Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: biobio pada Februari 18, 2009, 02:15:08 PM

Judul: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: biobio pada Februari 18, 2009, 02:15:08 PM
Pengen tau nih, jawabnya pertanyaan yang juga menjadi judul di atas...
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: syx pada Februari 18, 2009, 03:16:03 PM
apa yang dimaksud dengan bernapas?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: superstring39 pada Februari 19, 2009, 06:39:18 AM
mungkin bisa dibatasi bernafas disini adalah proses pengikatan O2 dan pelepasan CO2. gimana biobio? atau punya batasan lain?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: rere pada Februari 19, 2009, 11:50:36 AM
kalo nahan napas kelamaan, matinya karena jantung berhenti ya?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: syx pada Februari 19, 2009, 12:34:02 PM
matinya karena suplai oksigen yang diperlukan sel terhambat, terutama sel otak.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: biobio pada Februari 19, 2009, 01:08:56 PM
Kutip dari: superstring39 pada Februari 19, 2009, 06:39:18 AM
mungkin bisa dibatasi bernafas disini adalah proses pengikatan O2 dan pelepasan CO2. gimana biobio? atau punya batasan lain?
pengikatan gas yang diperlukan oleh tubuh dan pelepasan gas yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh melalui suatu organ. gimana?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 19, 2009, 01:43:21 PM
Pada dasarnya, otak memerlukan oksigen. Rentang waktu tertentu tidak mendapat oksigen bisa mengakitbatkan otak mengalami kerusakan.

Ini baru ditinjau dari otak, belum dari organ lain.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: syx pada Februari 19, 2009, 04:16:22 PM
contoh paling terlihat adalah kasus stroke. dalam kasus ini ada gangguan pada pembuluh darah tertentu yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke area tertentu otak. akibatnya sel otak yang kekurangan suplai oksigen ini mengalami kerusakan hingga gangguannya bisa dilihat dari hilangnya koordinasi gerak pada otot tertentu.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: oyonks pada Februari 26, 2009, 08:44:47 PM
Oksigen dibutuhkan untuk proses pengikatan terhadap darah, ini diperlukan untuk pengangkutan darah dari jantung ke selurh tubuh dan sebaliknya.



Jah, apa hubungannya?? ;D

gak tahu deh mas,,,,,,  ;D ;D ;D
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: syx pada Februari 27, 2009, 07:17:18 AM
lah? oksigen itu yang diikat darah di paru untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh untuk dituker dengan karbondioksida. di paru gas buangan ini dituker lagi dengan oksigen dan gitu seterusnya...
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Muztank pada Februari 27, 2009, 08:20:33 AM
menambah opini lagi...
sel2 otak juga membutuhkan oksigen..
kalau otak tidak menerima oksigen selama kurang lebih 4 menit maka orang tersebut
akan menjadi orang yang idiot..
nah kalo lebih dari itu...wa ga tau tepatnya brapa menit...
maka otak mu akan rusak dan akan mate...
trus oksigen juga di butuhkan  oleh sel2 tubuh lainnya..
nah penyalurannya dengan darah...
dalam darah ada yang namanya hemoglobin..
itu mengikat oksigen dan menyebarkan ke seluruh tubuh...
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: senena pada Maret 18, 2009, 09:53:17 PM
jelas.. gak ada suplai oksigen ke jaringan tubuh, so gak bisa metabolisme, gak ada energi, gak ada yang menggerakkan kehidupan.. selaen itu, neuron di otak kalo gak dapet oksigen dlm 5 menit, mati, gak ada yang koordinasi tubuh..
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Aghie pada Mei 17, 2009, 11:53:14 PM
KArena kekurangan oksigen tentunya....

