Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:25:26 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 71
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 63
Total: 63

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?

Dimulai oleh biobio, Februari 18, 2009, 02:15:08 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

biobio

Pengen tau nih, jawabnya pertanyaan yang juga menjadi judul di atas...
"The pen is mightier than the sword"

syx


superstring39

mungkin bisa dibatasi bernafas disini adalah proses pengikatan O2 dan pelepasan CO2. gimana biobio? atau punya batasan lain?

rere

kalo nahan napas kelamaan, matinya karena jantung berhenti ya?

syx

matinya karena suplai oksigen yang diperlukan sel terhambat, terutama sel otak.

biobio

Kutip dari: superstring39 pada Februari 19, 2009, 06:39:18 AM
mungkin bisa dibatasi bernafas disini adalah proses pengikatan O2 dan pelepasan CO2. gimana biobio? atau punya batasan lain?
pengikatan gas yang diperlukan oleh tubuh dan pelepasan gas yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh melalui suatu organ. gimana?
"The pen is mightier than the sword"

Pi-One

Pada dasarnya, otak memerlukan oksigen. Rentang waktu tertentu tidak mendapat oksigen bisa mengakitbatkan otak mengalami kerusakan.

Ini baru ditinjau dari otak, belum dari organ lain.

syx

contoh paling terlihat adalah kasus stroke. dalam kasus ini ada gangguan pada pembuluh darah tertentu yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke area tertentu otak. akibatnya sel otak yang kekurangan suplai oksigen ini mengalami kerusakan hingga gangguannya bisa dilihat dari hilangnya koordinasi gerak pada otot tertentu.

oyonks

Oksigen dibutuhkan untuk proses pengikatan terhadap darah, ini diperlukan untuk pengangkutan darah dari jantung ke selurh tubuh dan sebaliknya.



Jah, apa hubungannya?? ;D

gak tahu deh mas,,,,,,  ;D ;D ;D

syx

lah? oksigen itu yang diikat darah di paru untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh untuk dituker dengan karbondioksida. di paru gas buangan ini dituker lagi dengan oksigen dan gitu seterusnya...

Muztank

menambah opini lagi...
sel2 otak juga membutuhkan oksigen..
kalau otak tidak menerima oksigen selama kurang lebih 4 menit maka orang tersebut
akan menjadi orang yang idiot..
nah kalo lebih dari itu...wa ga tau tepatnya brapa menit...
maka otak mu akan rusak dan akan mate...
trus oksigen juga di butuhkan  oleh sel2 tubuh lainnya..
nah penyalurannya dengan darah...
dalam darah ada yang namanya hemoglobin..
itu mengikat oksigen dan menyebarkan ke seluruh tubuh...

senena

jelas.. gak ada suplai oksigen ke jaringan tubuh, so gak bisa metabolisme, gak ada energi, gak ada yang menggerakkan kehidupan.. selaen itu, neuron di otak kalo gak dapet oksigen dlm 5 menit, mati, gak ada yang koordinasi tubuh..

Aghie

KArena kekurangan oksigen tentunya....

secara molekuler kekurangan oksigen akan membuat strees terhadap sel, kondisi hipoksia ini membuat mitokondria menghasilkan caspase yang memicu terjadinya apoptosis atau kematian sel... jika terjadi terus menerus yah sel yang mati makin banyak... mati dah...  :angel:

marshall

eeh, berarti ga usah nunggu jantung berenti dulu yah, untuk bisa mati..?!

eeh, bisa berarti juga oksigen yang paling berperan dalam menentukan kehidupan mahluk?

eeh, bener ga..?! ;D
".............

Muztank

jari kamu bergerak untuk posting ini aja dah menggunakan oksigen, untuk oksidasi..