupakan kondisi yang lebih baik daripada kondisi dingin untuk kemunculan molekul kehidupan pertama. Dan masih banyak lagi penemuan yang semakin dekat pada bagaimana kehidupan pertama muncul.

Kesimpulan

Generatio spontanea bukanlah teori atau hipotesis, ia adalah konsekuensi logis yang mau tidak mau harus diterima karena kehidupan harus memiliki asal yang bukan kehidupan. Jika tidak, ia bukan asal sama sekali, karena asal-usul objek tentulah harus beda dengan objeknya sendiri. Mengatakan bahwa generatio spontanea telah gugur sama saja mengatakan saya tidak mengerti kenapa sabun tidak berasal dari sabun, sabun berasal dari sabun, dan selamanya akan berasal dari sabun. Tapi demikianlah keadaannya, selalu lebih banyak orang awam daripada ilmuan, maka para ilmuan terpaksa mengganti istilah generatio spontanea menjadi abiogenesis.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]


MonDay

lalu dmn letak pertentangan artikel tsb dengan abiogenesis modern dan neo-darwinisme?

hery_hunterz

Kutip dari: Pi-One pada April 14, 2011, 11:19:51 PM

Sejak kapan HY mencetuskan teori yang masuk akal? ::)

memang sih ..
ga semua masuk akal, cuma beberapa aja contohnya bahwa benda hidup berasal dari benda mati (benda2 mati yang ada di bumi terkena halilintar/petir sehingga benda2 tsb membentuk struktur benda yang baru yg merupakan awal benda hidup)
Ora Et Labora

hery_hunterz

Kutip dari: semut-ireng pada April 16, 2011, 05:55:45 AM

virus termasuk makhluk hidup,  benda hidup,  atau benda mati / partikel ?
sampai sekarang virus = benda mati karena memerlukan inang utk berkembang biak dan akan membentuk kristal jika diluar inangnya 

lagian topiknya jadi ke teori evolusi padahalkn momod milmi kan udah ngasi pengumuman penting
http://www.forumsains.com/biologi/pengumuman-penting-bagi-forser-evolusionis-dan-kreasionis/   
Ora Et Labora

Pi-One

Kutip dari: hery_hunterz pada April 18, 2011, 12:17:24 AM
memang sih ..
ga semua masuk akal, cuma beberapa aja contohnya bahwa benda hidup berasal dari benda mati (benda2 mati yang ada di bumi terkena halilintar/petir sehingga benda2 tsb membentuk struktur benda yang baru yg merupakan awal benda hidup)
Dan kapan HY menerima teori abiogenesis modern? Wong dia kreasionis kok...

Soal proses yang melibatkan petir dsb, itu adalah proses biokimia seperti pembentukan asam amino (substansi dasar kehidupan). Selain dengna bantuan petir, kemungkinan pembentukan asam amino juga mungkin terjadi di dasar laut, dengan melibatkan aktivitas gunung berapi bawah air (berdasar eksperimen Miller yang tak dipublikasikan)

hery_hunterz

Kutip dari: Pi-One pada April 18, 2011, 10:14:10 AM
Dan kapan HY menerima teori abiogenesis modern? Wong dia kreasionis kok...


makanya dibilangin ga semua (cuma beberapa) ....
-_-''
Ora Et Labora