secara molekuler kekurangan oksigen akan membuat strees terhadap sel, kondisi hipoksia ini membuat mitokondria menghasilkan caspase yang memicu terjadinya apoptosis atau kematian sel... jika terjadi terus menerus yah sel yang mati makin banyak... mati dah...  :angel:
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: marshall pada Mei 18, 2009, 12:32:16 AM
eeh, berarti ga usah nunggu jantung berenti dulu yah, untuk bisa mati..?!

eeh, bisa berarti juga oksigen yang paling berperan dalam menentukan kehidupan mahluk?

eeh, bener ga..?! ;D
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Muztank pada Mei 18, 2009, 09:40:31 AM
jari kamu bergerak untuk posting ini aja dah menggunakan oksigen, untuk oksidasi..
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: milmi pada Mei 22, 2009, 01:06:36 AM
Kutip dari: marshall pada Mei 18, 2009, 12:32:16 AM
eeh, bisa berarti juga oksigen yang paling berperan dalam menentukan kehidupan mahluk?
Sebenarnya, banyak makhluk hidup yang sama sekali tidak membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Malahan keberadaan oksigen akan membunuh mereka.
Back to the topic, definisi bernapas seharusnya diperjelas: apakah respiration atau gaseous exchange. Yang pertama lebih ke arah peran oksigen sebagai akseptor akhir elektron pada proses fosforilasi oksidatif, sedangkan yang kedua lebih ke arah pertukaran oksigen dan karbondioksida pada  organ pernapasan dan jaringan tubuh. Nah, mana yang dimaksud, karena jelas definisi kedua hanya ditemui pada metazoa yang telah memiliki organ tersebut. Kalau definisi kedua yang dipakai, maka pertanyaan tersebut absurd karena hanya mengarah pada sebagian kecil makhluk hidup.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: soni sascori pada Mei 22, 2009, 03:10:07 AM
Kutip dari: Muztank pada Februari 27, 2009, 08:20:33 AM

kalau otak tidak menerima oksigen selama kurang lebih 4 menit maka orang tersebut
akan menjadi orang yang idiot..
nah kalo lebih dari itu...wa ga tau tepatnya brapa menit...
maka otak mu akan rusak dan akan mate...

Gimana dengan fenomena penyelam alami tanpa alat yang mampu menyelam hingga 7-10 menit?
Berarti semua penyelam yang mampu menyelam tanpa alat tersebut idiot semua donk????
kasian ya mereka,,,,
hahahahahhah
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: syx pada Mei 22, 2009, 07:28:29 AM
... beneran bisa sampe 10 menit?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: marshall pada Mei 23, 2009, 11:44:23 AM
Kutip dari: milmi pada Mei 22, 2009, 01:06:36 AM
Sebenarnya, banyak makhluk hidup yang sama sekali tidak membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Malahan keberadaan oksigen akan membunuh mereka.

alien yaah..?;D  oot mode on

pernah denger juga katanya pori2 dikulit kita juga "bernafas"..iya kah??
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 23, 2009, 12:42:00 PM
Kutip dari: syx pada Mei 22, 2009, 07:28:29 AM
... beneran bisa sampe 10 menit?

beneran, saya juga pernah ngeliat di TV dulu. Orang luar negeri sih, udah tua juga. (tapi gak tahu sama orangnya dengan yang kk soni lihat..  ;D )
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 01:41:01 PM
Sebenernya manusia ga akan bisa mati dengan cara menahan napas. Setelah beberapa menit, anda pasti akan gagal menahan napas, dan refleks napas akan mengambil alih semuanya. Penekanan terhadap refleks bernapas di pusat napas batang otak akan gagal memberikan impuls inhibisinya setelah jumlah oksigen mulai berkurang.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: phice pada September 29, 2009, 05:32:11 PM
Kalo' nggak nafas, nggak ada oksigen yang masuk, karbondioksida nggak bisa dikeluarkan ke udara. Kalo' kebanyakan karbondioksida jadi keracunan terus <<<< MATI!

