Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: Ginji pada Maret 26, 2009, 01:18:05 PM

Judul: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Ginji pada Maret 26, 2009, 01:18:05 PM
kepada para forumer yang lain numpang nanya. Ini tentang percobaan ingenhousz
mana yang lebih bayak menghasilkan oksigen sama glukosa pada cahaya apa?
Biru? ???
Hijau? ???
Merah? ???
Kuning? ???
Cahaya matahari? ???
Judul: Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 26, 2009, 02:23:02 PM
.....kalo ini merupakan reaksi fotosintetis masih bisa dikaitkan pada biokimia cahaya yang paling baik ditangkap klorofil adalah cahaya yang berwarna biru (400-450 nanometer) dan merah (650-700 nanometer) dibandingkan hijau (500-600 nanometer). Cahaya hijau ini akan dipantulkan dan ditangkap oleh mata kita sehingga menimbulkan sensasi bahwa daun berwarna hijau. taukan tetumbuhan yang berwarna ijo kurang dan hampir tidakmenyerap cahaya hijau.....

Cahaya matahari? ???
cahay matahari yang merupakan spektrum cahaya tampak seharusnya.....
Judul: Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Ginji pada Maret 26, 2009, 02:27:29 PM
iyo tinggal masalahnya
mana yang lebih banyak mengahasilkan biru ato merah
masalahnya kalol merah kan terpanjang tapi biru lebih pendek dari merah dan dikatakan bahwa footosintesis berlangsung menggunakan energi makin banyak dengan panjang gelombang yang pendek
nah itu dia jadi permasalahan
Judul: Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 26, 2009, 02:39:59 PM
masalah banyak oksigen yang dihasilkan gitu ya..?gini kalo pake logika yah...reaksi fotosintetik kayak gini: 6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

dalam reaksi diperlihatkan foto sintetik akan lebih baik dengan menggunakan cahaya biru, maka otomatis kerja sistem pada reaksi terang(membutuhkan cahaya) akan maksimum dan menghasilkan glukosa yang lebihdari cukup dan melepaskan udara(oksigen) yang lebihdari cukup pula... akan lebih banyak hasil udara yang dihasilkan pada yang membuat tumbuhan semakin produktif, kesimpulannya adalah cahaya biru.....untuk tumbuhan yang biasa melakukan fotosintetik


Judul: Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Ginji pada Maret 26, 2009, 02:45:19 PM
hmm jadi biru trus terakhir nih kan kita lihat bahwa fotosintesis I kalo gak salah menggunakan panjang cahaya 680 nanometer dan fotosintesis II 700 nanometer. Tapi kok biru bisa ikutan
Judul: Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 26, 2009, 03:03:27 PM
...liat lagi keterangan yang kuberikan diatas, 650-700 nanometer dilakukan oleh cahaya warna merah...Di dalam daun, cahaya akan diserap oleh molekul klorofil untuk dikumpulkan pada pusat-pusat reaksi. Tumbuhan memiliki dua jenis pigmen yang berfungsi aktif sebagai pusat reaksi atau fotosistem yaitu fotosistem II dan fotosistem I. Fotosistem II terdiri dari molekul klorofil yang menyerap cahaya dengan panjang gelombang 680 nanometer, sedangkan fotosistem I (cahaya tadi). Kedua fotosistem ini akan bekerja secara simultan dalam fotosintesis, seperti dua baterai dalam senter yang bekerja saling memperkuat.

....lalu, Fotosintesis dimulai ketika cahaya mengionisasi molekul klorofil pada fotosistem II, membuatnya melepaskan elektron yang akan ditransfer sepanjang rantai transpor elektron. Energi dari elektron ini digunakan untuk fotofosforilasi yang menghasilkan ATP, satuan pertukaran energi dalam sel. Reaksi ini menyebabkan fotosistem II mengalami defisit atau kekurangan elektron yang harus segera diganti. Pada tumbuhan dan alga, kekurangan elektron ini dipenuhi oleh elektron dari hasil ionisasi air yang terjadi bersamaan dengan ionisasi klorofil. Hasil ionisasi air ini adalah elektron dan oksigen(ini nih oksigen yang didapat)....salah satu alasan lain kenapa biru lebih ditarik karena warna biru lebih mampu diserap oleh molekul daun yang berklorofil hijau, ketimbang merah....
Judul: Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Ginji pada Maret 26, 2009, 03:06:15 PM
wow thanx bro ;D ;D
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 05, 2016, 01:19:36 AM
Bagusnya warna putih, karena warna putih itu adalah warna terang maksimum, nantinya akan diserap tergantung kepentingan, makanya aku ragu kalau orang bilang matahari warnanya merah, pasti warna putih diluar angkasa.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Januari 05, 2016, 02:10:29 AM
makanya aku ragu kalau orang bilang matahari warnanya merah, pasti warna putih diluar angkasa.

