Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 13, 2021, 07:23:45 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 166
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 116
Total: 116

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Penyakit keturunan  (Dibaca 20042 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Penyakit keturunan
« pada: Juli 06, 2009, 04:04:30 AM »
Ada yang tau apa syaratnya sebuah penyakit dikatakan menurun atau tidak? Makasi sebelumnya!
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Penyakit yang menurun
« Jawab #1 pada: Juli 08, 2009, 01:49:47 PM »
Karena sifat (kelainan genetis) tadi sudah ada pada gennya?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Penyakit yang menurun
« Jawab #2 pada: Juli 13, 2009, 05:51:32 AM »
Menurun jika terpaut secara genetik... kalau dalam biologi sederhana, katakanlah ada terpaut autosom dan terpaut sex. Misalkan buta warna, adalah penyakit menurun terpaut sex... namun belum tentu yang bapaknya / ibunya buta warna, akan ikut-ikutan buta warna... Lelaki dengan kromosom sex XY (normal), buta warna bila XcbY, wanita normal adalah XX, bila XcbXcb maka buta warna, sedangkan XcbX disebut karier, artinya tidak buta warna, namun anaknya bisa jadi kena buta warna. Misalkan lelaki buta warna (XcbY) kawin dengan wanita karier (XcbX), dan keluar anak lelaki, ada kemungkinan 50% dia buta warna... dan apabila wanita itu buta warna, kawin dengan ayah buta warna, pasti anak lelakinya buta warna, karena X didonorkan dari ibu, dan semua X nya ibu sudah ada cb nya.... gitu lah kira-kiranya untuk penyakit menurun. Sedangkan penyakit yang tidak menurun ya seperti malaria, demam berdarah, dll. Biasanya penyakit menurun tidak menular, penyakit yang tidak menurun kemungkinan bisa menular.
"The pen is mightier than the sword"

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Penyakit yang menurun
« Jawab #3 pada: Juli 17, 2009, 07:25:39 AM »
Menurun jika terpaut secara genetik... kalau dalam biologi sederhana, katakanlah ada terpaut autosom dan terpaut sex. Misalkan buta warna, adalah penyakit menurun terpaut sex... namun belum tentu yang bapaknya / ibunya buta warna, akan ikut-ikutan buta warna... Lelaki dengan kromosom sex XY (normal), buta warna bila XcbY, wanita normal adalah XX, bila XcbXcb maka buta warna, sedangkan XcbX disebut karier, artinya tidak buta warna, namun anaknya bisa jadi kena buta warna. Misalkan lelaki buta warna (XcbY) kawin dengan wanita karier (XcbX), dan keluar anak lelaki, ada kemungkinan 50% dia buta warna... dan apabila wanita itu buta warna, kawin dengan ayah buta warna, pasti anak lelakinya buta warna, karena X didonorkan dari ibu, dan semua X nya ibu sudah ada cb nya.... gitu lah kira-kiranya untuk penyakit menurun. Sedangkan penyakit yang tidak menurun ya seperti malaria, demam berdarah, dll. Biasanya penyakit menurun tidak menular, penyakit yang tidak menurun kemungkinan bisa menular.

Makasi jawabannya.......
Itu membantu sekali...........

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
Penyakit keturunan
« Jawab #4 pada: November 30, 2009, 09:24:48 AM »
apa saja macam kelainan n penyakit genetik itu??? tlg kasih penjelasan lengkapnya juga.... terima kasih...  :)

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #5 pada: November 30, 2009, 01:01:52 PM »
Mungkin kalo yang begini mas..Hendy jagonya..ditunggu jawabannya..
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline alf

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 205
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
genetik
« Jawab #6 pada: Desember 01, 2009, 05:51:31 AM »
pa ja sih yg trmsk penyakit to kelainan genetik??? apkh t bs disembuhkan????

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: genetik
« Jawab #7 pada: Desember 01, 2009, 07:20:59 AM »
Kayaknya Mas hendy...deh..yang kompetensinya cocok menjawab pertanyaan bung..alf..

