Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 18, 2022, 05:39:34 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Sisi Misterius Otak Manusia  (Dibaca 5388 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline prahasetio

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Jangan Malas Cari Informasi
Sisi Misterius Otak Manusia
« pada: Agustus 11, 2014, 05:15:01 AM »
Setelah ribuan tahun dipelajari, mulai terungkap beberapa sisi misterius otak manusia. Terdapat beberapa fakta yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikir oleh manusia.

Otak adalah salah satu organ yang paling menakjubkan yang ada di dalam tubuh manusia, karena otak bertugas mengendalikan sistem saraf pusat agar bisa bekerja secara normal.

Otak manusia sangatlah kompleks dan terdiri sekitar 100 miliar saraf (neuron) dan ada begitu banyak hal terjadi di dalam otak dengan berbagai bidang yang berbeda. Karenanya otak termasuk salah satu organ vital dalam kehidupan manusia.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, ini dia beberapa fakta lain seputar otak manusia yang belum banyak diketahui:

1. Otak tetap aktif meskipun kepala sudah terpenggal

Berdasarkan pengamatan beberapa kisah diketahui bahwa otak manusia bisa tetap aktif selama beberapa detik setelah kepalanya dipenggal. Namun para dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi kedut otot.

Dr Harold Hillman, mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey menuturkan bahwa kematian terjadi karena adanya pemisahan antara otak dengan sumsum tulang belakang.

2. Otak bisa mempelajari pesan bawah sadar

Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari alam bawah sadar seseorang sehingga nantinya akan mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Banyak perusahaan menggunakan hal ini sebagai ajang promosi untuk mempengaruhi seseorang agar mau membeli produknya.

3. Obat-obatan bisa menyebabkan lubang di otak

Salah satu penelitian menyatakan penggunaan obat seperti mariyuana bisa menghilangkan sedikit memori, sedangkan untuk obat seperti kokain atau ekstasi dapat menimbulkan lubang di otak.

Selain itu sebuah studi dari New Scientist menyatakan penggunaan obat-obatan jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan tidak normal dari otak yang bersifat permanen, karenanya sulit untuk mengubah perilaku dari seorang pecandu.

4. Otak manusia berwarna abu-abu

Beberapa bagian dari tubuh memiliki warna tersendiri untuk darah, jaringan, tulang atau cairan lain. Tapi jika otak manusia diawetkan dalam stoples meskipun masih berdenyut kebanyakan berwarna abu-abu, karena itu seluruh otak kadang disebut sebaagi materi abu-abu. Namun otak juga tetap mengandung materi putih yang terdiri dari serat saraf untuk menghubungkan materi abu-abu.

Sedangkan komponen yang berwarna hitam disebut dengan substantia nigra yang merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut dan merupakan batas dari bagian basal ganglia.

5. Otak manusia merupakan otak yang paling besar

Beberapa binatang bisa menggunakan otaknya untuk melakukan berbagai hal yang dilakukan oleh manusia. Tapi sebenarnya otak manusia berukuran paling besar dibandingkan dengan otak binatang manapun. Ukuran paling besar disini adalah jika berat otak dibandingkan dengan ukuran tubuh.

Rata-rata berat otak manusia dewasa sebesar 1,361 kilogram, berat ini hampir sama dengan binatang lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas.

Selain itu kecerdasan juga berkaitan dengan berbagai komponen di otak, dan mamalia memiliki korteks serebral terbesar yang bertanggung jawab terhadap fungsi memori, komunikasi dan berpikir

Offline MongWinWin

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #1 pada: Agustus 20, 2014, 02:47:26 AM »

I think it is a wonderful lot.
A new knowledge for me the best.

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #2 pada: November 01, 2014, 11:06:51 AM »
menurut ilmuwan andalusia dlu, otak itu sumbernya idup gan...

Jdi jiwa gk bakal bisa berguna di dunia nyata tanpa ksadaran dari otak, dan juga tubuh... itu kata mereka.

Pandangan jiwa dimana menurut orang eropa saat itu adalah jantung... sry bukannya nyindir, tpi mereka taunya klo mereka puny mood beda. Pasti yg dicek pertama jantung...

Thx
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #3 pada: November 01, 2014, 01:26:47 PM »
Jadi mana yang bikin lebih cepet mati? Ditembak di jantung atau ditembak di otak?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #4 pada: November 02, 2014, 12:50:11 PM »
Jadi mana yang bikin lebih cepet mati? Ditembak di jantung atau ditembak di otak?

Kalo ditembak pasti di otak. Tapi jaman dulu kan orang orang pake pedang. Dan ditusuk di jantung lebih mudah, kalo pas itu juga. Tapi jangan jangan di jepang ada kepercayaan  sumber kehidupan itu diperut, karena dijaman samurai, teknik untuk membunuh orang itu kan ditebas diperutnya, karena itu yang paling lunak. Kalo nebas dijantung jangan salah, tulang dada itu kerasnya bukan main.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #5 pada: November 02, 2014, 01:26:03 PM »
Tapi jaman dulu kan orang orang pake pedang. Dan ditusuk di jantung lebih mudah, kalo pas itu juga. Tapi jangan jangan di jepang ada kepercayaan  sumber kehidupan itu diperut, karena dijaman samurai, teknik untuk membunuh orang itu kan ditebas diperutnya, karena itu yang paling lunak. Kalo nebas dijantung jangan salah, tulang dada itu kerasnya bukan main.

