Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 03, 2022, 09:25:27 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 60
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 47
Total: 47

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pengaruh Golongan darah

Dimulai oleh Nabih, Juni 19, 2009, 06:58:32 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

exile_rstd

oo.. saya kira gugus protein DNA, soalnya ga pake fitur LaTex jadi ga tau.
i adore your intelligence

kuncungs

You are what you eat. Banyak makan sapi bikin orang yg makan jadi malas kayak sapi, banyak makan babi bikin orang yg makan jadi serakah seperti babi, banyak makan ikan bikin orang yg makan jadi gesit kayak ikan.

Mari kita makan ikan.. hehehe.

exile_rstd

Kutip dari: kuncungs pada Januari 18, 2012, 08:43:09 PM
You are what you eat. Banyak makan sapi bikin orang yg makan jadi malas kayak sapi, banyak makan babi bikin orang yg makan jadi serakah seperti babi, banyak makan ikan bikin orang yg makan jadi gesit kayak ikan.

Mari kita makan ikan.. hehehe.
ga semuanya berlaku seperti itu. banyak faktor yang bisa mempengaruhi seseorang dan bukan hanya dari apa yang ia makan. baik buruk, rajin malas pasti semua manusia punya kedua sifat itu 
i adore your intelligence

kuncungs

Ya juga.. tapi makanan juga berpengaruh kok, menurut pengamatan sehari-hari.

syx

slogan "you are what you eat" itu lebih mengarah ke kesehatan. pertama kali dikutip dari tulisan Anthelme Brillat-Savarin dalam Physiologie du Gout, ou Meditations de Gastronomie Transcendante, 1826: "Dis-moi ce que tu manges, je te dirai ce que tu es." [Tell me what you eat and I will tell you what you are]. antara 1920-1930, nutrisionis Victor Lindlahr, menyatakan idenya bahwa apa yang kita makan mengendalikan kesehatan kita. beliau menyebutkan "ninety per cent of the diseases known to man are caused by cheap foodstuffs. you are what you eat." pada 1942, Lindlahr mempublikasikan "You Are What You Eat: how to win and keep health with diet". akhirnya frasa ini yang sering disebutkan untuk kampanye konsumsi makanan sehat, bukan berarti apa yang kita makan menjadikan kita mirip itu. kan ada orang serakah tapi tidak makan babi ato meskipun makan babi tetapi dia tidak serakah. btw, emang sapi males ya?

kuncungs

Pernah nonton dokumentar food detective ga?
Di food detective dibilang kentara bau badan manusia dg apa yg kita makan...

Orang makan kari jadi bau rempah, orang makan babi/anjing jadi bau amis, orang makan kambing jadi bau penguk, dll.. Berdasarkan pengamatan sehari2 ya memang seperti itu lho..

exile_rstd

mungkin maksudnya kerbau. kerbau dgn sapi beda. kalau di blg males mungkin dari kebiasan mereka yg katanya 'hidup untuk makan' bukan 'makan untuk hidup' tapi namanya juga hewan. ada yang kebutuhan asupan nutrisi yg tinggi ataupun sebaliknya.
i adore your intelligence

exile_rstd

bau badan atau bau kentut? kalau bau badan tergantung aktivitas apa yang sedang dilakukan, kalau ditempat amis seperti kolam ikan ya bau badannya amis, kalau tinggal didaerah berpolutan bisa jadi partikel polutan yg menempel (pada baju/anggota badan) menyentuh keringat lalu berbau seperti polutan (misalnya gas motor-mobil).
i adore your intelligence

kuncungs

Bau keringat yg keluar dari badan :D
Tapi di salah satu acaranya ada orang yg bisa "baca" ttg makanan apa yg dikonsumsi seseorang cuma lewat membaui kulit (tanpa keringat)nya aja... wew.
Kalo gw sendiri memang sensitif sama bau2an.

syx

kalo terkait bau memang bisa, tetapi bukan sifat seseorang. bau di sini bisa bau badan, bau kentut, bau urin, bau mulut... semua bau yang dikeluarkan oleh badan. yang paling gampang, kalo abis makan pete di mana-mana bakal bau pete.