Offline t_ita_n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
  • life is fun :D
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #8 pada: Desember 05, 2009, 12:55:45 AM »
contoh beberapa penyakit herediter yaitu

 albino : orang yg tdk mempunyai pigmentasi dalam tubuhnya, disebabkan oleh gen resesip a (dr kata albus)

 butawarna : orang yg tdk dapat membedakan warna merah dan hijau, disebabkan oleh gen resesip c (dr kata colorblind) yg terdapat pada kromosom X

 hemofilia :penyakit herediter yg mengakibatkan darah sukar membeku saat terluka

 klo ada yg salah tolong dibetulkan  :D
:D :D :D

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #9 pada: Desember 05, 2009, 03:23:50 AM »
Banyak sekali penyakit genetik. Metode pewarisannya juga beragam, bisa terpaut alel autosom atau terpaut kromosom sex, atau di genom mitokondria (ingat, DNA bukan hanya di nukleus). Contoh yang sering dibahas adalah hemofilia, buta warna, albino, PKU, Tay Sachs, Polidaktil, Cystic Fibrosis, dll. Kalau nanya jangan terlalu luas dong, masa dibahas satu per satu? Padahal sudah banyak pembahasan mengenai hal itu di forum ini, seperti di:
http://www.forumsains.com/biologi/pink-dolphin/
http://www.forumsains.com/biologi/haemophilia-the-royal-disease/
http://www.forumsains.com/biologi/penyakit-yang-menurun/
http://www.forumsains.com/biologi/polydactyly/
dan masih banyak lagi.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #10 pada: Desember 05, 2009, 07:44:11 AM »
thanks, bio... topik kita gabung dengan penyakit yang menurun... untuk yg lain bisa disebut pembahasan khusus. tapi kalo misalnya ada pemikiran perlu digabung ok aja. gimana momod milmi?

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #11 pada: Desember 05, 2009, 08:41:16 AM »
contoh beberapa penyakit herediter yaitu

 albino : orang yg tdk mempunyai pigmentasi dalam tubuhnya, disebabkan oleh gen resesip a (dr kata albus)

 butawarna : orang yg tdk dapat membedakan warna merah dan hijau, disebabkan oleh gen resesip c (dr kata colorblind) yg terdapat pada kromosom X

 hemofilia :penyakit herediter yg mengakibatkan darah sukar membeku saat terluka

 klo ada yg salah tolong dibetulkan  :D

Bukannya cb?

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #12 pada: Desember 05, 2009, 10:17:53 AM »
Tapi jagan lupa...ada juga yang terkait dengan DNA di mitokondria...Jadi ada suatu penyakit...genetik..yang diwariskan dari Ibu keseluruh anaknya...Cuma saya maasih belum paham nanti saya cari dulu referensinya...

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Penyakit keturunan
« Jawab #13 pada: Desember 10, 2009, 10:31:32 AM »
Setuju momod syx
...setetes air di samudera luas...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Biobio
« Jawab #14 pada: Desember 10, 2009, 04:06:31 PM »
@phice = cb untuk colorblind, tapi dalam penghitungan mau pakai a,b,c,z,anjing,dog,caca,rujak,gapapa... Cuma simbol saja
@r.a.n= Benar sekali, sudah saya bahas di atas tuh, dan ciri khas penyakit yang melibatkan genom mitokondria adalah pasti diwariskan dari induk maternal.

Pembahasan mengenai analisa pedigree silahkan buka di Pedigree Analysis For Beginner. Baru tadi siang saya bikin.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
12792 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2009, 05:10:48 AM
oleh paladin-x
67 Jawaban
32772 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2010, 11:34:34 AM
oleh Anak_Yang_Ingin_taHu
0 Jawaban
2549 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 24, 2009, 04:48:10 AM
oleh Nabih
10 Jawaban
24837 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 20, 2012, 01:47:07 PM
oleh PriaSehat
2 Jawaban
4480 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 20, 2011, 12:40:34 PM
oleh Icha