Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 05, 2021, 05:05:13 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 299
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 60
Total: 60

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan  (Dibaca 66368 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« pada: Maret 26, 2009, 01:18:05 PM »
kepada para forumer yang lain numpang nanya. Ini tentang percobaan ingenhousz
mana yang lebih bayak menghasilkan oksigen sama glukosa pada cahaya apa?
Biru? ???
Hijau? ???
Merah? ???
Kuning? ???
Cahaya matahari? ???

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #1 pada: Maret 26, 2009, 02:23:02 PM »
.....kalo ini merupakan reaksi fotosintetis masih bisa dikaitkan pada biokimia cahaya yang paling baik ditangkap klorofil adalah cahaya yang berwarna biru (400-450 nanometer) dan merah (650-700 nanometer) dibandingkan hijau (500-600 nanometer). Cahaya hijau ini akan dipantulkan dan ditangkap oleh mata kita sehingga menimbulkan sensasi bahwa daun berwarna hijau. taukan tetumbuhan yang berwarna ijo kurang dan hampir tidakmenyerap cahaya hijau.....

Cahaya matahari? ???
cahay matahari yang merupakan spektrum cahaya tampak seharusnya.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #2 pada: Maret 26, 2009, 02:27:29 PM »
iyo tinggal masalahnya
mana yang lebih banyak mengahasilkan biru ato merah
masalahnya kalol merah kan terpanjang tapi biru lebih pendek dari merah dan dikatakan bahwa footosintesis berlangsung menggunakan energi makin banyak dengan panjang gelombang yang pendek
nah itu dia jadi permasalahan

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #3 pada: Maret 26, 2009, 02:39:59 PM »
masalah banyak oksigen yang dihasilkan gitu ya..?gini kalo pake logika yah...reaksi fotosintetik kayak gini: 6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

dalam reaksi diperlihatkan foto sintetik akan lebih baik dengan menggunakan cahaya biru, maka otomatis kerja sistem pada reaksi terang(membutuhkan cahaya) akan maksimum dan menghasilkan glukosa yang lebihdari cukup dan melepaskan udara(oksigen) yang lebihdari cukup pula... akan lebih banyak hasil udara yang dihasilkan pada yang membuat tumbuhan semakin produktif, kesimpulannya adalah cahaya biru.....untuk tumbuhan yang biasa melakukan fotosintetik



Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #4 pada: Maret 26, 2009, 02:45:19 PM »
hmm jadi biru trus terakhir nih kan kita lihat bahwa fotosintesis I kalo gak salah menggunakan panjang cahaya 680 nanometer dan fotosintesis II 700 nanometer. Tapi kok biru bisa ikutan

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #5 pada: Maret 26, 2009, 03:03:27 PM »
...liat lagi keterangan yang kuberikan diatas, 650-700 nanometer dilakukan oleh cahaya warna merah...Di dalam daun, cahaya akan diserap oleh molekul klorofil untuk dikumpulkan pada pusat-pusat reaksi. Tumbuhan memiliki dua jenis pigmen yang berfungsi aktif sebagai pusat reaksi atau fotosistem yaitu fotosistem II dan fotosistem I. Fotosistem II terdiri dari molekul klorofil yang menyerap cahaya dengan panjang gelombang 680 nanometer, sedangkan fotosistem I (cahaya tadi). Kedua fotosistem ini akan bekerja secara simultan dalam fotosintesis, seperti dua baterai dalam senter yang bekerja saling memperkuat.

....lalu, Fotosintesis dimulai ketika cahaya mengionisasi molekul klorofil pada fotosistem II, membuatnya melepaskan elektron yang akan ditransfer sepanjang rantai transpor elektron. Energi dari elektron ini digunakan untuk fotofosforilasi yang menghasilkan ATP, satuan pertukaran energi dalam sel. Reaksi ini menyebabkan fotosistem II mengalami defisit atau kekurangan elektron yang harus segera diganti. Pada tumbuhan dan alga, kekurangan elektron ini dipenuhi oleh elektron dari hasil ionisasi air yang terjadi bersamaan dengan ionisasi klorofil. Hasil ionisasi air ini adalah elektron dan oksigen(ini nih oksigen yang didapat)....salah satu alasan lain kenapa biru lebih ditarik karena warna biru lebih mampu diserap oleh molekul daun yang berklorofil hijau, ketimbang merah....

