Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 01:57:52 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 55
Total: 55

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kenapa kalo ngupas bawang suka nangis?

Dimulai oleh reborn, Juli 20, 2008, 10:26:47 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Tanya lagi  ;D

Kenapa kalo ngupas bawang suka keluar air mata? Bukan karena pengen nangis yang pasti  :P

insan sains

ah... curang....!! 

Sebenarnya... Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang menanya.  ;D

Btw.. mau dijawab langsung atau nunggu postingan yang lain dulu... hehehehe... ^_^
Soalnya di buku yang sudah di kupas di sini jawabannya udah ada...  ;)

*diam dulu ah.... pura-pura gak tahu...!!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

reborn

ckckck.... hei bung, fitnah lebih kejam daripada tidak memfitnah  >:(
Wong nanya kok malah diledek, gimana sih  >:(
Kalo tau jawabannya, kasi tau dong, jangan pelit begitu.

Keren kan akting gw  8) haha.... eh, itu buku mayan juga ya  keknya, ntar kalo sempet gw cari deh
ato lebih baik lagi kalo dipinjemin sih  ;D

Pi-One

Karena saat bawang dikupas, dia melepas zat... gak tahu namanya :-[ Yang jelas zat itu kalo kena mata akan menimbulkan efek perih dan sejenisnya, dan mata mengeluarkan air mata untuk menetralisir efeknya dan menyejukkan mata...

Benar gak ya?

syx


cheloniamydas

makanya ibu2 tuh kalau ngupas bawang jangan sambil nonton sinetron mulu, ini mah efek sampingnya :P

milmi

Ketemu nih penjelasannya di internet:

Kutip dari:  Scott, Thomas. "What is the chemical process that causes my eyes to tear when I peel an onion?". Ask the Experts: Chemistry. Scientific American
As onions are sliced, cells are broken, allowing enzymes called alliinases to break down amino acid sulphoxides and generate sulphenic acids. Sulphenic acids are unstable and spontaneously rearrange into a volatile gas called syn-propanethial-S-oxide. The gas diffuses through the air and eventually reaches the eye, where it reacts with the water to form a diluted solution of sulphuric acid. This acid irritates the nerve endings in the eye, making them sting. Tear glands produce tears to dilute and flush out the irritant.