Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 07, 2021, 12:51:48 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna  (Dibaca 4698 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna
« pada: Januari 15, 2010, 11:51:31 PM »
Tampaknya siput laut ini makhluk pertama yang tubuhnya setengah flora setengah fauna. Pasalnya, siput yang baru ditemukan ini bisa menghasilkan pigmen klorofil seperti layaknya tumbuh-tumbuhan.

Para ilmuwan memperkirakan, siput cerdik tersebut mencuri gen dari alga yang mereka makan sehingga bisa menghasilkan klorofil. Dengan gen "curian", mereka bisa berfotosintesis, yaitu proses tumbuhan untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi.

"Hewan ini bisa membuat molekul berisi energi tanpa makan apa-apa," kata Sydney Pierce, pakar biologi dari Universitas South Florida di Tampa. Pierce telah mempelajari mahluk unik tersebut, yang telah resmi dinamakan Elysia chlorotica, selama 20 tahun.

Ia mengajukan temuan terbarunya pada tanggal 7 Januari 2010, pada pertemuan tahunan Komunitas Integratif dan Perbandingan Biologi di Seattle. Temuan ini dilaporkan pertama kali oleh jurnal Science. "Ini pertama kalinya hewan multiseluler bisa menghasilkan klorofil," tutur Pierce.

Siput laut ini tinggal di rawa-rawa air asin di New England, Kanada. Selain "mencuri" gen untuk menghasilkan pigmen hijau klorofil, hewan ini juga mencuri bagian-bagian kecil sel yang disebut kloroplas, yang dipakai untuk melakukan fotosintesis. Kloroplas menggunakan klorofil untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi, seperti tanaman, sehingga hewan ini tak perlu makan untuk mendapatkan energi.

"Kami mengumpulkan sejumlah hewan tersebut dan menyimpannya di akuarium selama berbulan-bulan," kata Pierce, "Asalkan diberi cahaya selama 12 jam sehari, mereka bisa bertahan (tanpa makan)."

Para peneliti memakai pelacak radioaktif untuk memastikan bahwa siput-siput ini benar-benar menghasilkan klorofil, dan bukan mencurinya dari pigmen yang sudah pada alga. Nyatanya, siput-siput ini mengintegrasikan materi genetika dengan sangat sempurna sehingga bisa diturunkan pada generasi selanjutnya.

Anak-anak dari siput yang sudah "mencuri" gen juga bisa menghasilkan klorofil sendiri, walaupun mereka tak bisa berfotosintesis sebelum mereka makan cukup alga hingga bisa "mencuri" cukup kloroplas. Sejauh ini, kloroplasnya belum bisa mereka produksi sendiri. Keberhasilan siput-siput ini mengagumkan, dan para ilmuwan juga masih belum bisa memastikan, bagaimana hewan ini bisa memilih gen yang mereka butuhkan.

"Mungkin saja DNA dari satu spesies bisa masuk ke spesies yang lain, seperti yang telah dibuktikan oleh siput jenis ini. Tapi mekanismenya masih belum diketahui," ungkap Pierce.

http://sains.kompas.com/read/2010/01/13/18270012/Siput.Pertama.Berbadan.Setengah.Flora.Setengah.Fauna

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna
« Jawab #1 pada: Januari 16, 2010, 01:45:08 AM »


Siput laut Elysia chlorotica tak perlu lagi makan untuk mendapat energi karena bisa mencuri gen untuk menghasilkan klorofil, dan mencuri kloroplas sehingga bisa berfotosintesis dengan klorofilnya itu

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna
« Jawab #2 pada: Januari 16, 2010, 05:42:02 AM »
wooow...
kerenn,,,

tembus pandang badannya...
berarti dia tinggalnya di laut yg dalam banget ya....

mantapz..
~ You are what you eat ~

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna
« Jawab #3 pada: Januari 16, 2010, 07:16:44 AM »
bagus juga... saya juga sempat berimajinasi suatu makhluk ato manusia kelak seperti itu. jadi ga perlu makan, cukup minum aja...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna
« Jawab #4 pada: Januari 16, 2010, 10:20:41 AM »
...eh, M. syx udah berimajinasi kalo seandainya ada manusia dapat melakukan kemosintesis? jadi kita cuman cari sampah aja di kali untuk ngurai bahan pencemar lingkungan biar bersih ::)..hihihi ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna
« Jawab #5 pada: Januari 17, 2010, 03:37:39 AM »
Brarti kita bisa jga donk melakukan rekayasa genetika untuk menyelipkan gen penghasil klorofil? Kita bisa dapat badan yang hijau indah itu plus dapat menghasilkan makanan sendiri. Kalau tidak cukup juga minimal sangat mengurangi asupan makanan hewani dan nabati kita kan? Jawaban untuk kelaparan di dunia.
OOT OOT OOT..!!!

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Siput Pertama Berbadan Setengah Flora Setengah Fauna
« Jawab #6 pada: September 20, 2015, 02:42:02 AM »
Brarti kita bisa jga donk melakukan rekayasa genetika untuk menyelipkan gen penghasil klorofil? Kita bisa dapat badan yang hijau indah itu plus dapat menghasilkan makanan sendiri. Kalau tidak cukup juga minimal sangat mengurangi asupan makanan hewani dan nabati kita kan? Jawaban untuk kelaparan di dunia.

Ntar malah jadi kayak Buto Ijo dong...?  ::)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Normal Flora

Dimulai oleh syx « 1 2 3 » Biologi

33 Jawaban
25008 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2010, 11:08:33 PM
oleh milmi
12 Jawaban
7589 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 11, 2009, 01:19:26 AM
oleh Muztank
2 Jawaban
6931 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 25, 2009, 01:14:04 PM
oleh Dhantez
4 Jawaban
4066 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2016, 03:58:03 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
139419 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 11, 2016, 10:22:04 PM
oleh Mas_Ganteng