Di ensiklopedi yang saya baca, matahari kita warnanya kuning.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 05, 2016, 03:22:59 AM
Di ensiklopedi yang saya baca, matahari kita warnanya kuning.

Wah yang betul? Saya baru tahu nih.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Januari 05, 2016, 06:56:42 AM
kan warna matahari oleh kita sebagai pengamat tergantung panjang gelombang cahayanya yg ditangkap mata. kalau pagi sama sore kan warnanya merah. kalo siang itu kuning. jadi berubah karena jarak matahari ke bumi juga berubah. meskipun demikian sebenarnya yg menentukan warna suatu objek adalah warna substractive dan warna addictive. klo ga salah dengernya gitu.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Januari 05, 2016, 10:47:53 AM
Di ensiklopedi yang saya baca disebutkan kalau ada bintang berwarna putih, ada bintang berwarna merah, ada bintang berwarna biru, dan ada bintang berwarna kuning. Matahari termasuk bintang yang berwarna kuning.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 05, 2016, 11:50:59 AM
Di ensiklopedi yang saya baca disebutkan kalau ada bintang berwarna putih, ada bintang berwarna merah, ada bintang berwarna biru, dan ada bintang berwarna kuning. Matahari termasuk bintang yang berwarna kuning.

Berarti udah mati ya? Kalau warna kuning di jarak jutaan kilometer.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Januari 06, 2016, 08:17:56 AM
Di ensiklopedi yang saya baca disebutkan kalau ada bintang berwarna putih, ada bintang berwarna merah, ada bintang berwarna biru, dan ada bintang berwarna kuning. Matahari termasuk bintang yang berwarna kuning.

oh mungkin yg dimaksud warna bintang tsb bukan merujuk pada efek Doppler kali ya.
kalau warna matahari itu sebenarnya tidak sepenuhnya kuning. inti matahari itu api putih akibat dari reaksi fusi. suhu api putih diatas 2000 derajat celcius. mungkin ada reaksi unsur kimia tertentu pada bintang sehingga mempengaruhi warnanya. soalnya sy pernah baca tulisan tetang trik menciptakan warna api yg berbeda-beda pada lilin dengan pembakaran unsur kimia tertentu atau unsur golongan alkali / alkali tanah.

gwa copas :

1. Red Strontium Chloride = api merah (pakai Stronsium)
2. Orange Calcium Chloride = api oranye (pakai Kalsium)
3. Yellow Sodium Chloride = api kuning (pakai Sodium)
4. Green Copper Sulfate = api hijau
5. Blue Copper Chloride = api biru
6. Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate = api ungu
7. White Magnesium Sulfate = api putih (pake Magnesium. Dan terakhir kalau semua bahan itu dicampur akan menghasilkan api warna warni)

*entah lah kalau bintang soalnya terjadi secara alami. mungkin pd bintang kasusnya mirip ky gitu.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Januari 06, 2016, 10:37:31 AM
Iya, sepertinya efek Doppler. Btw baca warna-warna api di atas saya malah jadi ingat Katekyo Hitman Reborn...
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 06, 2016, 11:51:20 PM
Waktu itu pernah ada percobaan peledakan nuklir di luar angkasa di rusia, memang gelap malam jadi warna putih beberapa detik. Padahal itu nuklir yang tergolong dahsyat.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Januari 07, 2016, 07:13:05 AM
Iya, sepertinya efek Doppler. Btw baca warna-warna api di atas saya malah jadi ingat Katekyo Hitman Reborn...

