Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 20, 2021, 12:13:11 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 53
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Percaya atau tidak ???  (Dibaca 24704 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline FAHMI_T

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Science Is Life Education
Percaya atau tidak ???
« pada: April 28, 2011, 11:16:38 PM »
Percaya apa ngga sih kalau kita itu dulunya keturunan monyet?  ???

Teori yang mengklaim bahwa manusia berasal dari keturunan kera, pertama kali dicetuskan oleh Charles Darwin, seorang yang amatir di bidang pengetahuan alam yang membuat teori evolusi ini...
darwin percaya bahwa organisme melakukan sebuah evolusi dari sistem yang sederhana menjadi organisme dengan sistem yang lebih kompleks... :o

namun seiring banyak ditemukannya berbagai macam penemuan fosil oleh para arkeolog, membuktikan bahwa makhluk di zaman dahulu tidak terlalu berbeda dengan yang ada di zaman sekarang.  :-\

dalam bukunya the origins of species darwin pun memaparkan akan keraguan terhadap teori yang ia buat sendiri... ironis bukan???

jadi kita harus tetap memiliki keimanan bahwa setiap makhluk hidup diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, dengan segala jenis keragaman dan species yang memang telah ditentukan dan bukan berasal dari organisme yang melakukan evolusi :angel:

diskusi dibuka... ;D
el_kasyafie

Offline obbiq

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
  • "Science Is Mistery"
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #1 pada: April 28, 2011, 11:22:04 PM »
kalo ane sih  percaya prof ...

soalnya monyet lebih dulu ada daripada manusia,, udah gitu manusia dan monyet memang hampir mempunyai bentuk yg sama :)
"My Life Is My Adventure"

Offline FAHMI_T

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Science Is Life Education
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #2 pada: April 28, 2011, 11:42:20 PM »
thank's commentnya prof...
mungkin prof percaya karena telah banyak ditemukannya fosil tengkorak manusia purba seperti Meganthropus atau yang lainnya...

tapi setelah diteliti, itu ternyata gabungan tengkorak manusia dengan rahang kera besar...gimana???

untuk sumber keruntuhan teori darwin ini, bisa liat film dokumenternya Harun Yahya.. keren banget...

Offline obbiq

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
  • "Science Is Mistery"
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #3 pada: April 29, 2011, 01:27:12 AM »
bisa minta link utk film dokumentarnya ???

mungkin ane bisa dapet sesuatu dari ntu film :o

Offline FAHMI_T

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Science Is Life Education
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #4 pada: April 30, 2011, 01:28:50 AM »
mungkin search aja di youtube judulnya keruntuhan teori evolusi,harun yahya
ane lupa link nya prof

Offline obbiq

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
  • "Science Is Mistery"
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #5 pada: April 30, 2011, 01:43:58 AM »
owh nggak apa-apa

tapi judulnya apa tuh ???

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #6 pada: April 30, 2011, 05:17:54 AM »
Lagi-lagi monyetis...

Monyet dan kera itu beda. Manusia, simpanse, bonobo, orang utan, gorilla, semua masuk keluarga kera besar. Kelurga kera besar dan keluarga monyet masuk super keluarga kera. Monyet tidak pernah menjadi moyang manusia, dalam pohon evolusi mereka lebih dulu terpisah evolusinya dibanding keluarga kera lain.

Darwin seorang yang amatir? Tergantung dari mana anda melihat. Darwin belajar biologi langsugn dari ahlinya, dan dia melakukan epnelitian langsugn ke lapangan, juga mempelajari sekian banyak tulisan, termausk dari Alfred Russel Wallace yang meneliti langsung di kalimantan.

Dan temuan fosil saat ini justru makin memperkuat teori evolusi, bukan meruntuhkannya.

Ketahuan, TSnya belajar dari Harun Yahya, seseorang yang justru super amatir dibanding Darwin, karena HY tidak pernah belajar biologi secara akademis, dan juga tak pernah meneliti secara langsung, modalnya cuma copas dan quote mining :D

Offline Blue_Rain

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 104
  • IQ: 1
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #7 pada: April 30, 2011, 02:16:19 PM »
Sebenernya gak bisa langsung disimpulkan bahwa inti dari teori evolusi Darwin adalah "Manusia berasal dari kera/sejenisnya", mungkin itu kesimpulan yang kita ambil secara ekstrimnya aja..

