Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 14, 2021, 05:51:37 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 48
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???  (Dibaca 20949 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Ahazveroz

  • Pengunjung
Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« pada: November 04, 2008, 01:44:02 AM »
Rasanya menarik untuk dipikirkan. Seandainya hewan-hewan raksasa ini tidak punah-terlepas sebab musabab dari kepunahannya-, seberapa besarkah pengaruhnya terhadap jalannya peradaban umat manusia? Apakah mungkin manusia akan tetap menjadi species dominan di planet ini? bisakah kita co-exist dengan makhluk-makhluk gigantic tersebut?

sok, pendapatnya dimuntahkan! ;D

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #1 pada: November 04, 2008, 04:25:23 AM »
menurutku, manusia nggak bakal jadi spesies dominan,...
misalnya begini,...
manusia dengan modal kosong hidup dihutan belantara,... apakan mungkin manusia bisa jadi species dominan??
menurutku, manusia akan jadi spesies minoritas jika mahluk giganti seperti itu tidak punah,...

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #2 pada: November 04, 2008, 05:31:48 AM »
Kepunahan dinosaurus, atau sering disebut kepunahan K/T (Cretaceous/Tertiary), merupakan suatu fenomena yang kemudian memungkinkan berevolusinya mamalia, yang saat itu bertubuh kecil, menjadi bertubuh besar seperti sekarang. Garis-garis evolusi dari banyak mamalia besar, antara lain karnifora, ungulata, dan marsupialia, dimulai setelah K/T terjadi. Namun ada juga mamalia besar lainnya, seperti gajah, yang sudah berevolusi sejak sebelum K/T terjadi.
Apabila dinosaurus tidak punah, dengan kata lain K/T tidak terjadi, mamalia yg ada saat ini kemungkinan hanya sebesar tikus atau paling besar anjing. Kalau manusia? Silahkan menarik kesimpulan masing-masing.
...setetes air di samudera luas...

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #3 pada: November 04, 2008, 06:16:53 AM »
menarik,...
Kepunahan dinosaurus, atau sering disebut kepunahan K/T (Cretaceous/Tertiary), merupakan suatu fenomena yang kemudian memungkinkan berevolusinya mamalia, yang saat itu bertubuh kecil, menjadi bertubuh besar seperti sekarang. Garis-garis evolusi dari banyak mamalia besar, antara lain karnifora, ungulata, dan marsupialia, dimulai setelah K/T terjadi. Namun ada juga mamalia besar lainnya, seperti gajah, yang sudah berevolusi sejak sebelum K/T terjadi.
aku berpendapat bahwa evolusi tidak terjadi,...
misal,..
ular yang katanya berasal dari evolusi kadal,...
mengapa bisa demikian??
apakah ada bukti yang kuat jika memang ada evolusi??
sedang kadal dan ular adalah beda spesies,...
apakah mungkin jika kode genetik bisa berkembang dan menjadi spesies baru??
mohon penjelasannya

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #4 pada: November 04, 2008, 07:08:57 AM »
manusia kan makhluk yg paling bisa beradaptasi... karena kemajuan logikanya pasti bisa mengatasi hidup yg keras termasuk jika berhadapan dengan dinosaurus. malah bisa jadi dinosaurus bisa jadi sumber makanan yang sangat melimpah.

Ahazveroz

  • Pengunjung
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #5 pada: November 05, 2008, 05:38:57 PM »
tapi kalo kita tinjau dari sisi domain lingkungan hidup manusia
bisa-bisa sistem kehidupan perkotaan, di mana biasanya tumbuh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan,
kemungkinan bisa tidak bisa didirikan manusia yang cenderung sifat hidupnya nomad saat masa prasejarah.
apalagi ada dinosaurus ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #6 pada: November 05, 2008, 10:16:32 PM »
belum tentu juga... bisa jadi manusia membangun kubu-kubu ato benteng untuk mengatasi dinosaurus. di sini bisa terbentuk kota.

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #7 pada: November 06, 2008, 01:57:41 AM »
menarik,...aku berpendapat bahwa evolusi tidak terjadi,...
misal,..
ular yang katanya berasal dari evolusi kadal,...
mengapa bisa demikian??
apakah ada bukti yang kuat jika memang ada evolusi??
sedang kadal dan ular adalah beda spesies,...
apakah mungkin jika kode genetik bisa berkembang dan menjadi spesies baru??
mohon penjelasannya
Tolong kalau ingin membicarakan kontroversi teori evolusi, bukan di sini tempatnya!

@All, mari kembalikan pembahasan thread ini ke ranah Biologi, jangan ke ranah antropologi sosial.

Offline man2tu

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Exalt the Savior! Serve the world!
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #8 pada: November 06, 2008, 04:49:27 AM »
Nimbrung,yach..

