Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 19, 2021, 08:40:10 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 77
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: rumput penjaga tanah.(?)  (Dibaca 7492 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
rumput penjaga tanah.(?)
« pada: Juli 17, 2008, 01:42:16 AM »
 benarkah rumput menjaga tanah yang subur dari erosi  ???
 ???
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #1 pada: Juli 17, 2008, 03:15:54 AM »
wah, pertanyaannya bagus nih. Sayangnya gw juga ga tau jawaban pastinya. Mungkin karena akar-akar rumput ini "memegang" tanah di sekitarnya. Tapi pertanyaannya sebesar apa peranannya untuk mencegah erosi, gitu yaa? Kita tunggu jawaban dari yang lain deh.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #2 pada: Juli 17, 2008, 03:55:48 AM »
kalo yg lebih kuat dari rumput sepertinya pakis (fern). ada rekan yang pernah terjatuh saat jalan-jalan di gunung terselamatkan karena berpegangan pada pakis. bayangin betapa kuatnya pakis ini karena bisa menahan bobot manusia. sayangnya pakis ini banyak dieksploitasi untuk digunakan sebagai media tanaman hias. longsornya area bukit sentra anthurium di jawa kemaren bisa diduga karena banyaknya pakis yang dibabati untuk diambil akarnya.
blom lagi trend pakis bulu monyet emas (Cybotium sp.) beberapa waktu lalu. pakis yang di habitatnya bisa mencapai tinggi 10-15 m ini ditebas bagian ujungnya yg tentu aja bikin tanamannya mati perlahan-lahan karena tidak mampu membentuk percabangan.

cheloniamydas

  • Pengunjung
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #3 pada: Juli 17, 2008, 04:57:04 AM »
kalau untuk mencegah terjadinya erosi mungkin tergantung jenis rumputnya dah tingkat kemiringan daerah tersebut juga, mungkin untuk dataran rendah dengan menanam rumput jepang aja sudah bisa mengatasi erosi, kalau secara alami jenis alang2an paling banyak ditemui dan paling gampang tumbuhnya, untuk daerah dengan tingkat kemiringan  seperti daerah lereng2 bukit, rumput gajah/ king grass paling cocok, karena selain akarnya kuat menjangkau kedalam tanah, tumbuhnya juga bergerombol dan lebat dengan jarak yang padat, sehingga pada waktu musim hujan tiba, lebih sedikit tanah yang terbawa air hujan.

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #4 pada: Juli 18, 2008, 08:23:26 AM »
 waktu itu aku nyiram tanaman. lalu aku mendapati tanamanku yang tanahnya miring. kemudian aku buat tanah itu yang seperti sawah di pegunungan . aku siram lagi ternyata air nya nerobos  dan air pun kebawah dan terjadilah erosi. lalu aku buat yang seperti sawah di pegunungan . dan air pun kembali nerobos dan turun , terjadilah erosi . begitu bolak-balik sampai kira-kira 4 hari.   ajaib , rumput rumput kecil mulai tumbuh di area yang terjadi erosi.   
     
      mungkin bisa disimpulkan rumput ikut andil dalam menjaga tanah yang erosi.       
 
  -sori kalo ada yang salah-   

Offline cadab

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #5 pada: Juli 26, 2008, 05:19:40 AM »
ya iya lah,,

rumput kan akarnya menancap ditanah secara akarnya juga serabut sehingga mencengkram tanah dalam area yang lumayan luas,,,
mungkin akarnya menjalar sampai ke tempat erosi tadi..

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #6 pada: Juli 26, 2008, 05:40:12 AM »
Mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan: rumput tergolong familia Poaceae yang cocok hidup di tanah terbuka yang terkena sinar matahari langsung dan sedikit hujan. Apabila pada dasarnya memang habitatnya tidak terkena hujan, fungsi untuk melindungi dari erosi yg di tanyakan pada awal thread ini jadi tidak mengena. Selain itu, apabila rumput tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi, tutupan daunnya tidak akan mampu melindungi tanah dari siraman hujan secara langsung, sehingga tanah akan rentan terhadap erosi (ingat: erosi tidak sama dengan longsor). Oleh sebab itu, saya cenderung tidak setuju kalau rumput mampu melindungi tanah dari erosi. Kalau bisa, seharusnya petani tidah usah memupuk sawahnya berkali-kali donk, dengan asumsi padi melindungi  pupuk agar tidak akan terbawa air.
...setetes air di samudera luas...

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #7 pada: Juli 26, 2008, 06:22:22 AM »
  oke deh..     :D makasih ya jawabanya...

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: rumput penjaga tanah.(?)
« Jawab #8 pada: Juli 29, 2008, 01:53:29 AM »
Yang aku tau sih tanaman2 membentu supaya tidak terjadi erosi..
Ini ada hubungannya dengan drainase tanah (kemampuan tanah menyerap air)..

Dari penelitian sih ternyata tingkat drainase tanah itu meningkat dengan adanya tumbuhan yang tumbuh..
Kalo di rawa, hal itu gak berlaku..

Makanya di daerah perkotaan, mudah terjadi banjir, karena hutannya sedikit (dan juga sungainya mampet)..
Kalo di hutan sih gak pernah kedengaran banjir..

Kira-kira begitu.. :D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kambing makan rumput

Dimulai oleh rhiyan « 1 2 ... 16 17 » Otak Jayus

245 Jawaban
67849 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2009, 02:17:03 AM
oleh pams
32 Jawaban
25287 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2016, 01:50:36 AM
oleh Monox D. I-Fly
8 Jawaban
110558 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 07, 2016, 12:20:34 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
2268 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2014, 12:05:14 PM
oleh MuhammadRyan
0 Jawaban
90204 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 21, 2017, 03:52:15 AM
oleh destii