Evolusi adalah akibat dari adanya seleksi alam (Menurut Darwin) hal ini berdasarkan pengamatan beliau di Kepulauan Galapagos yang menemukan berbagai jenis paruh burung Finch...,

Tapi sekarang ini teori evolusi Darwin sering dikait-kaitkan dengan 'kera jadi manusia', tentu saja agak menyimpang dari teori evolusi Darwin pada awalnya..

Moga" dapat membantu..

 ;) ;)
The Rain Always Blue...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #8 pada: Mei 01, 2011, 02:08:43 AM »
Sebenernya gak bisa langsung disimpulkan bahwa inti dari teori evolusi Darwin adalah "Manusia berasal dari kera/sejenisnya", mungkin itu kesimpulan yang kita ambil secara ekstrimnya aja..

Evolusi adalah akibat dari adanya seleksi alam (Menurut Darwin) hal ini berdasarkan pengamatan beliau di Kepulauan Galapagos yang menemukan berbagai jenis paruh burung Finch...,

Tapi sekarang ini teori evolusi Darwin sering dikait-kaitkan dengan 'kera jadi manusia', tentu saja agak menyimpang dari teori evolusi Darwin pada awalnya..

Moga" dapat membantu..

 ;) ;)
Evolusi manusia juga bagian dari teori evolusi, karena biologi tidak memberi keistimewaan pada manusia sebagai 'satu-satunya makhluk yang tak brevolusi' atau sejenisnya. Dalam buku kedua Darwin, The Descent of Man, memang ada membahas soal manusia dan kera memiliki moyang bersama. Bagian ini sering sekali ditafsirkan keliru oleh kreasionis, mereka menafsirkan bahwa manusia adalah keturunan kera yang eksis saat ini. Atau yang parah saat level 'monyetis', mengira teori evolusi bilang manusia keturunan monyet.


Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #9 pada: Mei 01, 2011, 02:17:03 AM »
thank's commentnya prof...
mungkin prof percaya karena telah banyak ditemukannya fosil tengkorak manusia purba seperti Meganthropus atau yang lainnya...

tapi setelah diteliti, itu ternyata gabungan tengkorak manusia dengan rahang kera besar...gimana???
Gabungan tengkorak manusia dan kera? AFAIK, ini kasus Piltdown man kan? Ini kasus yang sudah selesai lebih setengah abad silam, tapi masih sering diungkit-ungkit kreasionis dan dibesar-besarkan.

Di masa lalu, saat belum banyak fosil manusia purba ditemukan, ada dua argumen yang berkembang. Apakah volume otak yang berkembang duluan, atau rahang yang berkembang? Temuan Piltdown Man tidak ada korelasi khusus dengan kekerabatan manusia dan kera (karena ilmuwan umumnya sudah menyepakati hal itu), tapi lebih pada dimajukannya pandangan bahwa volume otak yang berkembang duluan. Namun temuan ini kemudian tidak sinkrin dengan temuan fosil-fosil berikut, yang menunjukkan rahanglah yang berkembang duluan.

Dengan kata lain, kasus Piltdown Man justru menjadi penghambat perkembangan teori evolusi, dan karenanya amat konyol klaim yang menyatakan piltdown man sengaja dipalsukan untuk membela teori evolusi. Juga ada propaganda konyol yang mengatakan adanya 500 tesis kedokteran yang dibuat seputar Piltdown Man, karena kenyataannya di masa lalu tesis tidak dibuat sebanyak itu. yang benar adalah ada sekitar 500tulisan (temasuk di surat kabar atau majalah) tentang Piltdown man.

Dan Meganthropus (sekarnag dianggap termasuk erectus) sama sekali bukan pemalsuan. Kasus mana yang mau dianggap pemalsuan fosil manusia purba?

Offline Vulpes vulpes

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #10 pada: Mei 16, 2011, 04:42:34 AM »
M...
Katanya kan gen manusia ke babi lebih deket drpd manusia ke monyet...
Tapi masa manusia dari babi sih?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #11 pada: Mei 16, 2011, 06:18:14 AM »
M...
Katanya kan gen manusia ke babi lebih deket drpd manusia ke monyet...
Tapi masa manusia dari babi sih?
Propaganda usang.

