Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: reborn pada Juli 21, 2008, 01:33:13 PM

Judul: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: reborn pada Juli 21, 2008, 01:33:13 PM
Halo ketiga  ;D

Kita bahas dinosaurus yuk. Ada yang tau cerita dinosaurus ga nih? Kenapa dan kapan dinosaurus punah?
Beberapa sumber menyebutkan mereka punah karena ada meteor besar yang jatuh ke bumi. Bener ga nih?
Trus setelah peristiwa itu makhluk hidup apa yang tertinggal? Kenapa bisa berkembang sampe seperti sekarang?
Ah, yang terakhir terlalu jauh keknya, dah ada topiknya sendiri juga. Soal dino dulu deh. Thanks.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 22, 2008, 12:21:10 AM
Halo ketiga  ;D

Kita bahas dinosaurus yuk. Ada yang tau cerita dinosaurus ga nih? Kenapa dan kapan dinosaurus punah?
Beberapa sumber menyebutkan mereka punah karena ada meteor besar yang jatuh ke bumi. Bener ga nih?
Trus setelah peristiwa itu makhluk hidup apa yang tertinggal? Kenapa bisa berkembang sampe seperti sekarang?
Ah, yang terakhir terlalu jauh keknya, dah ada topiknya sendiri juga. Soal dino dulu deh. Thanks.
Soal jatuhnya meteor, kan ada bukti dari kawah di Arizona?

Tapi jatuhnya meteor gak secara langsung membunuh semua meteor. Efek lanjutannya yang berperan. Debu yang menyebar yang menutupi langit, yang membuat suhu menurun drastis, perubahan diklim dll. Korban yang duluan mungkin para hewab-hewan besar, karena konsumsi mereka yang tinggi sementara jumlah makanan menipis..
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: reborn pada Juli 22, 2008, 12:54:35 AM
@Pi-One

link, source ato apa pun pls, pengen baca2 nih. Skalian dong, species dinosaurus apa aja sih?
Yang di Jurassic Park itu bener semua ga? Makasih ;D
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: syx pada Juli 22, 2008, 03:08:27 AM
kalo berdasarkan kitab suci, dinosaurus mati gara-gara air bah jaman nuh. siapa mo bawa t-rex ato brontosaurus masuk bahtera? dalam Kitab Ayub pasal 40-41 ada dua gambaran makhluk yg tidak bisa digambarkan dengan hewan apa pun yg hidup sekarang. cuma aja diterjemahkan jadi kuda nil dan buaya. tapi dari ciri-ciri fisik yang disebutkan di situ lebih cocok dengan gambaran dinosaurus.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: uzik-sama pada Juli 22, 2008, 11:33:37 PM
banyak spekulasi dan teori tentang punahnya dinosaurus.
dari buku yang aku baca pas SD sih (yang masih inget aja)
- asteroid raksasa yang menghantam bumi. separuh dari bumi terkena dampak langsung, lalu setengahnya lagi terkena dampak setelahnya (radiasi, debu yang menutup udara dsb)
- munculnya mamalia pengerat yang memakan telur2 dinosaurus
- adanya bencana alam super dahsyat (mirip yang dibilang oleh syx)
- tumbuhan2 & pohon2 tinggi yang layu, ini mengakibatkan punahnya dinosaurus herbivora dan berdampak pada raptor

tapi tetep yan paling populer yang teori asteroid itu, karena ada jejaknya di arizona. kalo ngga salah inget asteroid itu segede Texas.

