Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 07:01:29 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 12
Total: 12

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tantangan Evolusionis Bagi Para Kreasionis!

Dimulai oleh biobio, September 25, 2009, 02:26:56 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

biobio

Thread mengenai evolusi sudah dibuat Pi-One di room Agama dan Filosofi... Sekarang sudah agak sepi, mungkin kreasionis sudah kehabisan argumen lagi. Maka, thread ini saya maksudkan untuk terakhir kalinya, saya menantang para kreasionis (baik dari ForSa maupun luar ForSa) untuk mengajukan argumennya mengapa ybs. menolak evolusi. Pembahasan disini saya harap MURNI SAINS, tidak ada komen mengenai atas dasar agama, dampak sosial, atau apapun yang tidak relevan dengan sains!

N.B=sebelum berkomentar, saya minta dulu agar melihat-lihat thread sebelumnya seperti (Tidak) Runtuhnya Teori Evolusi, dan Meluruskan Miskonsepsi Teori Evolusi. Silahkan.
"The pen is mightier than the sword"

biobio

Oh ya, agar thread ini tidak mbulet, penjelasan2 jangan diberikan dulu jika bukan utk menjawab pertanyaan.thx
"The pen is mightier than the sword"

The Houw Liong

Evolusi memang terjadi sesuai dengan pengamatan paleontologi, namun postulat terjadinya evolusi yang belum lengkap, algoritma genetik saja hanya mampu menjelaskan mikroevolusi, makroevolusi tidak bisa dijelaskan.

Sains memerlukan penjelasan logis dari postulat dan dibuktikan dengan observasi/eksperimen.
HouwLiong

Pi-One

Di sini bukan bahas evolusi, tapi teori kreasi. Silakan kreasionis kemukakan dasar ilmiah dari 'teori kreasi'...

biobio

Kutip dari: Pi-One pada September 27, 2009, 02:33:53 PM
Di sini bukan bahas evolusi, tapi teori kreasi. Silakan kreasionis kemukakan dasar ilmiah dari 'teori kreasi'...
Nah.... Betul sekali...
"The pen is mightier than the sword"

Hendy wijaya, MD

#5
Kutip dari: Pi-One pada September 27, 2009, 02:33:53 PM
Di sini bukan bahas evolusi, tapi teori kreasi. Silakan kreasionis kemukakan dasar ilmiah dari 'teori kreasi'...
Yup setuju...lebih baik menyalakan lilin (mengemukakan pendapat yang ilmiah dari teori kresionisme) daripada mengutuk kegelapan (menyanggah teori evolusi melulu)
Kalau teori evolusi kurang sempurna menurut anda yang tidak setuju, anda tentunya punya penjelasan yang lebih masuk akal..jelaskan..kami tunggu..
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Atheist

Wah... wah.. wah.. saya beli tiket dulu dh buat nonton pertunjukan ini, hehe..
mau tau banget apa sih tuh yang ada di otak kaum kreasionis yang selalu dengan PD-nya menjelek2an sains. kita lihat bagaimana penjelasan ilmiah dari mereka.. atau metode yang mereka anggap lebih sempurna....

Pi-One


Hendy wijaya, MD

Oke kalau dari pihak kreasonis tidak memulai membuka diskusi, saya buka lebih dulu dengan sebuah uraian

Para kaum kreasionis percaya bahwa tiap-tiap organisme yang ada di bumi merupakan hasil ciptaan terpisah yang unik satu sama lainnya, artian unik ini tidak memberikan batasan yang jelas sejauh mana keunikan itu menjamah tingkatan makhluk hidup.

Sekarang mari kita coba pikirkan masalahnya secara sistematis, logis dan empiris.
Memang masing-masing jenis makhluk hidup di dunia ini tampaknya unik jika dilihat secara sepintas, pada tingkatan fenotip berupa morfologi ataupun tingkah laku. Akan tetapi keunikan tersebut tidak berlaku lagi pada tingkatan molekuler, banyak protein salah satu organisme menunjukkan tingkatan homologi yang tinggi dengan organisme lain padahal kedua makhluk hidup tersebut jelas-jelas berbeda pada bahkan tingkatan filogeni. Protein-protein tersebut disandi juga oleh gen-gen yang menunjukkan tingkat homologi yang tinggi pula (conserved atau masih dalam satu famili). Fenomena ini lebih mudah dipahami atau jauh lebih besar kemungkinannya jika merupakan hasil duplikasi dan divergensi dari common ancestor.
Uniformity atau universality tersebut bahkan juga terletak pada codon semua jenis organisme di bumi ini. Codon bagi masing-masing asam amino merupakan hasil evolusi molekuler organisme yang menjadi common ancestor.