Saya setuju klo dinosaurus g punah mk manusia g akn ad..
Kan ad pendapat klo dinosaurus punah krn perubahan iklim yg ekstrim..
Nah krn perubahan ini mahluk yg dpt bertahan adalah mahluk yg bertubuh kecil..
Termasuk mamalia..
Tumbuhan dan binatang jg dipaksa berevolusi jd lbh kecil..
Karna punah dinosaurus, mk mamalia2 kcl dpt berevolusi..
Termasuk menjadi manusia..
Klo dinosaurus ad kan bgi mamalia lbh menguntungkan bila berukuran lbh kecil, seperti tks..
:-)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #9 pada: November 06, 2008, 07:37:31 AM »
sepertinya ga ada hubungan punahnya dinosaurus dan evolusi.
dino ga punah maka manusia ga akan ada? karena alasan apa? ukuran? banyak binatang yang berukuran jauh lebih besar dari manusia yang masi ada hingga saat ini, sebut aja gajah, badak, beruang, dll. karena dino ganas dan predator mematikan? masih banyak hewan ganas dan liar yang hidup di masa kini. toh manusia bisa mengatasi itu semua. alasannya mudah: manusia dibekali akal. dengan akal mereka mengatasi kekejaman alam, menciptakan senjata dan peralatan untuk mendukung hidup.

Offline eva

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #10 pada: November 06, 2008, 12:02:27 PM »
well kayak nya sih kalo dinosaurus gak punah, maka spesies manusia akan terlalu sibuk untuk mencoba bertahan hidup mengalahkan reptil reptil besar itu... so kalaupun manusia dengan segala akalnya memiliki kesempatan membangun dunia ini mejadi lebih maju seperti sekarang, well mungkin waktunya akan lebih lama , di bandingkan bila reptil besar itu tidak punah....
sipp lah

Ahazveroz

  • Pengunjung
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #11 pada: November 06, 2008, 05:05:46 PM »
Dengan asumsi topografi planet bumi sama dengan topografi zaman sekarang, apakah mayoritas spesies dinosaurus akan berhabitat di daerah tropis atau subtropis yah?
gimana pengaruhnya tuh sama persinggungannya sama manusia yang cenderung bentrok kepentingannya terhadap alam secara kebutuhan primernya sama( Sumber air dan daerah subur untuk jaminan supply makanan) :-\

Offline Lunaris

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 266
  • IQ: 0
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #12 pada: November 14, 2008, 02:26:58 PM »
sepertinya ga ada hubungan punahnya dinosaurus dan evolusi.
dino ga punah maka manusia ga akan ada? karena alasan apa? ukuran? banyak binatang yang berukuran jauh lebih besar dari manusia yang masi ada hingga saat ini, sebut aja gajah, badak, beruang, dll. karena dino ganas dan predator mematikan? masih banyak hewan ganas dan liar yang hidup di masa kini. toh manusia bisa mengatasi itu semua. alasannya mudah: manusia dibekali akal. dengan akal mereka mengatasi kekejaman alam, menciptakan senjata dan peralatan untuk mendukung hidup.

Kepunahan sesuatu spesies bisa memberikan spesies lainya untuk berkembang. Kalau satu pergi/pindah yang lain akan mengisi tempatnya.

Perkembangan teknologi manusia sampai jadi yang sekarang ini ada gara-gara revolusi agraria yang terjadi 10000-15000 tahun yang lalu. Dan hal itu bisa terjadi kalau manusia bisa hidup dengan tenang.

Mungkin manusia bisa menghadapi dinosaurus, tetapi mamalia yang menjadi nenek-moyang manusia tidak akan sanggup. Coba anda pahami alasan utama mata mamalia non primata yang berdevolusi menjadi monochrome dari tetrachrome. Kalau alasanya bisa dipahami, maka punahnya dinosaurus memang menjadi moment paling penting dari perkembangan mamalia.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #13 pada: November 14, 2008, 08:54:33 PM »
setuju dgn bung lunaris! Memang kepunahan reptil-reptil besar itulah yang menjadi (salah satu) faktor berkembangnya mamalia yang merupakan nenek moyang manusia. Maka,ketidakpunahan dinosaurus dan mengharapkan mereka hidup berdampingan dgn manusia adalah suatu pengandaian yg terlalu diandai2kan.hehehe
"The pen is mightier than the sword"

caca

  • Pengunjung
Re: Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???
« Jawab #14 pada: November 19, 2008, 10:13:28 AM »
susah kyknya kalo manusia harus berbagi ekosistem sama dinosaurus...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Tentang dinosaurus

Dimulai oleh reborn « 1 2 3 4 » Biologi

53 Jawaban
69661 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 08:27:31 AM
oleh Prometheus
13 Jawaban
20467 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2010, 07:24:03 AM
oleh Monox D. I-Fly
15 Jawaban
21180 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 26, 2010, 01:44:42 PM
oleh arydhamayanti
0 Jawaban
3377 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 07:27:39 AM
oleh Alicha
4 Jawaban
178086 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 26, 2017, 12:17:57 AM
oleh embrio11s