@reborn
yang di jurassic park tuh emang beneran ada tapi nyampur dalam satu zaman. dari triasic sampe jura dihidupkan dalam satu scene.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 22, 2008, 11:46:48 PM
kalo berdasarkan kitab suci, dinosaurus mati gara-gara air bah jaman nuh. siapa mo bawa t-rex ato brontosaurus masuk bahtera? dalam Kitab Ayub pasal 40-41 ada dua gambaran makhluk yg tidak bisa digambarkan dengan hewan apa pun yg hidup sekarang. cuma aja diterjemahkan jadi kuda nil dan buaya. tapi dari ciri-ciri fisik yang disebutkan di situ lebih cocok dengan gambaran dinosaurus.
Anda bisa membayangkan bagaimana memanajemen segitu banyak hewan di dalam satu kapal? Memberi makan mereka, mencegah mereka berkelahi, dsb. belum lagi memikirkan bagaimana karnivora bertahan hidup sementara menunggu herbivora berkembang biak dulu setelah bencana banjir besar berlalu...
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: syx pada Juli 22, 2008, 11:59:28 PM
ya mungkin mereka musti diet dulu karena makanan cuma dibawa dalam jumlah terbatas, yang jelas ada Kuasa yang di luar logika manusia yg juga bekerja di situ...
btw, Nabi Nuh melarang anaknya mengisi waktu menunggu banjir surut dengan memancing karena cacingnya cuma ada dua.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: milmi pada Juli 23, 2008, 03:55:30 AM
Ehm, melebar neh pembahasannya. Hayo, jangan nyerempet ke agama, nanti tak ketok sampeyan :D. Btw, mslh dinosaurus, komentarnya nanti aja aah :P. Soalnya blm nemu sumber acuan yg valid siih....
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: syx pada Juli 23, 2008, 05:33:35 AM
abisnya susah cari teori yg logis...
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: reborn pada Juli 23, 2008, 08:02:56 AM
Gak nyangka si sis ternyata sangat religius ya ;D
Jadi gimana nih, pertanyaan gw blm terjawab ya ???
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: syx pada Juli 23, 2008, 08:30:30 AM
soalnya gini... kalo bener ada bencana besar kenapa cuma makhluk tertentu aja, tidak semuanya yang punah. apakah dinosaurus selemah itu ketimbang binatang yang lebih kecil? demikian juga kalo kasus kelaparan. apa yg kecil-kecil ini ga punah juga? so, bahtera nuh adalah yg paling cocok...

(http://www.mountararattrek.com/images/noahs_ark.jpg)
sisa-sisa bahtera nuh di pegunungan ararat.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: reborn pada Juli 23, 2008, 08:38:22 AM
ntar diketok milmi lho sampeyan.
Ga ikut2 ah....... kabur dulu sementara....
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 24, 2008, 02:22:36 AM
soalnya gini... kalo bener ada bencana besar kenapa cuma makhluk tertentu aja, tidak semuanya yang punah. apakah dinosaurus selemah itu ketimbang binatang yang lebih kecil? demikian juga kalo kasus kelaparan. apa yg kecil-kecil ini ga punah juga?
Saat makanan sulit dicari, yang utama menjadi korban adalah yang konsumsinya tinggi...
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: uzik-sama pada Juli 26, 2008, 12:56:22 AM
aku agak ngga setuju sama arc of noah di hubungkan dengan punahnya dinosaur. *IMHO

kalo alasan dinosaurus besar, khan ngga semua dinosaurus besar? velociraptor sebesar kanguru, pteranodon juga ngga lebih besar daripada gajah.

tapi juga baru kepikiran, kalo asteroid jatuh kenapa cuma dinosaurus aja yang musnah?

ada teori laen ato yang menguatkan teori yang udah ada ngga?
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: milmi pada Juli 26, 2008, 02:26:00 AM
Nih, ketemu artikel bagus yg menyatakan bahwa meteor bukan lagi tersangka utama kepunahan massal.



Meteor No Longer Prime Suspect In Great Extinction
from: http://www.terradaily.com/reports/Meteor_No_Longer_Prime_Suspect_In_Great_Extinction_999.html

The greatest mass extinction in Earth's history also may have been one of the slowest, according to a study that casts further doubt on the extinction-by-meteor theory. Creeping environmental stress fueled by volcanic eruptions and global warming was the likely cause of the Great Dying 250 million years ago, said USC doctoral student Catherine Powers. Writing in the November issue of the journal Geology, Powers and her adviser David Bottjer, professor of earth sciences at USC, describe a slow decline in the diversity of some common marine organisms
The decline began millions of years before the disappearance of 90 percent of Earth's species at the end of the Permian era, Powers shows in her study.

More damaging to the meteor theory, the study finds that organisms in the deep ocean started dying first, followed by those on ocean shelves and reefs, and finally those living near shore.

