Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 05, 2021, 05:41:26 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 299
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 74
Total: 74

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]  (Dibaca 22325 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #15 pada: November 24, 2009, 09:29:22 PM »
ahaa...
woke2...
tutup pancinya uda dibaut,, gimana mau masukin itunya..
pusang gula dan lain2...?

Ya sebelumnya dibuat lobang donk dengan tutupnya

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #16 pada: November 24, 2009, 09:30:36 PM »
lobangnya yg ditengah itu yach..?

panci..
aku ga di jakarta..
hehehhee~

tapi di sini jg byk panci...
^^
~ You are what you eat ~

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #17 pada: November 24, 2009, 09:37:16 PM »
lobangnya yg ditengah itu yach..?

panci..
aku ga di jakarta..
hehehhee~

tapi di sini jg byk panci...
^^

Di coba aja, kali aja bisa ikut lomba karya ilmiah. Terus tulis, aku jadi pembimbingmu :D.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #18 pada: November 24, 2009, 09:48:01 PM »
iyah,,,
sisca tunggu yach gbr alatnya...
heheheh~

agak bingung soal pipanya..

tapi sisca mau coba2 cari panci yg uda ga kepake dulu dech...
^^"

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #19 pada: November 24, 2009, 10:15:03 PM »
Sket gambarnya seperti dibawah ini:
« Edit Terakhir: November 24, 2009, 10:18:47 PM oleh Mat Dillom »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #20 pada: November 24, 2009, 10:52:14 PM »
mikroba mana yang lebih efektif: bakteri kolon herbivora atau rayap?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #21 pada: November 24, 2009, 11:03:29 PM »
mikroba mana yang lebih efektif: bakteri kolon herbivora atau rayap?

Caranya gimana?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #22 pada: November 25, 2009, 12:27:51 AM »
isolasi mikroba dari keduanya... dan dibuat kulturnya.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #23 pada: November 25, 2009, 01:26:21 AM »
isolasi mikroba dari keduanya... dan dibuat kulturnya.

Jadinya bio gas donk bukan etanol?. Herbifora dan rayap gak mengubah selulosa menjadi glukosa khan? kecuali dalam perutnya. Sedang kotorannya bisa diubah jadi biogas.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #24 pada: November 25, 2009, 02:26:06 AM »
pastinya mikroba dalam perut rayap dan herbivora membantu memotong selulosa menjadi gula yang lebih sederhana. gas adalah produk sampingnya. mereka kan ga bisa langsung menggunakan selulosa sebagai nutrisi karena ga bakal bisa diserap tubuh. gula rantai pendek hasil peruraian yang dibantu mikroba ini yang merupakan nutrisi sumber tenaga mereka.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #25 pada: November 25, 2009, 03:02:42 AM »
pastinya mikroba dalam perut rayap dan herbivora membantu memotong selulosa menjadi gula yang lebih sederhana. gas adalah produk sampingnya. mereka kan ga bisa langsung menggunakan selulosa sebagai nutrisi karena ga bakal bisa diserap tubuh. gula rantai pendek hasil peruraian yang dibantu mikroba ini yang merupakan nutrisi sumber tenaga mereka.

Iyah itu masalahnya, kita gak bisa mengeluarkan mikrobanya dari dalam perut untuk mengurai selulosa di luar perut. Ada dosen syx cara?.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #26 pada: November 25, 2009, 03:27:32 AM »
kan keluar sendiri...

dari wikipedia:
Termites may produce up to two litres of hydrogen from digesting a single sheet of paper, making them one of the planet's most efficient bioreactors. Termites achieve this high degree of efficiency by exploiting the metabolic capabilities of about 200 different species of microbes that inhabit their hindguts. The microbial community in the termite gut efficiently manufactures large quantities of hydrogen; the complex lignocellulose polymers within wood are broken down into simple sugars by fermenting bacteria in the termite's gut, using enzymes that produce hydrogen as a byproduct. A second wave of bacteria uses the simple sugars and hydrogen to make the acetate the termite requires for energy.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #27 pada: November 25, 2009, 03:32:59 AM »
Dari kotoran rayap kayaknya gula sederhana itu lebih mungkin deh. kalo dari kotoran herbivora, ane gak tahan baunya :D.

Tinggal kotoran rayap dicambur enzim alfa amilase dan gluko amilase kayaknya memungkinkan untuk dijadikan pati. Selanjutnya tingga difermentasi dengan bakteri sacharomises serevisiae. Thanx infonya, tinggal pengujiannya.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #28 pada: November 25, 2009, 09:49:36 PM »
kotoran rayap juga bukan gula... mikroba rayap emang bisa mengubah selulosa menjadi karbohidrat rantai pendek, mungkin juga hingga glukosa (plus dengan enzim dalam tubuh rayap sendiri), tapi gula tidak dikeluarkan jadi kotoran melainkan diserap rayap untuk jadi sumber tenaga mereka. sama halnya dengan sapi. hasil pencernaan, salah satunya karbohidrat rantai pendek, juga mereka serap. yang dibuang itu sisa-sisa yg ga bisa dicerna lagi ato butuh waktu lama untuk dicerna dan ga mungkin diendapkan di perut tanpa ada efek samping (tau sendiri kan gimana rasanya sembelit?).

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Mengubah Selulosa menjadi Glukosa [Tanya]
« Jawab #29 pada: November 25, 2009, 10:02:04 PM »
Ya bukannya katanya dikeluarin?. Susah donk kalau kayak gitu.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
5457 Dilihat
Tulisan terakhir April 04, 2008, 05:28:25 PM
oleh skuler
30 Jawaban
22675 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 13, 2009, 11:05:58 AM
oleh loser1942
29 Jawaban
20903 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2012, 11:08:22 PM
oleh syx
0 Jawaban
5968 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2009, 11:31:49 AM
oleh heru.htl
5 Jawaban
21005 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 09, 2018, 03:44:45 AM
oleh RizqiAlamsyah