Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 05, 2022, 07:17:23 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,637
  • Total Topik: 10,394
  • Online today: 26
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 11
Total: 11

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?

Dimulai oleh biobio, Februari 18, 2009, 02:15:08 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

milmi

Kutip dari: marshall pada Mei 18, 2009, 12:32:16 AM
eeh, bisa berarti juga oksigen yang paling berperan dalam menentukan kehidupan mahluk?
Sebenarnya, banyak makhluk hidup yang sama sekali tidak membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Malahan keberadaan oksigen akan membunuh mereka.
Back to the topic, definisi bernapas seharusnya diperjelas: apakah respiration atau gaseous exchange. Yang pertama lebih ke arah peran oksigen sebagai akseptor akhir elektron pada proses fosforilasi oksidatif, sedangkan yang kedua lebih ke arah pertukaran oksigen dan karbondioksida pada  organ pernapasan dan jaringan tubuh. Nah, mana yang dimaksud, karena jelas definisi kedua hanya ditemui pada metazoa yang telah memiliki organ tersebut. Kalau definisi kedua yang dipakai, maka pertanyaan tersebut absurd karena hanya mengarah pada sebagian kecil makhluk hidup.

soni sascori

Kutip dari: Muztank pada Februari 27, 2009, 08:20:33 AM

kalau otak tidak menerima oksigen selama kurang lebih 4 menit maka orang tersebut
akan menjadi orang yang idiot..
nah kalo lebih dari itu...wa ga tau tepatnya brapa menit...
maka otak mu akan rusak dan akan mate...

Gimana dengan fenomena penyelam alami tanpa alat yang mampu menyelam hingga 7-10 menit?
Berarti semua penyelam yang mampu menyelam tanpa alat tersebut idiot semua donk????
kasian ya mereka,,,,
hahahahahhah
n_COn

syx

... beneran bisa sampe 10 menit?

marshall

Kutip dari: milmi pada Mei 22, 2009, 01:06:36 AM
Sebenarnya, banyak makhluk hidup yang sama sekali tidak membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Malahan keberadaan oksigen akan membunuh mereka.

alien yaah..?;D  oot mode on

pernah denger juga katanya pori2 dikulit kita juga "bernafas"..iya kah??
".............

ryoma

Kutip dari: syx pada Mei 22, 2009, 07:28:29 AM
... beneran bisa sampe 10 menit?

beneran, saya juga pernah ngeliat di TV dulu. Orang luar negeri sih, udah tua juga. (tapi gak tahu sama orangnya dengan yang kk soni lihat..  ;D )
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Hendy wijaya, MD

Sebenernya manusia ga akan bisa mati dengan cara menahan napas. Setelah beberapa menit, anda pasti akan gagal menahan napas, dan refleks napas akan mengambil alih semuanya. Penekanan terhadap refleks bernapas di pusat napas batang otak akan gagal memberikan impuls inhibisinya setelah jumlah oksigen mulai berkurang.
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

phice

Kalo' nggak nafas, nggak ada oksigen yang masuk, karbondioksida nggak bisa dikeluarkan ke udara. Kalo' kebanyakan karbondioksida jadi keracunan terus <<<< MATI!

Begitu menurut saya!
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

sisca, chemistry

wah,, wah,,, ttg ada ttg sistem respirasi yach disiini,,,
okee,,,

gini lo,,
kata guru aku klo sebenarnya yg t'jadi pada sistem pernapasan itu bukan p'tukaran O2 dgn CO2...
bukan CO2 kluar.. O2 masuk,,,
karena waktu kita menghembuskan nafas pun ada O2 jg yg kluar...
jadi yg t'jadi itu difusi...