"Something has to be coming from the deep ocean," Powers said. "Something has to be coming up the water column and killing these organisms."

That something probably was hydrogen sulfide, according to Powers, who cited studies from the University of Washington, Pennsylvania State University, the University of Arizona and the Bottjer laboratory at USC.

Those studies, combined with the new data from Powers and Bottjer, support a model that attributes the extinction to enormous volcanic eruptions that released carbon dioxide and methane, triggering rapid global warming.

The warmer ocean water would have lost some of its ability to retain oxygen, allowing water rich in hydrogen sulfide to well up from the deep (the gas comes from anaerobic bacteria at the bottom of the ocean).

If large amounts of hydrogen sulfide escaped into the atmosphere, the gas would have killed most forms of life and also damaged the ozone shield, increasing the level of harmful ultraviolet radiation reaching the planet's surface.

Powers and others believe that the same deadly sequence repeated itself for another major extinction 200 million years ago, at the end of the Triassic era.

"There are very few people that hang on to the idea that it was a meteorite impact," she said. Even if an impact did occur, she added, it could not have been the primary cause of an extinction already in progress.

In her study, Powers analyzed the distribution and diversity of bryozoans, a family of marine invertebrates.

Based on the types of rocks in which the fossils were found, Powers was able to classify the organisms according to age and approximate depth of their habitat.

She found that bryozoan diversity in the deep ocean started to decrease about 270 million years ago and fell sharply in the 10 million years before the mass extinction that marked the end of the Permian era.

But diversity at middle depths and near shore fell off later and gradually, with shoreline bryozoans being affected last, Powers said.


Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Vinchemz pada Juli 29, 2008, 03:39:36 AM
Katanya kadal (ato komodo, aku lupa).. Itu sebenarnya dinosaurus yang masih bertahan hidup..

@Pi-One: Kawah Arizona itu bukan penyebabnya, itu masih terlalu kecil..
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 02, 2008, 07:28:52 AM
baru baca nih..
dulu gw sempet belajar banyak tentang dinosaurus, cuma berhenti gara-gara ngga masuk jurusan paleontologi, sekarang banting setir jadi animator.. tapi gw masih inget beberapa.

ada yang bilang dinosaurus itu punah karena meteor, mungkin benar mungkin tidak, meskipun bukti kawahnya banyak, kepunahan era itu tidak membunuh 90% kehidupan dimuka bumi saat itu.

In my opinion, dinosaurus punah karena banyak hal. dalam imajinasi saya, apatosaurus, seismosaurus, Tyrannosaurus, Therizinosaurus, Gigantosaurus dan lainnya yang berukuran sangat besar tidak mampu menandingi kompetitornya yang justru lebih kecil saat itu, siapa lagi kalau bukan mamalia. bukti fosil menunjukkan tidak adanya ruang buat evolusi mamalia menjadi besar untuk ketiga zaman dinosaurus (Triassic, Jurassic, Cretaceous), namun semenjak dinosaurus punah, mamalia berevolusi menjadi lebih besar seolah mengganti relung kehidupan yang semula didominasi dinosaurus.

pertanyaan berikutnya, dinosaurus kecil kan ada? dan kenapa hanya dinosaurus yang dipilih punah? bukti fosil tidak menunjukkan bahwa di perbatasan K-T (perbatasan antara cretaceous-tertiary) tidak menunjukkan bahwa dinosaurus lenyap begitu saja, melainkan bertahap. bisa dipastikan mereka punah perlahan-lahan, spesies demi spesies.

makhluk hidup tumbuh dan berevolusi dalam ruang geologis yang aktif, semuanya dirancang sesuai kebutuhan mengikuti alam, tidak ada binatang kamuflasif hutan di gurun pasir (silakan cari sendiri) atau unta yang hidup di hutan hujan. sama, dinosaurus juga demikian, belum lagi efek meteor yang (mungkin) memusnahkan sebagian spesies mereka.

tapi gw pribadi lebih setuju dengan kehadiran kompetitor, atau ada yang mengacaukan rantai makanan, mamalia-mamalia kecil memangsa telur dinosaurus, who knows...

