Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 22, 2022, 10:03:44 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26747
  • Latest: loutlos
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10386
  • Online Today: 51
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?  (Dibaca 5164 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?
« pada: Juli 21, 2008, 01:26:47 PM »
Tanya lagi  ;D

Kenapa kalo ngupas bawang suka keluar air mata? Bukan karena pengen nangis yang pasti  :P

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?
« Jawab #1 pada: Juli 21, 2008, 10:58:53 PM »
ah... curang....!! 

Sebenarnya... Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang menanya.  ;D

Btw.. mau dijawab langsung atau nunggu postingan yang lain dulu... hehehehe... ^_^
Soalnya di buku yang sudah di kupas di sini jawabannya udah ada...  ;)

*diam dulu ah.... pura-pura gak tahu...!!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?
« Jawab #2 pada: Juli 21, 2008, 11:02:40 PM »
ckckck.... hei bung, fitnah lebih kejam daripada tidak memfitnah  >:(
Wong nanya kok malah diledek, gimana sih  >:(
Kalo tau jawabannya, kasi tau dong, jangan pelit begitu.

Keren kan akting gw  8) haha.... eh, itu buku mayan juga ya  keknya, ntar kalo sempet gw cari deh
ato lebih baik lagi kalo dipinjemin sih  ;D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2008, 12:17:31 AM »
Karena saat bawang dikupas, dia melepas zat... gak tahu namanya :-[ Yang jelas zat itu kalo kena mata akan menimbulkan efek perih dan sejenisnya, dan mata mengeluarkan air mata untuk menetralisir efeknya dan menyejukkan mata...

Benar gak ya?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2008, 03:23:09 AM »
kalo ga salah namanya sulfenic acid...

cheloniamydas

  • Pengunjung
Re: Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?
« Jawab #5 pada: Juli 22, 2008, 05:13:59 AM »
makanya ibu2 tuh kalau ngupas bawang jangan sambil nonton sinetron mulu, ini mah efek sampingnya :P

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?
« Jawab #6 pada: Juli 24, 2008, 04:31:28 AM »
Ketemu nih penjelasannya di internet:

Kutip dari:  Scott, Thomas. "What is the chemical process that causes my eyes to tear when I peel an onion?". Ask the Experts: Chemistry. Scientific American
As onions are sliced, cells are broken, allowing enzymes called alliinases to break down amino acid sulphoxides and generate sulphenic acids. Sulphenic acids are unstable and spontaneously rearrange into a volatile gas called syn-propanethial-S-oxide. The gas diffuses through the air and eventually reaches the eye, where it reacts with the water to form a diluted solution of sulphuric acid. This acid irritates the nerve endings in the eye, making them sting. Tear glands produce tears to dilute and flush out the irritant.
...setetes air di samudera luas...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
4445 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2009, 05:10:25 AM
oleh Nabih
3 Jawaban
4709 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2009, 04:36:53 AM
oleh syx
3 Jawaban
4238 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2009, 12:27:14 PM
oleh insan sains
bawang

Dimulai oleh truf777 « 1 2 » Biologi

21 Jawaban
8965 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 04, 2010, 12:47:37 AM
oleh Mat Dillom
2 Jawaban
4920 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2010, 10:44:41 AM
oleh truf777