Begitu menurut saya!
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 29, 2009, 09:38:14 PM
wah,, wah,,, ttg ada ttg sistem respirasi yach disiini,,,
okee,,,

gini lo,,
kata guru aku klo sebenarnya yg t'jadi pada sistem pernapasan itu bukan p'tukaran O2 dgn CO2...
bukan CO2 kluar.. O2 masuk,,,
karena waktu kita menghembuskan nafas pun ada O2 jg yg kluar...
jadi yg t'jadi itu difusi...

g'mana..?
ada yg salah gag yach..?
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 29, 2009, 11:25:20 PM
Kita harus ngerti dulu masalah respirasi seluler yang butuh oksigen dan ternyata mengeluarkan limbah karbon dioksida. Gradien konsentrasi karbondioksida, oksigen antara pembuluh darah dan udara yang lewat di paru-paru memicu pergerakan oksigen masuk dan karbon dioksida keluar. Kalau diperdalam lagi, bisa sampai ke penjelasan bagaimana pengaturan pernafasan dilakukan, salah satunya adalah lewat "deteksi" pH darah.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: muhmus88 pada September 30, 2009, 02:10:15 PM
Kutip dari: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 01:41:01 PM
Sebenernya manusia ga akan bisa mati dengan cara menahan napas. Setelah beberapa menit, anda pasti akan gagal menahan napas, dan refleks napas akan mengambil alih semuanya. Penekanan terhadap refleks bernapas di pusat napas batang otak akan gagal memberikan impuls inhibisinya setelah jumlah oksigen mulai berkurang.

setuju...

kalo manusia bisa mati karena nahan napas, kenapa orang2 bunuh diri dengan cara loncat dari gedung bertingkat??
knpa ga than ja napasnya???hehehehehehehehehehehhe
ga tau yah..
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: phice pada September 30, 2009, 06:35:41 PM
Kutip dari: muhmus88 pada September 30, 2009, 02:10:15 PM
setuju...

kalo manusia bisa mati karena nahan napas, kenapa orang2 bunuh diri dengan cara loncat dari gedung bertingkat??
knpa ga than ja napasnya???hehehehehehehehehehehhe
ga tau yah..

Karena di sinetron2 paling mentok begitu caranya... HAHAHAHAHA!
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 30, 2009, 09:03:19 PM
Kutip dari: biobio pada September 29, 2009, 11:25:20 PM
Kita harus ngerti dulu masalah respirasi seluler yang butuh oksigen dan ternyata mengeluarkan limbah karbon dioksida. Gradien konsentrasi karbondioksida, oksigen antara pembuluh darah dan udara yang lewat di paru-paru memicu pergerakan oksigen masuk dan karbon dioksida keluar. Kalau diperdalam lagi, bisa sampai ke penjelasan bagaimana pengaturan pernafasan dilakukan, salah satunya adalah lewat "deteksi" pH darah.

ini buat nge-buktiin pernyataan aku..?