ytridyrevsielixetuls

Kutip dari: kuncungs pada Januari 19, 2012, 12:36:25 PM
Bau keringat yg keluar dari badan :D
Tapi di salah satu acaranya ada orang yg bisa "baca" ttg makanan apa yg dikonsumsi seseorang cuma lewat membaui kulit (tanpa keringat)nya aja... wew.
Kalo gw sendiri memang sensitif sama bau2an.

eits, ntar dulu.. bau badan laki-laki lebih tdk sedap karena faktor testosterone yg banyak (plus laki-laki makan lebih banyak daripada perempuan) dan hidung perempuan lebih sensitif terhadap bau. so meski keduanya memakan jenis makanan yg sama dan mandi ttp aja bau badannya beda,

bisa engkau bayangkan kalo lelaki disuruh mengendus bau badan perempuan dan perempuan disuruh mengendus bau badan lelaki. ketauan kan siapa yang untung dan siapa yang rugi ;-)

so this depends on who sniffs who
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

syx

Kutip dari: exile_rstd pada Januari 19, 2012, 11:50:25 AM
mungkin maksudnya kerbau. kerbau dgn sapi beda. kalau di blg males mungkin dari kebiasan mereka yg katanya 'hidup untuk makan' bukan 'makan untuk hidup' tapi namanya juga hewan. ada yang kebutuhan asupan nutrisi yg tinggi ataupun sebaliknya.
kalo yang paling males musti dilakukan kompetisi antara sloth (kukang) dan koala. koala hampir tidur sepanjang hari, bisa dikatakan aktif per hari 2-3 jam aja. sloth, males turun dari tempatnya karena tungkainya kurang kuat untuk berjalan di atas tanah. saking malesnya sampe ga pernah mandi hingga badannya lumutan. siapa mo makan koala dan kukang?

Kutip dari: ytridyrevsielixetuls pada Januari 19, 2012, 03:55:11 PM
eits, ntar dulu.. bau badan laki-laki lebih tdk sedap karena faktor testosterone yg banyak (plus laki-laki makan lebih banyak daripada perempuan) dan hidung perempuan lebih sensitif terhadap bau. so meski keduanya memakan jenis makanan yg sama dan mandi ttp aja bau badannya beda,

bisa engkau bayangkan kalo lelaki disuruh mengendus bau badan perempuan dan perempuan disuruh mengendus bau badan lelaki. ketauan kan siapa yang untung dan siapa yang rugi ;-)
testosteron mempengaruhi kerja kelenjar keringat apokrin menjadi lebih aktif. \
bau badan kabarnya bisa juga untuk identifikasi etnis tertentu.

exile_rstd

Kutip dari: syx pada Januari 20, 2012, 08:47:34 AM
kalo yang paling males musti dilakukan kompetisi antara sloth (kukang) dan koala. koala hampir tidur sepanjang hari, bisa dikatakan aktif per hari 2-3 jam aja. sloth, males turun dari tempatnya karena tungkainya kurang kuat untuk berjalan di atas tanah.
ng? katanya koala biasa beraktivitas dimalam hari sehingga siangnya tidur, sedangkan sloth karena ada alasannya juga seperti yang dikatakan om. sedikit sekali yang saya tau tentang ilmu zoologi.
i adore your intelligence

exile_rstd

saya mau tanya doong...
bagaimana plasma darah menjaga asam-basa (pH) darah?
lalu apa yang bisa terjadi jika pH darah >7,8 atau <7,0?

monggo commentnya.
i adore your intelligence

sisca, chemistry

Bagaimana menjaga pH darah agar tetap stabil, itu bisa dijaga salah satunya oleh kehadiran albumin dan bicarbonat.
Spesifiknya, saya kurang paham juga sih. Belom baca soalnya. hahaha.

Apa yang terjadi jika pH darah keluar dari range normalnya, akan mengganggu aktivitas tubuh.
Kita tau tubuh kita bekerja kebanyakan memerlukan enzim.
Dan enzim itu kebanyakan dapat bekerja pada pH sekitar normal.
Jika keadaan pH darah menjadi asam atau basa, pastinya enzim akan sulit bekerja atau inaktif.
pH darah normal itu 7,35-7,45
Rangenya sempit aja tuh..
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]