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #6 pada: Maret 26, 2009, 03:06:15 PM »
wow thanx bro ;D ;D

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #7 pada: Januari 05, 2016, 01:19:36 AM »
Bagusnya warna putih, karena warna putih itu adalah warna terang maksimum, nantinya akan diserap tergantung kepentingan, makanya aku ragu kalau orang bilang matahari warnanya merah, pasti warna putih diluar angkasa.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #8 pada: Januari 05, 2016, 02:10:29 AM »
makanya aku ragu kalau orang bilang matahari warnanya merah, pasti warna putih diluar angkasa.

Di ensiklopedi yang saya baca, matahari kita warnanya kuning.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #9 pada: Januari 05, 2016, 03:22:59 AM »
Di ensiklopedi yang saya baca, matahari kita warnanya kuning.

Wah yang betul? Saya baru tahu nih.

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #10 pada: Januari 05, 2016, 06:56:42 AM »
kan warna matahari oleh kita sebagai pengamat tergantung panjang gelombang cahayanya yg ditangkap mata. kalau pagi sama sore kan warnanya merah. kalo siang itu kuning. jadi berubah karena jarak matahari ke bumi juga berubah. meskipun demikian sebenarnya yg menentukan warna suatu objek adalah warna substractive dan warna addictive. klo ga salah dengernya gitu.
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #11 pada: Januari 05, 2016, 10:47:53 AM »
Di ensiklopedi yang saya baca disebutkan kalau ada bintang berwarna putih, ada bintang berwarna merah, ada bintang berwarna biru, dan ada bintang berwarna kuning. Matahari termasuk bintang yang berwarna kuning.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #12 pada: Januari 05, 2016, 11:50:59 AM »
Di ensiklopedi yang saya baca disebutkan kalau ada bintang berwarna putih, ada bintang berwarna merah, ada bintang berwarna biru, dan ada bintang berwarna kuning. Matahari termasuk bintang yang berwarna kuning.

Berarti udah mati ya? Kalau warna kuning di jarak jutaan kilometer.

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #13 pada: Januari 06, 2016, 08:17:56 AM »
Di ensiklopedi yang saya baca disebutkan kalau ada bintang berwarna putih, ada bintang berwarna merah, ada bintang berwarna biru, dan ada bintang berwarna kuning. Matahari termasuk bintang yang berwarna kuning.

oh mungkin yg dimaksud warna bintang tsb bukan merujuk pada efek Doppler kali ya.
kalau warna matahari itu sebenarnya tidak sepenuhnya kuning. inti matahari itu api putih akibat dari reaksi fusi. suhu api putih diatas 2000 derajat celcius. mungkin ada reaksi unsur kimia tertentu pada bintang sehingga mempengaruhi warnanya. soalnya sy pernah baca tulisan tetang trik menciptakan warna api yg berbeda-beda pada lilin dengan pembakaran unsur kimia tertentu atau unsur golongan alkali / alkali tanah.

gwa copas :

1. Red Strontium Chloride = api merah (pakai Stronsium)
2. Orange Calcium Chloride = api oranye (pakai Kalsium)
3. Yellow Sodium Chloride = api kuning (pakai Sodium)
4. Green Copper Sulfate = api hijau
5. Blue Copper Chloride = api biru
6. Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate = api ungu
7. White Magnesium Sulfate = api putih (pake Magnesium. Dan terakhir kalau semua bahan itu dicampur akan menghasilkan api warna warni)

*entah lah kalau bintang soalnya terjadi secara alami. mungkin pd bintang kasusnya mirip ky gitu.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:pengaruh spektrum cahaya terhadap tumbuhan
« Jawab #14 pada: Januari 06, 2016, 10:37:31 AM »
Iya, sepertinya efek Doppler. Btw baca warna-warna api di atas saya malah jadi ingat Katekyo Hitman Reborn...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
7524 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 06, 2008, 04:04:49 PM
oleh peregrin
10 Jawaban
18237 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2009, 10:38:36 PM
oleh syx
5 Jawaban
8070 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 10, 2012, 07:38:42 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
11056 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2011, 03:01:39 PM
oleh 12
11 Jawaban
23659 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2011, 04:02:43 AM
oleh 12