g'mana..?
ada yg salah gag yach..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

biobio

Kita harus ngerti dulu masalah respirasi seluler yang butuh oksigen dan ternyata mengeluarkan limbah karbon dioksida. Gradien konsentrasi karbondioksida, oksigen antara pembuluh darah dan udara yang lewat di paru-paru memicu pergerakan oksigen masuk dan karbon dioksida keluar. Kalau diperdalam lagi, bisa sampai ke penjelasan bagaimana pengaturan pernafasan dilakukan, salah satunya adalah lewat "deteksi" pH darah.
"The pen is mightier than the sword"

muhmus88

Kutip dari: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 01:41:01 PM
Sebenernya manusia ga akan bisa mati dengan cara menahan napas. Setelah beberapa menit, anda pasti akan gagal menahan napas, dan refleks napas akan mengambil alih semuanya. Penekanan terhadap refleks bernapas di pusat napas batang otak akan gagal memberikan impuls inhibisinya setelah jumlah oksigen mulai berkurang.

setuju...

kalo manusia bisa mati karena nahan napas, kenapa orang2 bunuh diri dengan cara loncat dari gedung bertingkat??
knpa ga than ja napasnya???hehehehehehehehehehehhe
ga tau yah..
Surga Itu bukan tentang tempat yang indah, Melaikan Tentang Rasa yang sempurna.

phice

Kutip dari: muhmus88 pada September 30, 2009, 02:10:15 PM
setuju...

kalo manusia bisa mati karena nahan napas, kenapa orang2 bunuh diri dengan cara loncat dari gedung bertingkat??
knpa ga than ja napasnya???hehehehehehehehehehehhe
ga tau yah..

Karena di sinetron2 paling mentok begitu caranya... HAHAHAHAHA!
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

sisca, chemistry

Kutip dari: biobio pada September 29, 2009, 11:25:20 PM
Kita harus ngerti dulu masalah respirasi seluler yang butuh oksigen dan ternyata mengeluarkan limbah karbon dioksida. Gradien konsentrasi karbondioksida, oksigen antara pembuluh darah dan udara yang lewat di paru-paru memicu pergerakan oksigen masuk dan karbon dioksida keluar. Kalau diperdalam lagi, bisa sampai ke penjelasan bagaimana pengaturan pernafasan dilakukan, salah satunya adalah lewat "deteksi" pH darah.

ini buat nge-buktiin pernyataan aku..?

klo iya jelasin dunkz,,
,,,
klo ga ywd,,
;D
;D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

@sisca
mungkin maksud biobio tentang pH darah yg akan menjadi terlalu asam klo CO2 gag dikeluarin..
karna CO2 + H2O --> H2CO3 --> HCO3- + H+
H+ inilah yg akan membuat pH darah menjadi asam
dan karna pH darah terlalu asam dapat membuat kematian...

Pi-One

Kutip dari: soni sascori pada Mei 22, 2009, 03:10:07 AM
Gimana dengan fenomena penyelam alami tanpa alat yang mampu menyelam hingga 7-10 menit?
Berarti semua penyelam yang mampu menyelam tanpa alat tersebut idiot semua donk????
kasian ya mereka,,,,
hahahahahhah
Mereka kan sebelum menyelam menarik napas panjang. Mereka menggunakan udara yang tersimpan itu untuk bernapas, jadi bukannya sama seklai 7-10 menit tanpa bernapas.

biobio

Kutip dari: Pi-One pada Oktober 01, 2009, 10:42:43 AM
Kutip dari: soni sascori pada Mei 22, 2009, 03:10:07 AM
Gimana dengan fenomena penyelam alami tanpa alat yang mampu menyelam hingga 7-10 menit?
Berarti semua penyelam yang mampu menyelam tanpa alat tersebut idiot semua donk????
kasian ya mereka,,,,
hahahahahhah
Mereka kan sebelum menyelam menarik napas panjang. Mereka menggunakan udara yang tersimpan itu untuk bernapas, jadi bukannya sama seklai 7-10 menit tanpa bernapas.
Saya pernah lihat penyelam yang mampu bertahan sejam lebih di dalam air dengan bantuan tabung oksigen...
"The pen is mightier than the sword"