Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2021, 08:28:42 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 19
Total: 19

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru  (Dibaca 10317 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Abis baca kompas nih.



Katak langka tanpa paru-paru yang hidup di hutan Kalimantan berhasil didokumentasikan di Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, Kalimantan Barat. Spesies bernama Barbourula kalimantanensis yang memiliki habitat asli di Indonesia, Brasil, Filipina ini pernah dinyatakan punah pada 1978.

Katak Barbourula ini memiliki ukuran kira-kira hanya sebesar ibu jari tangan orang dewasa. Untuk yang jenis jantan ukurannya sekitar 66 milimeter, sedangkan untuk yang betina berukuran sekitar 77 milimeter. Kulit tubuh katak ini memiliki motif totol-totol.

Katak ini pertama kali ditemukan pada 1978 oleh Prof Dr Djoko Tjahjono Iskandar yang merupakan pakar herpetofauna, ampibi, dan reptil dari Departemen Biologi, Institut Teknologi Bandung. Barbourula baru diketahui tidak memiliki paru-paru saat Djoko dan tim peneliti yang melibatkan ahli biologi David Bickford dari Universitas Nasional Singapura kembali menemukan katak itu di TN Bukit Baka-Bukit Raya tahun 2007. Kali ini mereka melakukan penyayatan rutin dan memastikan tidak menemukan pary-paru pada tubuh katak tersebut. Laporan yang dimuat dalam Jurnal Current Biology edisi 6 Mei menyebutkan katak itu sangat istimewa karena tidak memiliki paru-paru dan bernapas melalui pori-pori kulitnya.

Sumber : http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/08/21410598/katak.tanpa.paru-paru.di.kalimantan.berhasil.didokumentasikan
Link terkait :
http://news.nationalgeographic.com/news/2008/04/080407-lungless-frog.html

Offline bluesky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 46
  • IQ: 6
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #1 pada: Juli 12, 2008, 03:35:01 AM »
hebat..hebat bro...

setauku memang alam indonesia banyak banget species yang baru-baru, tapi beware dengan organisasi2 luar yang mendanai lalu mengklaim itu punya mereka...ahhh... >:(
yang suka di lab silahkan masuk ke...

http://online-lab.blogspot.com

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #2 pada: Juli 12, 2008, 06:54:12 AM »
bukan salah mereka sepenuhnya... kita ikutan andil. ga mo menggali kekayaan alam malah cenderung merusaknya.

Offline mochimo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 1
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #3 pada: Juli 14, 2008, 09:34:13 AM »
Gila, specimen unik tuh! 
Tapi ga ada gaungnya yak di dalam negeri..

Waduh, diliat liat tampangnya mah biasa aja, ntar klo ketemu di pinggir utan, ketangkep trus dijadiin umpan mancing salah siapa dunk :p

Save picnya aaah, kali aja ketemu di jalan.  Ntar tak jadiin koleksi.  He he..

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #4 pada: November 14, 2008, 08:08:34 AM »
Barbourula kalimantanensis? Aneh...kok pake 'kalimantan' y?biasanya,pake 'borneo' dilatinkan jadi borneensis...cnthnya Phalaenopsis borneensis, Liparis borneensis,dlsb. Hehehe..tp mnarik jg,bro!
"The pen is mightier than the sword"

tovic

  • Pengunjung
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #5 pada: November 14, 2008, 11:05:10 PM »
wah keren tuh..
bernafas dg kulit kayak bangsa cacing dong...
kalo siklus hidupnya sama gak dg katak yang lain?
pernah punya insang ga?wktu berudu

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #6 pada: November 25, 2008, 01:16:39 AM »
hmm,,
btw btw,, profesor djoko t. iskandar tu dosen awak lo,,
hehehe,,
bangga juga kuliah di bio itb
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #7 pada: November 25, 2008, 02:23:26 PM »
wah,ditinggal sminggu aja uda tmbh rame aja forum ini.hahaha...iyalah,itb memang slh 1 yg terbaik.hahaha..

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #8 pada: November 28, 2008, 01:15:27 AM »
kk biobio nak bio itb juga yah?

maap OOT

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #9 pada: November 28, 2008, 03:52:10 AM »
kk biobio nak bio itb juga yah?

maap OOT
Hayo, jangan menyombongkan alamater di sini, di sini almamaternya beragam. Silahkan kembali ke topik, atau thread dikunci.
...setetes air di samudera luas...

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #10 pada: November 28, 2008, 09:45:09 AM »
wah,biobio bukan itb. Kl sy itb,g mungkin memuji2 almamater sendiri...terkesan gimana gt..Hahaha...jgn bw nama2 almamater lg deh...ntar dimarahi kk milmi.^^

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru
« Jawab #11 pada: November 30, 2008, 06:26:02 AM »
waaaahhh,, kk milmi..
maap2, pendatang baru soalna niy..
mohon bimbingannya..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
7571 Dilihat
Tulisan terakhir September 05, 2010, 05:26:35 AM
oleh Astrawinata G
Paru-paru

Dimulai oleh Farabi « 1 2 » Kesehatan

16 Jawaban
7756 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 11, 2011, 06:44:15 AM
oleh Logan
2 Jawaban
3334 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 04, 2011, 09:46:55 AM
oleh Astrawinata G
0 Jawaban
8285 Dilihat
Tulisan terakhir September 04, 2013, 02:45:00 AM
oleh eunikedesika
0 Jawaban
1876 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 28, 2014, 07:10:25 AM
oleh liviapangdoko