oya satu lagi, dinosaurus bukan kadal. teknik berjalannya bukanlah sprawling-gait mirip komodo atau buaya, namun lebih mirip burung atau mamalia. dinosaurus adalah klan archosaurus, bukan kadal. buaya, komodo dan tuatara mungkin kadal yang hidup sezaman dengan dinosaurus, namun tetap mereka bukan dinosaurus.

informasi lebih lanjut baca di wikipedia aja
http://en.wikipedia.org/wiki/Dinosaurs
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: syx pada Agustus 02, 2008, 07:40:25 AM
emang ga ada fosil manusia di jaman dinosaurus. tapi gimana dengan fosil jejak di paluxy river, deket glen rose texas?
(http://paleo.cc/paluxy/ts-ovrhd.jpg)
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 02, 2008, 07:47:26 AM
@dopamine
wah, thanks berat jawabannya bro. Rada masuk akal nih penjelasannya. Walau ada satu yang mengganjal nih.

pertanyaan berikutnya, dinosaurus kecil kan ada? dan kenapa hanya dinosaurus yang dipilih punah? bukti fosil tidak menunjukkan bahwa di perbatasan K-T (perbatasan antara cretaceous-tertiary) tidak menunjukkan bahwa dinosaurus lenyap begitu saja, melainkan bertahap. bisa dipastikan mereka punah perlahan-lahan, spesies demi spesies.

Pertanyaannya kan belum terjawab tuh. Kenapa hanya dinosaurus yang dipilih punah? Walaupun bertahap, kan tetep aja pada akhirnya mereka semua punah, yang besar dan kecil. Apa yang menyebabkan mereka gak bisa bertahan hidup?
Thanks lagi  ;)
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 02, 2008, 02:26:08 PM
@syx
itu bukan manusia, trust me my friend. atau kalaupun itu jejak manusia, bukan di zaman dinosaurus. tapi kalo gw perhatiin, itu jejak tiga jari, kemungkinan reptil.

@reborn
thanks. sampai saat ini kan masih misterius kenapa hanya dinosaurus yang punah, tapi sebenarnya kepunahan tidak hanya terjadi pada dinosaurus kan? contohnya pada zaman permian yang memusnahkan 70% kehidupan darat dan 95% kehidupan laut terjadi 248 juta tahun lalu sebelum dinosaurus muncul. kemudian punahnya dinosaurus memusnahkan 50% lebih kehidupan dibumi, berarti bukan hanya dinosaurus. kemungkinan juga pendinginan iklim akibat efek meteor. kenapa binatang lain tidak ikut punah? mereka bisa beradaptasi lebih cepat daripada dinosaurus (in my opinion). tikus misalnya (rhodentia), mengembangkan strategi beranak lebih banyak sebagai perilaku adaptif agar tidak punah. tapi gw (pribadi) lebih 'menyalahkan' mamalia sebagai biang kepunahan dinosaurus.

maap kalo penjelasan gw kurang menarik hati, silakan didiskusikan lagi. santai aja bro..  :D
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 02, 2008, 02:49:01 PM
@dopamine
Menarik kok, gw malah banyak ga tau nih soal dinosaurus, film jurassic park aja nontonnya setengah2, itu juga di tipi :P. Tapi memang gw kurang bisa nerima penjelasan mereka punah karena ada meteor yang jatuh, emang sebesar apa meteornya, trus masa cuman dinosaurus yang punah?

Nah penjelasan dopamine keliatannya lebih masuk akal, walau masih ada bbrp pertanyaan yg belum terjawab juga sih. Selain dinosaurus, hewan purba apa yang udah punah sekarang? Buat perbandingan aja, alasan yg lain punah kenapa.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 02, 2008, 03:11:41 PM
hewan yang udah punah ya? ada pelycosaurus (separuh reptil-separuh mamalia dan bukan dinosaurus) sudah total lenyap, kemudian ada pterosaurus (reptil terbang dan bukan dinosaurus), kemudian ada plesiosaurus (reptil laut dan bukan dinosaurus), ada thecodont (leluhur dinosaurus, crocodilian, burung), dan banyak lagi deh..