Kenapa nggak di leher aja? Atau di urat nadi?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #6 pada: November 02, 2014, 01:44:40 PM »
Kenapa nggak di leher aja? Atau di urat nadi?

Benar, bisa cepat mati, tapi orang jaman dulu tidka ada yang bilang kalau leher adalah pusat dari kehidupan.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #7 pada: November 03, 2014, 12:21:13 AM »
Tapi kenapa zaman dulu udah ada guillotine?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #8 pada: November 03, 2014, 02:28:19 AM »
Tapi kenapa zaman dulu udah ada guillotine?

Ga tahu tuh, emang orang jaman dulu ada yang bilang leher adalah pusat kehidupan?

Offline embrio11s

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Student of Plant Physiology and Molecular Biology
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #9 pada: November 03, 2014, 06:17:45 AM »

4. Otak manusia berwarna abu-abu

Beberapa bagian dari tubuh memiliki warna tersendiri untuk darah, jaringan, tulang atau cairan lain. Tapi jika otak manusia diawetkan dalam stoples meskipun masih berdenyut kebanyakan berwarna abu-abu, karena itu seluruh otak kadang disebut sebaagi materi abu-abu. Namun otak juga tetap mengandung materi putih yang terdiri dari serat saraf untuk menghubungkan materi abu-abu.

Sedangkan komponen yang berwarna hitam disebut dengan substantia nigra yang merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut dan merupakan batas dari bagian basal ganglia.


bisa cantumkan sumbernya kang? kok sepertinya isi tulisannya aga ngaco yak  ???

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #10 pada: November 03, 2014, 01:09:44 PM »
Ga tahu tuh, emang orang jaman dulu ada yang bilang leher adalah pusat kehidupan?

Kurang tau juga, tapi...
Tapi jangan jangan di jepang ada kepercayaan  sumber kehidupan itu diperut, karena dijaman samurai, teknik untuk membunuh orang itu kan ditebas diperutnya, karena itu yang paling lunak. Kalo nebas dijantung jangan salah, tulang dada itu kerasnya bukan main.
Sebelum menganggap pusat kehidupan adalah jantung (heart), orang zaman dulu menganggap pusat kehidupan adalah hati (liver).
« Edit Terakhir: November 03, 2014, 01:13:49 PM oleh Monox D. I-Fly »

Offline embrio11s

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Student of Plant Physiology and Molecular Biology
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #11 pada: November 03, 2014, 03:50:52 PM »
Emang ada kepercayaan bahwa untuk membunuh orang, senjata harus mengenai 'sumber kehidupan' ?
Sepertinya sasaran senjata itu punya kompabilitas dengan  jenis senjata deh. Dagger & katar, berhubung penggunaannya mensyaratkan pelaku tiba-tiba ada didekat korban (biasanya dari belakang) dan ukurannya pendek, sesuai untuk menggorok leher tapi tidak cocok untuk sasaran jantung atau perut. Pedang, berhubung ukurannya panjang dan penggunaannya biasanya duel berhadapan, bagian perut lah yang mudah dijangkau dan dilukai (ditusuk). #opini  ;D

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Sisi Misterius Otak Manusia
« Jawab #12 pada: November 05, 2014, 10:47:30 AM »
Jadi mana yang bikin lebih cepet mati? Ditembak di jantung atau ditembak di otak?

zaman terakhir kepercayaan itu dpegang y zman Renaissance, dan nembak pke senapan Arquebush gk akuratny bkan maen...

Kenapa nggak di leher aja? Atau di urat nadi?

Bisa, tpi armor
Emang ada kepercayaan bahwa untuk membunuh orang, senjata harus mengenai 'sumber kehidupan' ?
Sepertinya sasaran senjata itu punya kompabilitas dengan  jenis senjata deh. Dagger & katar, berhubung penggunaannya mensyaratkan pelaku tiba-tiba ada didekat korban (biasanya dari belakang) dan ukurannya pendek, sesuai untuk menggorok leher tapi tidak cocok untuk sasaran jantung atau perut. Pedang, berhubung ukurannya panjang dan penggunaannya biasanya duel berhadapan, bagian perut lah yang mudah dijangkau dan dilukai (ditusuk). #opini  ;D

Jud... :D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2865 Dilihat
Tulisan terakhir April 02, 2010, 03:25:39 PM
oleh raisuien
4 Jawaban
5269 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 12, 2011, 01:39:26 PM
oleh RezaStallone
9 Jawaban
6723 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 07, 2014, 04:10:34 PM
oleh bayu220686
3 Jawaban
172927 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 02:12:26 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1384 Dilihat
Tulisan terakhir November 13, 2015, 02:38:08 AM
oleh deni.adhi