Ambillah contoh manusia dan chimps. 99% gen chinmps identik dengan manusia, lebih lagi 29% protein mereka adalah identik dan sisanya, rata-rata hanya berbeda pada satu asam amino. Jika mereka memang merupakan hasil penciptaan terpisah, berapakah kemungkinan dua makhluk hidup berbeda akhirnya menglamami konvergensi bahkan sampai ke tingkat gen sampai 99%? Analogikan dengan jika anda mengambil secara acak bola bertuliskan nomor 1-100 dalam karung sampai menghasilkan deret angka sepanjang 100 angka. Lalu anda memulai proses itu pada putaran kedua, berapa kemungkinan 100 deret angka anda yang kedua memiliki urutan angka yang sama sampai deret ke 99?

Bandingkan dengan kemungkinan bahwa mereka memang merupakan hasil evolusi dari one common ancestor. Mana yang lebih besar? Demikian juga, berapa kemungkinan jika berbagai macam organisme memiliki codon yang sama, kemiripan protein atau bahkan gen jika mereka merupakan hasil penciptaan terpisah?Bukankah jauh lebih besar jika mereka semua berasal dari satu nenek moyang?

Saya tantang balik kaum kreasionis untuk sekarang berada di sudut dengan area probabilitas yang sangat rendah (bahkan jauh lebih rendah) dan bagaimana mereka berespon? Padahal kan biasanya mereka selalu mempermasalahkan probabilitas yang rendah suatu bentuk kehidupan yang berakhir pada munculnya intelegensia jika mengandalkan teori evolusi tanpa adanya intelegent designer.
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

biobio

@ Hendy = Tidak usah memulai uraian. Sudah terlalu banyak uraian mengenai evolusi di sini. Tinggal nunggu saja, mana teori ilmiahnya kreasionis.
"The pen is mightier than the sword"

Hendy wijaya, MD

@biobio
kayaknya ga ada..daripada ngomong ma tembok ya mending rewind ilmu di otak :D
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

biobio

Repot ya kreasionis ini. Di thread lain berani banyak bacot mencari lubang teori evolusi. Ditanya mana pembahasan ilmiah dari teori kreasi, eh, gak ada balasan sama sekali.
"The pen is mightier than the sword"

Pi-One

Buat parmin, silakan post di sini bukti dari 'teori' kreasi, itu kalau ada ::)

Dan kali ini aku harap anda tahu beda memberi bukti 'teori' kreasi dengan menyerang teori evolusi. Tidak seperti thread sebelumnya, anda sama seperti si tukang obat, gak tahu beda teori origin of life dengan origin of species ::)

The Houw Liong

#13
Diskusi ini tidak nyambung, karena Evolusionis ingin membahas dengan metoda logico-empiricism yang sekarang dipakai oleh ilmuwan, sedangkan Kreasionis melihatnya dari sudut pandang filsafat/teologi dan kemungkinan modifikasi metoda ilmiah yang sekarang dikenal.

Sebetulnya ilmuwan dalam bidang parapsikologi sudah mengusulkan bahkan ada yang sudah menerapkan metoda ilmiah yang diperluas supaya dapat mencakup parapsikologi seperti "religious experience" dan "extra sensory perception". Metodanya dapat dinamakan "logico-pragmatism" yang tidak membuang pengalaman manusia dalam keadaan "altered states of conciousness".

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
HouwLiong

Atheist

@The Houw Liong
Bukannya ga nyambung pak, masalahnya anda hanya menunjukkan teori2 beserta link2 yang memuat teori tersebut. Sedangkan untuk bukti?? kalo tidak ada bukti simpan saja teori anda...