yang menarik, ternyata dinosaurus dan burung masih satu saudara loh, hubungan kekerabatan evolusi mereka ternyata dekat. bisa dibilang dinosaurus dan burung masih satu klan, mereka sama-sama archosaurus. kan istilah dinosaurus sebenarnya 'non-avian dinosaurs', berarti burung (aves) adalah 'dinosaurus' yang belum punah. mereka (archosaurus) muncul awal zaman triassic sekitar 248 juta tahun silam. masih diperdebatkan siapa leluhur asli klan archosaurus ini.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 02, 2008, 03:22:16 PM
ckckck... mantap nih pengetahuan perdinosaurusannya ;D selain dinosaurus yang punah kebanyakan reptil dong? Apa kesamaan mereka ya? Kalo burung dodo itu termasuk burung (walau ga bisa terbang)? Dodo udah punah juga kan? Harus baca lagi sejarahnya nih, ga mudeng gw jaman Triassic, Jurassic, ..... ??? Ntar baca2 dulu deh.  Oya, ada rekomendasi bacaan buat ini ga?
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 02, 2008, 03:26:37 PM
oh rekomendasi buat artikel ini buka aja disini :
http://science.nationalgeographic.com/science/prehistoric-world/prehistoric-time-line.html

hehe.. thanks ya, udah banyak yang lupa, maklum udah jadi desainer 3d. jadi harus baca-baca lagi.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: syx pada Agustus 03, 2008, 12:58:31 AM
Kalo burung dodo itu termasuk burung (walau ga bisa terbang)? Dodo udah punah juga kan? Harus baca lagi sejarahnya nih, ga mudeng gw jaman Triassic, Jurassic, ..... ??? Ntar baca2 dulu deh.  Oya, ada rekomendasi bacaan buat ini ga?
burung dodo ga isa terbang, banyak burung lain yg ga isa terbang, di antaranya burung unta dan kiwi. burung dodo kalo ga salah punah gara-gara rasa ingin taunya yg tinggi. ngeliat manusia bukannya lari malah mendekat karena penasaran. ya akibatnya berakhir di panggangan.
banyak yg punah karena ulah manusia, di antaranya harimau tasmania.
berkaitan dengan dinosaurus dan makhluk purba setidaknya ada beberapa binatang yg dianggap fosil hidup, di antaranya komodo di nusa tenggara dan coelacanth di perairan sulawesi.
terus ada juga yg dianggap masi berkaitan dengan burung purba... gw bahas di topic hoatzin. burung ini punya jari pada sayapnya semasa masih kecil.
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: uzik-sama pada Agustus 03, 2008, 10:55:58 AM
wah setau aku burung dodo punah gara2 rebutan semangka sama Manfred, Sid, Diego. hehehe ice age nih.

sampe sekarang masih bingung tentang dinosaur sebenernya lebih dekat ke burung daripada reptil. setau aku mirip aves adalah perilakunya dan bukan dari fisik. CMIIW
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 03, 2008, 11:11:30 AM
@uzik-sama
sayangnya perilaku tidak dapat dipelajari lewat fosil..
jadi kesimpulan perilaku masih butuh pertimbangan khusus lewat kerabat terdekatnya antara burung dan reptil. ciri fisik sih banyak mas uzik, tapi semuanya sebatas tulang, dan beberapa fosil dinosaurus memperlihatkan bulu burung ditubuhnya, hebat.