Yang mirip antara manusia ke babi itu bagian mananya?lagian yang paling dekat genetikanya itu bukan monyet (yang bahkan gak masuk kelaurga kera besar), tapi simpanse dan bonobo.

Babi memiliki beberapa kemiripan dalam hal organ tubuh, tapi jika bicar anatomi atau genetika, babi gak semiirp keluarga keralain.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #12 pada: Mei 16, 2011, 10:19:03 AM »
Kutip
Asal Usul Bumi Dan Manusia Menurut Agama Buddha

Vasettha, terdapat suatu saat, cepat atau lambat, setelah suatu masa yang lama sekali, ketika dunia ini hancur. Dan ketika hal ini terjadi, umumnya mahluk-mahluk terlahir kembali di Abhassara (alam cahaya); di sana mereka hidup dari ciptaan batin (mano maya), diliputi kegiuran, memiliki tubuh yang bercahaya, melayang-layang di angkasa, hidup dalam kemegahan. Mereka hidup demikian dalam masa yang lama sekali.
 Pada waktu itu (bumi kita ini) semuanya terdiri dari air, gelap gulita. Tidak ada matahari atau bulan yang nampak, tidak ada bintang-bintang maupun konstelasi-konstelasi yang kelihatan; siang maupun malam belum ada, ..... laki-laki maupun wanita belum ada. Mahluk-mahluk hanya dikenal sebagai mahluk-mahluk saja.

 Vasettha, cepat atau lambat setelah suatu masa yang lama sekali bagi mahluk-mahluk tersebut, tanah dengan sarinya muncul keluar dari dalam air. Sama seperti bentuk-bentuk buih (busa) di permukaan nasi susu masak yang mendingin, demikianlah munculnya tanah itu. Tanah itu memiliki warna, bau dan rasa. Sama seperti dadi susu atau mentega murni, demikianlah warna tanah itu; sama seperti madu tawon murni, demikianlah manis tanah itu. Kemudian Vasettha, di antara mahluk-mahluk yang memiliki sifat serakah (lolajatiko) berkata : 'O apakah ini? Dan mencicipi sari tanah itu dengan jarinya. Dengan mencicipinya, maka ia diliputi oleh sari itu, dan nafsu keinginan masuk dalam dirinya. Mahluk-mahluk lainnya mengikuti contoh perbuatannya, mencicipi sari tanah itu dengan jari-jari ..... mahluk-mahluk itu mulai makan sari tanah, memecahkan gumpalan-gumpalan sari tanah tersebut dengan tangan mereka. Dan dengan melakukan hal ini, cahaya tubuh mahluk-mahluk itu lenyap. Dengan lenyapnya cahaya tubuh mereka, maka matahari, bulan, bintang-bintang dan konstelasi-konstelasi nampak ..... siang dan malam ..... terjadi.


Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #13 pada: Mei 17, 2011, 01:39:32 AM »
Propaganda usang.

Yang mirip antara manusia ke babi itu bagian mananya?lagian yang paling dekat genetikanya itu bukan monyet (yang bahkan gak masuk kelaurga kera besar), tapi simpanse dan bonobo.

Babi memiliki beberapa kemiripan dalam hal organ tubuh, tapi jika bicar anatomi atau genetika, babi gak semiirp keluarga keralain.

Khihihi48x... Biasalah Pi... Masih banyak orang yg belum bisa ngebedain monyet (monkey) sama kera (ape)...

Errr... Chotto matte... Jadi babi itu primata?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Percaya atau tidak ???
« Jawab #14 pada: Mei 17, 2011, 02:49:52 AM »
Errr... Chotto matte... Jadi babi itu primata?
Nope.

Yang kumaksud, secara genetika dan anatomi, babi gak semirip super keluarga kera

*Ada asbuner yang mau jual kecap tafsiran suka-suka lagi,ignored*
« Edit Terakhir: Mei 17, 2011, 02:55:11 AM oleh Pi-One »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
125 Jawaban
64642 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2013, 01:12:51 PM
oleh mhyworld
5 Jawaban
6817 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2011, 08:29:57 AM
oleh syx
7 Jawaban
8672 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 03, 2011, 10:55:30 PM
oleh Shuez
3 Jawaban
3739 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 28, 2016, 11:39:48 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
925 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 23, 2018, 12:30:27 AM
oleh Pi-One