lho jadi memang karena efek Doppler toh yg di ensiklopedi??? saya kirain tadi krn unsur kimia.
kalau begitu memang karena faktor jarak donk. tapi kalau warna matahari faktor penentunya bukan karena efek Doppler saja. karena ketika masuk ke atmosfer bumi, cahaya dihamburkan, sehingga wavelength menjadi lebih panjang. dan mampu mengubah warna matahari bahkan langit dalam pandangan mata.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: nʇǝʌ∀ pada Januari 08, 2016, 05:27:21 AM
betul. yang menentukan warna cahaya bukan cuma efek Doppler saja. jadi penasaran juga atas dasar apa referensi buku menggambarkan warna asli matahari adalah kuning. tapi mungkin juga karena unsur kimia seperti yg anda sebutkan. selebihnya adalah panjang gelombang.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 08, 2016, 10:15:05 PM
lho jadi memang karena efek Doppler toh yg di ensiklopedi??? saya kirain tadi krn unsur kimia.
kalau begitu memang karena faktor jarak donk. tapi kalau warna matahari faktor penentunya bukan karena efek Doppler saja. karena ketika masuk ke atmosfer bumi, cahaya dihamburkan, sehingga wavelength menjadi lebih panjang. dan mampu mengubah warna matahari bahkan langit dalam pandangan mata.

Ah menarik juga nih wavelength bisa dipanjangkan, berarti oleh atmosfer ya? Berarti memang benar ada beberapa gas yang bisa meng-excite cahaya sehingga dari lemah jadi kuat, dari pendek jadi panjang. Kayaknya kabel fiber optik juga bekerja seperti ini. Hanya saja saya mengimani kalau matahari itu warnanya putih. Satelit di alam semesta sendiri kalau memotret matahari bagaimana?
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Januari 09, 2016, 07:51:02 AM
Ah menarik juga nih wavelength bisa dipanjangkan, berarti oleh atmosfer ya? Berarti memang benar ada beberapa gas yang bisa meng-excite cahaya sehingga dari lemah jadi kuat, dari pendek jadi panjang. Kayaknya kabel fiber optik juga bekerja seperti ini. Hanya saja saya mengimani kalau matahari itu warnanya putih. Satelit di alam semesta sendiri kalau memotret matahari bagaimana?

sebenarnya terbalik, mas.
semakin panjang wavelength justru frekuensi semakin kecil. jadi semakin lemah lho. di atmosfer, cahaya memang dihamburkan sehingga spektrumnya berubah menuju spektrum merah.  pernah dengan efek Compton kan? fenomena cahaya matahari dihamburkan oleh atmosfer bumi termasuk salah satu contohnya.

kalau soal satelit sy masih kurang jelas maksudnya. apa anda mungkin berpendapat matahari tidak bisa diprotret dari jarak tertentu?
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Farabi pada Januari 09, 2016, 11:10:35 AM
Maksudnya, dari satelit, waktu memoto matahari, itu warnanya apa? Putih atau bukan?
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Januari 10, 2016, 09:38:34 AM
Maksudnya, dari satelit, waktu memoto matahari, itu warnanya apa? Putih atau bukan?

Kalau sepenglihatan saya, foto-foto matahari yang diambil dari luar angkasa warnanya jingga.
Judul: Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Januari 11, 2016, 02:10:32 AM
saya sulit menjawab pertanyaan sdr. Farabi. karena tidak semua satelit memiliki kualitas penginderaan yang sama. dan tidak semua satelit dilengkapi alat semacam teleskop. ada satelit yang khusus mendeteksi gelombang micro. ada juga yg dirancang untuk mendeteksi gelombang ultraviolet, dsb. kalau cari foto matahari di google, kebanyakan warna kuning/jingga. tapi saya ngak tahu dari jarak berapa km dari matahari atau permukaan bumi satelit tsb memfoto matahari. mungkin kalau kebanyakan warna jingga/kuning berarti jarak matahari ke bumi rata2 menghasilkan spektrum kuning atau jingga dari pengamat di satelit.

di matahari, ada letupan dahsyat yg bisa muncul setiap saat. dan kalau diamati maka akan terlihat spektrum merah. padahal energinya besar. harusnya spektrumnya biru. tapi sepertinya karena faktor atmosfer, maka elektronnya dipendarkan. jadi panjang gelombang bertambah sehingga keliatan merah. CMIIW.

dan boleh jadi, apa yg diamati di matahari atau bintang tidak semuanya kelihatan karena spketrum nila dan ungu tidak kelihatan mata dan teleskop biasa jadi perlu instrumen khusus. kalo nggak salah saya pernah lihat alat khusus untuk mendeteksi spektrum tidak tampak. dan kelihatan warna matahari biru.

jadi warna apa yg muncul ketika satelit memotret matahari di luar angkasa? ya jawabannya relatif....