ternyata ayam goreng yang kita makan adalah 'dinosaurus' hehe... ngacir~
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Indiana Jones pada Desember 16, 2009, 04:47:24 AM
dalam islam sebenarnya sudah ada mahluk yang di ciptakan tuhan sebelum manusia pertama (adam) di turunkan di muka bumi. adapun nama mahkluk itu itu adalah banulja'an. para sejarahwan islam berpendapat bahwa yang di maksud dengan Banulja'an itu adalh dinosaurus sendiri. itu semua berdasarkan riwayat mahkluk itu sendiri karena tuhan telah memusnahkan mahlyk itu dengan hujan batu dari neraka, coba pikirkan riwayat punahnya banulja'an tersebut sama dengan cerita musnahnya dinosaurus yang katanya terkena hujan meteor
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Indiana Jones pada Desember 16, 2009, 05:57:23 AM
berdasarkan kitab suci islam zaman dimana bumi di ciptakan adalah sebanyak 6 masa. sejarahwan islam berpendapat bahwa masa itu merupakan waktu ketentuan yang tidak terbatas. dan bumi sendiri di ciptakan dalam masa yng ke-4, berdasarkan penjalaasan tersebut maka banulja'an turun kebumi di masa yg ke4. berdasarkan peembagian zaman prasejarah dinosaurus muncul di masa\zaman yang ke4. karena 1)islam telah menzelaskan bahwa masa yg pertama tuhan menciptakan istananya dulu jadi masa pertama kosong bumi belum dirancang. berdasrkan pembagian itu
2).Archaekum, zaman bumi baru mulai tercipta
3).palaezoikum, zaman awal kehidupan
4).mesozoikum, zaman dinosaurus
5).neozoikum, zaman mamalia raksasa
6).holosen, zaman manusia
berdasarkan pembagian prasejarah zaman/masa sendiri di bagi  menjadi 5 bagian (dalam lingkup ilmu pengetahuan dan 6 dalam lingkup keagamaan)
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada Desember 17, 2009, 12:20:21 AM
Pembagian waktu adalah buatan manusia, jadi bisa disesuaikan. Sejatinya zaman sendiri bisa dibagi 6, 9, 20, atau berapa juga angka yang anda mau, tinggal menyesuaikan perimeternya saja.

Dalam contoh kasus, antara zaman awal kehidupan dan zaman dinosaurus, ada masa dimana hewan multi sel dan bercangkang hidup. Antara zaman dinosaurus dan zaman mamalia raksasa ada zaman mamalia kecil. Dan kita tidak tahu jika manusia telah punah, akan ada zaman apa...
Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: milmi pada Desember 22, 2009, 12:09:23 PM
Archosauria yang disebut-sebut oleh dopamine muncul pertama kali pada awal Triassic sekitar 251 juta tahun yang lalu, merupakan salah satu ujung cabang dari evolusi Amniota.

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Amniota.png)

Cabang tersebut menjadi dua, satu menjadi Crurotarsi, sedangkan cabang kedua menuju Ornithodira dan Dinosauria.

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Archosauria.png)

Dinosauria sendiri terbagi menjadi dua clade besar, yaitu Ornithischia yang memiliki panggul (hips) seperti burung, serta Saurischia yang memiliki panggul seperti kadal.

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Dinosauria.png)

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Ornithischia.png)

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Saurischia.png)

Burung sendiri termasuk ke dalam Eumaniraptora, salah satu kelompok Theropoda pada clade Saurischia. Titik percabangannya ditandai dengan Archeopteryx, dinosaurus bersayap.

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Theropoda.png)

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Coelurosauria.png)

(http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/figures/104Eumaniraptora.png)

Semua gambar diambil dari http://www.geol.umd.edu/~tholtz/G104/lectures

Judul: Re: Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Desember 25, 2009, 05:03:09 PM
Wah, bagus..bagus..jadi nambah pengetahuan ttg dino nih..
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Maret 06, 2014, 01:33:18 PM
kalo berdasarkan kitab suci, dinosaurus mati gara-gara air bah jaman nuh. siapa mo bawa t-rex ato brontosaurus masuk bahtera? dalam Kitab Ayub pasal 40-41 ada dua gambaran makhluk yg tidak bisa digambarkan dengan hewan apa pun yg hidup sekarang. cuma aja diterjemahkan jadi kuda nil dan buaya. tapi dari ciri-ciri fisik yang disebutkan di situ lebih cocok dengan gambaran dinosaurus.

Kuda Nil & Buaya = Behemoth & Leviathan?
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: IdontSpeakHuman pada Maret 10, 2014, 12:19:56 PM
Di Indonesia saja, ada lebih dari 1500 spesies dinosaurus yang sampai sekarang masih hidup...  ;)
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Maret 14, 2014, 11:49:50 PM
Di Indonesia saja, ada lebih dari 1500 spesies dinosaurus yang sampai sekarang masih hidup...  ;)

Rangkok & Cendrawasih? Jalak Bali?

