Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 12:42:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]  (Dibaca 22650 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« pada: November 24, 2009, 06:31:27 PM »
Saya sudah berhasil membuat alat penyulingan etanol dengan hanya sekali penyulingan. Jurnalnya saya pasang disini -> http://dikti.org/?q=node/635

Yang jadi masalah adalah, bahwa saya masih menggunakan bahan baku yang umum digunakan untuk pembuatan ethanol, yaitu: gula, tebu, pisang, singkong, sagu, dll. Saya ingin meningkat dengan merubah bahan dari selulosa menjadi glukosa sebelum glukosa di fermentasi dan di suling menjadi ethanol.

Adakah temen-temen yang dapat memberikan informasi bagai mana cara mengubah selulosa menjadi glukosa?.

Terima kasih sebelumnya.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #1 pada: November 24, 2009, 07:53:55 PM »
Adakah temen-temen yang dapat memberikan informasi bagai mana cara mengubah selulosa menjadi glukosa?.
Hm.., pertanyaan menarik.., jadi kepinging nyari saya..,
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #2 pada: November 24, 2009, 08:13:05 PM »
Adakah temen-temen yang dapat memberikan informasi bagai mana cara mengubah selulosa menjadi glukosa?.
Hm.., pertanyaan menarik.., jadi kepinging nyari saya..,

Kalau dah dapet, bagi-bagi infonya. Khan keren kalo bisa membuat etanol dari dedaunan atau rumput.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #3 pada: November 24, 2009, 08:19:17 PM »
Kalau dah dapet, bagi-bagi infonya. Khan keren kalo bisa membuat etanol dari dedaunan atau rumput.
OK2.., insya Allah kalau ketemu ya..,

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #4 pada: November 24, 2009, 08:47:31 PM »
Hm.., saya ada ide. Mungkin untuk merubah Selulosa menjadi Glukosa dapat digunakan bakteri yang dapat memecah ikatan Betha 1,4 di dalam Selulosa. Kan glukosa merupakan monomer dari selulosa....

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #5 pada: November 24, 2009, 08:49:13 PM »
Nah.., ada ide lagi.., gimana kalau dipakai bakteri yang ada di dalam oerutnya hewan pemakan rumput..,

Diambil.., dikembangbiakkandi medium dan diuji..,
Siapa tau bisa.., Kan bakteri yang ada di dalam perutnya hewan perumput dapat mencerna selulosa karena menheluarkan enzim yang dapat menerna (mengurai) seulosa menjadi Glukosa2..,

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #6 pada: November 24, 2009, 08:56:32 PM »
kan susah harus b'main dgn mahluk2 yg mikro...
weleh2~

tapi keren jg nih..
pengen liat alatnya donk...
^^"
~ You are what you eat ~

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #7 pada: November 24, 2009, 08:58:08 PM »
kan susah harus b'main dgn mahluk2 yg mikro...
weleh2~

tapi keren jg nih..
pengen liat alatnya donk...
^^"

Alatnya di Indo :d. Ane lagi gak di Indo.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #8 pada: November 24, 2009, 09:00:44 PM »
bole minta foto alatnya yg jadi g'mana yach..?
habis bingung bacanya...
dari dulu sisca pengen buat...
tapi alatnya yg pusing mau gimana..
T.T

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #9 pada: November 24, 2009, 09:05:22 PM »
Pertama sediakan panci, dengan tutup rapat, di mur baut melingkar. Di tutup panci di pasang pipa diameter 4 inchi sepanjang 2 meter. dihubungkan ditengah tutup panci juga di mur baut. Lalu diatas pipia dihubungkan dengan pipa lain diameter 3 inchi dengan penghubung 4 inchi ke 3 inchi sepanjang. Tapi sebelumnya didalam pipa diameter 4 inchi itu dimasukkan batu kolar taman yang warnaputih (beli di tukang tanaman hias). Bagian bawahnya agar batu tidak masuk ke dalam panci, beri sarang nyamuk.

Pada bagian atas pipa 3 inchi di beri sambungan ke pipa kecil yang terhubung dengan kondenser (pendingin) dan out putnya ke botol.

Jadi deh.

Mo upload sket gambarnya kesini, belum bisa. Nanti deh ane pelajari dulu cara uploadnya.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #10 pada: November 24, 2009, 09:08:19 PM »
ah...
itu batu kolar utk apa..?
truz kondensernya gimana..?
pendinginnya pake apa..?

hehehehehe~


Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #11 pada: November 24, 2009, 09:11:22 PM »
Kondensernya yah pake panci juga berisi air yang bersirkulasi agar tetap dingin airnya. Nah pipa kecil keluaran dari pipa 3 inchi itu melingkar-lingkar dalam panci pendingin sebelum ujungnya masuk ke botol.

Koralnya untuk menahan uap air agar tidak ikut masuk ke pipa kecil tapi ketahan koral lalu masuk ke panci penyulingan lagi. Koral itulah penemuan ane yang membuat alat ini mampu bekerja dalam sekali penyulingan dan hasilnya langsung bisa dibakar.

Yang lebih hebat, operator tak perlu menjaga suhu panci di titik didih etanol (sekitar 78,8 derajat). Boleh mencapai 100 derajat pada panci penyulingan, dan etanol tetap dihasilkan.

Waktu menemukan cara itu sampe 2 tahun. udah di daftarkan patennya.
« Edit Terakhir: November 24, 2009, 09:15:32 PM oleh Mat Dillom »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #12 pada: November 24, 2009, 09:19:01 PM »
pipanya pake pipa apa yach..?
wah,, wah,,
sampe 2 tahun...
kckckckkckkcc~

hebatx... ^^

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #13 pada: November 24, 2009, 09:22:20 PM »
Pipa besi. Pancinya kalau di Jakarta, pesan aja di cawang. seukuran panci pangsit, juga ada siripnya kayak tukang pangsit. Tinggal tutupnya selebar diameter panci + sirip. Di sirip itu yang dipasang mur baud. Bagian tengah tutup panci dilubangi dengan diameter lebih kecil dari lubang pipa 4 inchi.

Pipanya juga diberi sirip buat pasang mur baud ke tutup panci. Tapi jangan lupa kasih karet ketika di mur baud, agar uap tidak lolos.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #14 pada: November 24, 2009, 09:27:26 PM »
ahaa...
woke2...
tutup pancinya uda dibaut,, gimana mau masukin itunya..
pusang gula dan lain2...?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
5487 Dilihat
Tulisan terakhir April 04, 2008, 05:28:25 PM
oleh skuler
30 Jawaban
22991 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 13, 2009, 11:05:58 AM
oleh loser1942
29 Jawaban
21182 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2012, 11:08:22 PM
oleh syx
0 Jawaban
6018 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2009, 11:31:49 AM
oleh heru.htl
5 Jawaban
21093 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 09, 2018, 03:44:45 AM
oleh RizqiAlamsyah