klo iya jelasin dunkz,,
,,,
klo ga ywd,,
;D
;D
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: raisuien pada September 30, 2009, 10:28:13 PM
@sisca
mungkin maksud biobio tentang pH darah yg akan menjadi terlalu asam klo CO2 gag dikeluarin..
karna CO2 + H2O --> H2CO3 --> HCO3- + H+
H+ inilah yg akan membuat pH darah menjadi asam
dan karna pH darah terlalu asam dapat membuat kematian...
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Pi-One pada Oktober 01, 2009, 10:42:43 AM
Kutip dari: soni sascori pada Mei 22, 2009, 03:10:07 AM
Gimana dengan fenomena penyelam alami tanpa alat yang mampu menyelam hingga 7-10 menit?
Berarti semua penyelam yang mampu menyelam tanpa alat tersebut idiot semua donk????
kasian ya mereka,,,,
hahahahahhah
Mereka kan sebelum menyelam menarik napas panjang. Mereka menggunakan udara yang tersimpan itu untuk bernapas, jadi bukannya sama seklai 7-10 menit tanpa bernapas.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 01, 2009, 11:26:10 AM
Kutip dari: Pi-One pada Oktober 01, 2009, 10:42:43 AM
Kutip dari: soni sascori pada Mei 22, 2009, 03:10:07 AM
Gimana dengan fenomena penyelam alami tanpa alat yang mampu menyelam hingga 7-10 menit?
Berarti semua penyelam yang mampu menyelam tanpa alat tersebut idiot semua donk????
kasian ya mereka,,,,
hahahahahhah
Mereka kan sebelum menyelam menarik napas panjang. Mereka menggunakan udara yang tersimpan itu untuk bernapas, jadi bukannya sama seklai 7-10 menit tanpa bernapas.
Saya pernah lihat penyelam yang mampu bertahan sejam lebih di dalam air dengan bantuan tabung oksigen...
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: syx pada Oktober 01, 2009, 04:09:01 PM
... ini cuma berlaku untuk makhluk aerob aja kan? kalo makhluk anaerob sepertinya ga butuk bernapas dalam artian mengambil oksigen dari udara untuk keperluan idupnya.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Oktober 01, 2009, 06:13:39 PM
ahhhh....
aku bisa jawab soal dari judul topiknya.. " mengapa gak b'nafas bisa dead"
tapi klo slh maapin yah...
^^

kalo gag b'nafas kita jadi kekurangan O2...
truz O2 kan di pake buat pembakaran zat sisa.
zat sisa tidak bisa dibakar kalo gak ada O2.
zat sisa t'timbun di dalam tubuh. sedangkan zat sisa b'sifat toksik dalam tubuh.
jadi finally... orgnya DEAD...
???

g'mana..?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: phice pada Oktober 01, 2009, 06:14:55 PM
Kutip dari: sisca, chemistry pada Oktober 01, 2009, 06:13:39 PM
ahhhh....
aku bisa jawab soal dari judul topiknya.. " mengapa gak b'nafas bisa dead"
tapi klo slh maapin yah...
^^

kalo gag b'nafas kita jadi kekurangan O2...
truz O2 kan di pake buat pembakaran zat sisa.
zat sisa tidak bisa dibakar kalo gak ada O2.
zat sisa t'timbun di dalam tubuh. sedangkan zat sisa b'sifat toksik dalam tubuh.
jadi finally... orgnya DEAD...
???

g'mana..?

Bisa2!

Tapi kalo' pH darah naik akibat teringan sampe terfatal apa ya?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Oktober 01, 2009, 06:25:05 PM
wah.. k'phice soal pH tuch nnya ama rai ajah,,
heheheh~
dia mah pinter,,,
hehehehhe~
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: raisuien pada Oktober 01, 2009, 07:38:16 PM
Kutip dari: phice pada Oktober 01, 2009, 06:27:33 PM
Rai itu dewa...

aku bukan dewa..
klo dewa aku udah gag skul lg..
malah udah dipuja2 sama manusia...

Kutip dari: phice pada Oktober 01, 2009, 06:14:55 PM
Tapi kalo' pH darah naik akibat teringan sampe terfatal apa ya?

klo perubahan pH nya masih kecil, tubuh masih bisa mengadakan penyeimbangan (homeostasis)
akibat asidosis dan alkalosis sangat buruk. asidosis akan menyebabkan gangguan pernafasan, depresi susunan saraf pusat, koma, bahkan kematian. alkalosis menyebabkan terangsangnya susunan saraf pusat, kejang-kejang, dan juga sampai kematian.

asidosis adalah suatu keadaan pada saat darah terlalu banyak mengandung asam (atau terlalu sedikit mengandung basa) dan sering menyebabkan menurunnya pH darah.

alkalosis adalah suatu keadaan pada saat darah terlalu banyak mengandung basa (atau terlalu sedikit mengandung asam) dan kadang menyebabkan meningkatnya pH darah.

Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: ~Yami~ pada Oktober 26, 2009, 07:08:02 PM
Seingat saya sih kalau gak bernafas, maka CO2 dalam tubuh akan naik melebihi kadar O2 dalam tubuh... Makanya medula oblongata kita memaksa kita untuk bernafas. Kalo kadar CO2 sangat banyak dalam tubuh, bisa beracun!!
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Oktober 30, 2009, 10:18:17 AM
Sebenernya jawabannya kan mudah..O2 dibutuhkan tubuh sebagai akseptor elektron respiratory chain. Kalo O2 tidak ada, maka rantai respirasi macet, energi dalam bentuk ATP tidak diproduksi, akhirnya sel mati(kematian selular). Semua proses dalam tubuh kita memerlukan energi bebas dari lingkungan (dinyatakan dalam delta G atau Gibbs free energy), misalkan untuk menggerakkan struktur sel saja butuh energi (mindahin vesikel, mitokondria, golgi atau organel lain dari suatu tempat ke tempat yang lain dalam sel yang sama), untuk sintesis protein butuh energi, proses folding, degradasi protein, transpor pun butuh energi, bahkan untuk melihat aja kita perlu energi, mencium baupun perlu energi.

Batas konsentrasi (yang tercermin dairi tekanan parsialnya) oksigen dalam sel yang masih memungkinkan sel hidup adalah 5 mmHg, sedangkan, di ruangan ekstrasel terdapat oksigen sebanyak 23 mmHg, di dalam darah arteri ada 100 mmHg, vena ada 40 mmHg, lihat pengamanannya tinggi, bahkan jika kadar hemoglobin sampai jatuh dibawah 80 mmHg pun kita masih bisa hidup.

Asidosis memang salah satu faktor yang mempercepat kematian pada kegagalan respirasi, tapi bukan penyebab kematian itu sendiri. Asidosis didefinisikan sebagai kelebihan konsentrasi proton dalam suatu sistem, kelebihan proton bisa menyebabkan denaturasi banyak struktur makromolekul sel terutama protein dan mengganggu berbagai proses kimiawi lainnya.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Oktober 30, 2009, 05:15:18 PM
asidosis = kelebihan proton.
proton itu datangnya dari mana li sehingga buat dia berlebihan...?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 30, 2009, 05:47:00 PM
Kutip dari: sisca, chemistry pada Oktober 30, 2009, 05:15:18 PM
asidosis = kelebihan proton.
proton itu datangnya dari mana li sehingga buat dia berlebihan...?
Karena CO2 akan bereaksi dengan H2O darah menurut persamaan:
H2O + CO2 --> H2CO3
H2CO3 --> H+ + HCO3-
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Oktober 30, 2009, 05:57:05 PM
Begitu juga dari asam laktat hasil metabolisme anaerob yang akan terdisosiasi menjadi
ion laktat + H+
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Oktober 30, 2009, 08:32:23 PM
ooo..

H+ itu yg proton berlebih ya..
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: raisuien pada November 01, 2009, 07:58:03 AM
yup.. intinya jk H+ bertambah banyak mk pH darah akan menurun..
itulah yg disebut asidosis... ~.~
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 01, 2009, 07:17:49 PM
woke,, toke,, hoke,, oke,,

gitu toh..
bru tw..

klo uda lbh gitu apa ga bisa di tmbh elektron lagi biar seimbang..?
huehehheheh~
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada November 02, 2009, 06:12:03 AM
Ya makanya asidosis bisa memicu ngos-ngosan, biar cepat masukin oksigen, keluarin CO2 biar pH nya kembali ke kisaran 7,4.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 02, 2009, 11:45:44 AM
Kutip dari: biobio pada November 02, 2009, 06:12:03 AM
Ya makanya asidosis bisa memicu ngos-ngosan, biar cepat masukin oksigen, keluarin CO2 biar pH nya kembali ke kisaran 7,4.
Ini benar. jika H+ berasal dari asam yang volatil, seperti dalam hal ini misalnya asam bikarbonat yang bisa terdisosiasi membentuk H2O + CO2.
Tapi untuk asam yang nonvolatil yang diproduksi tiap harinya sekitar 80 meq, ia harus dikeluarkan lewat urine.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 02, 2009, 11:47:51 AM
Ya
Kutip dari: sisca, chemistry pada November 01, 2009, 07:17:49 PM
woke,, toke,, hoke,, oke,,

gitu toh..
bru tw..