Dinosaurus itu termasuk Aves atau Reptil sih?
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: IdontSpeakHuman pada Maret 20, 2014, 02:56:51 PM
Rangkok & Cendrawasih? Jalak Bali?

Dinosaurus itu termasuk Aves atau Reptil sih?

Reptil. Dinosaurus itu klad, dia keturunan reptil, punya keturunan dari yang berbentuk reptil sampai burung. Pernah ada yang mengusulkan dibuat supaya dibikin kelas terpisah dari reptil yang isinya buaya, dinosaurus, & burung. Buaya, aligator, & gharial secara kekerabatan lebih dekat ke burung daripada ke reptil yang lain..
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 03, 2015, 02:40:09 AM
Reptil. Dinosaurus itu klad, dia keturunan reptil, punya keturunan dari yang berbentuk reptil sampai burung.

Kalau Triceratops, Styracosaurus, dan Monoclonius? Mereka tidak tampak seperti reptil maupun burung, malah lebih mirip badak.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Emerald_Eyes pada September 03, 2015, 07:39:55 AM
Kalau Triceratops, Styracosaurus, dan Monoclonius? Mereka tidak tampak seperti reptil maupun burung, malah lebih mirip badak.
Evolusi selama jutaan tahun bisa mengubah ciri fisik makhluk hidup menjadi sangat berbeda dari nenek moyangnya. Salah satu contoh nenek moyang ceratopsian adalah psittacosaurus, spesies ini terlihat lebih mirip burung mengingat dia semi-bipedal.
Terkait kemiripan ceratopcian dg badak, ini adalah contoh evolusi konvergen. Evolusi konvergen adalah proses perubahan sifat2 spesies2 yg berbeda (bahkan dari kingdom yg berbeda seperti reptil dan mammalia) melalui evolusi menuju keturunan2 yg memiliki beberapa sifat yg mirip. Contoh lain evolusi konvergen adalah kelalawar dan burung yg sama2 memiliki sayap.
Contoh2 lain evolusi konvergen dapat dilihat di https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_examples_of_convergent_evolution
Termasuk juga tentang ceratopsian yg bercula seperti badak.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 04, 2015, 09:23:46 PM
Saya terkadang agak bingung tentang evolusi. Pernah baca di TV Tropes kalau kekerabatan T-Rex ke ayam lebih dekat daripada kekerabatannya ke komodo. Oya, kalau evolusi itu mengantarkan makhluk hidup ke tingkatan yang lebih tinggi, berarti burung berevolusi menjadi mamalia dong? Tapi kok tidak ada mamalia yang berbentuk seperti burung ya selain platypus? Atau burung dan mamalia hanya mempunyai nenek moyang yang sama?
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Emerald_Eyes pada September 05, 2015, 05:15:44 AM
T-Rex lebih dekat ke ayam karena ayam berevolusi dari dinosaurus theropod, yg mana T-Rex adalah salah satu anggotanya, sementara komodo beserta kadal2 yg lain dan ular termasuk dalam lepidosauria. Lepidosauria berevolusi secara terpisah dari archosauria, yg merupakan nenek moyang dinosaurus.

Atau burung dan mamalia hanya mempunyai nenek moyang yang sama?
Ini yg benar, burung dan mamalia memiliki nenek moyang yg sama tetapi bukan merupakan keturunan satu sama lain. Dalam pohon evolusi, burung dan mamalia akan bertemu pada amniota.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 05, 2015, 11:40:11 AM
Ini yg benar, burung dan mamalia memiliki nenek moyang yg sama tetapi bukan merupakan keturunan satu sama lain. Dalam pohon evolusi, burung dan mamalia akan bertemu pada amniota.

Lalu platypus, mamalia yang mirip burung itu berevolusi dari apa?
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada September 09, 2015, 02:02:55 AM
Saya terkadang agak bingung tentang evolusi. Pernah baca di TV Tropes kalau kekerabatan T-Rex ke ayam lebih dekat daripada kekerabatannya ke komodo. Oya, kalau evolusi itu mengantarkan makhluk hidup ke tingkatan yang lebih tinggi, berarti burung berevolusi menjadi mamalia dong? Tapi kok tidak ada mamalia yang berbentuk seperti burung ya selain platypus? Atau burung dan mamalia hanya mempunyai nenek moyang yang sama?
Mamalia dan unggas sama-sama berevolusi dari reptil.
Tapi jalur evolusi mereka berbeda.
Unggas berevolusi dari dinosaurus theropod, atau moyang dinosaurus theropod. Mamalia tidak.