klo uda lbh gitu apa ga bisa di tmbh elektron lagi biar seimbang..?
huehehheheh~
Elektronnya ya dari sistem buffer itu..bukan ditambah elektron dengan minum elektron atau disetrum..wah polos sekali nih sys.. hihihi
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 02, 2009, 07:30:26 PM
ooo

truz asam yg volatil itu apa pulak..?
???
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 04, 2009, 01:44:11 PM
Volatil itu artinya mudah menguap, seperti asam biakarbonat yang mudah "pecah" menjadi air dan karbondioksida..mudah diubah kedalam fase gas, jadi bisa dikeluarkan lewat paru..nah kalo asam fosfat, asam laktat, amonium?ga bisa nguap kan?Jadi harus dieksresi lewat ginjal.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 04, 2009, 02:21:08 PM
oooo..
iyah..
ga bisa lwt mulut.. hohoho~

othe2..
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 06, 2009, 12:22:05 PM
Kalau lewat mulut, jadi Anda kencing lewat mulut donk?hahaha..
Itulah fungsi ginjal, memproduksi bikabonat sebagai buffer n membuang kelebihan asam dalam darah. Atau dengan kata lain mempertahankan keseimbangan asam basa dalam tubuh agar metabolisme dapat berfungsi optimal, yaitu dalam pH sekitar 7,35-7,45.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 06, 2009, 08:14:47 PM
hoo,,, oo..

o,a ngomong2nya ya.. agak OOT dikit... minta izin buat OOT bntar..

bener ga sich kalo minum teh bisa menganggu proses kalsifikasi tulang..?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 07, 2009, 07:34:51 PM
Ga masalah kok..tenang aja sis..bagi saya tidak ada istilah pertanyaan OOT..
Sejauh yang saya tahu, tidak ada komponen dalam teh yang bisa mengganggu proses kalsifikasi tulang. Kalau mengganggu absorbsi besi (Fe) iya, tapi apakah ia juga mengganggu abrorbsi Calsium juga dalam tulang setahu saya tidak.
Jadi sangat tidak dianjurkan minum teh saat makan, sebab besi dalam makanan yang kita makan jadi tidak diserap.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 07, 2009, 07:51:59 PM
ooo..
besi yg ga terserap yah..?
bukan Ca..?

oke, oke,..
^^

iyah..
TQ..
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 07, 2009, 07:59:08 PM
Tapi pernyataan saya ini bisa saja tidak benar, sebab kadang dari penelitian seseorang, tyt konsumsi teh bisa mempercepat osteoporosis, tapi mekanisme pastinya harus diselidiki dahulu. Jadi untuk SAAT INI dan ilmu yang saya ketahui, saya berkata bahwa konsumsi teh tidak ada hubungannya dengan proses kalsifikasi tulang.
Ilmu kedokteran berkembang terus soalnya ..
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 07, 2009, 08:08:09 PM
hm,, othe.. TQ... ^^

tapi klo bole tau..
kenapa bisa ngeganggu penyerapan Fe...?
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada November 08, 2009, 10:27:59 PM
Fe diikat oleh molekul tannin dalam teh dan dikeluarkan dari tubuh lewat feses.
Judul: Re: Mengapa Gak Bernafas Bisa Mati?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 08, 2009, 10:48:15 PM
hm.. TQ...

tapi tannin itu ada unsur apa..?
koq bisa ngikat Fe..?