Lalu platypus, mamalia yang mirip burung itu berevolusi dari apa?
Juga dari reptil, tapi kemungkinan moyang mereka berevolusi lebih dini ketimbang mamalia lain.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 09, 2015, 12:12:42 PM
Mamalia dan unggas sama-sama berevolusi dari reptil.
Tapi jalur evolusi mereka berbeda.
Unggas berevolusi dari dinosaurus theropod, atau moyang dinosaurus theropod. Mamalia tidak.

Mamalia berevolusi dari dinosaurus sauropod? Apa perbedaam theropod dam sauropod?
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Emerald_Eyes pada September 10, 2015, 10:42:59 AM
Mamalia berevolusi dari dinosaurus sauropod? Apa perbedaam theropod dam sauropod?
Mamalia berevolusi dari reptil sebelum percabangan menuju dinosaurus terjadi, silahkan lihat gambar2 pada jawaban #30. Gambar2 tersebut sudah cukup menjelaskan proses evolusi dinosaurus dan sedikit bagian dari mamalia. Pada dasarnya sauropod dan theropod sama2 merupakan anggota saursichia, tetapi keduanya mengalami jalur evolusi yg berbeda. Sauropod bersifat herbivora, ukuran tubuh terbesear di antara spesies dinosaurus lain, dan berleher panjang, meskipun ada juga sedikit spesies yg bertubuh kecil. Sementara theropod, sebagian besar adalah karnivora, contoh yg paling menonjol dari grup ini adalah T-rex.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Emerald_Eyes pada September 10, 2015, 10:43:43 AM
Pada kenyataannya semua dinosaurus karnivora yg ditemukan saat ini termasuk dalam theropod.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 10, 2015, 03:08:56 PM
Mamalia berevolusi dari reptil sebelum percabangan menuju dinosaurus terjadi, silahkan lihat gambar2 pada jawaban #30. Gambar2 tersebut sudah cukup menjelaskan proses evolusi dinosaurus dan sedikit bagian dari mamalia. Pada dasarnya sauropod dan theropod sama2 merupakan anggota saursichia, tetapi keduanya mengalami jalur evolusi yg berbeda. Sauropod bersifat herbivora, ukuran tubuh terbesear di antara spesies dinosaurus lain, dan berleher panjang, meskipun ada juga sedikit spesies yg bertubuh kecil. Sementara theropod, sebagian besar adalah karnivora, contoh yg paling menonjol dari grup ini adalah T-rex.

Ho... Jadi percabangannya sudah sejak zaman hewan purba yang bentuknya kayak salamander itu ya...
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada September 19, 2015, 01:25:52 AM
Mamalia berevolusi dari dinosaurus sauropod? Apa perbedaam theropod dam sauropod?
Sauropoda itu dinosaurus berkaki empat dengan leher dan ekor panjang, dan kepala kecil. kalau mau lihat gambaran mudah, macam brachiosaurus. Theropoda itu dinosaurus bipedal, dari ukuran mini sampai raksasa, dari pemakan serangga atau tumbuhan sampai karnivora dan omnivora. Therizinosaurs adalah contoh theropod herbivora.

Dan seperti kta rekan emerald, mamalia berevolusi dari reptil sebelum dinosaurus.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 19, 2015, 01:45:53 PM
Sauropoda itu dinosaurus berkaki empat dengan leher dan ekor panjang, dan kepala kecil. kalau mau lihat gambaran mudah, macam brachiosaurus. Theropoda itu dinosaurus bipedal, dari ukuran mini sampai raksasa, dari pemakan serangga atau tumbuhan sampai karnivora dan omnivora. Therizinosaurs adalah contoh theropod herbivora.

Lah kalau yang begini:
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
sauropod atau theropod? Dia tidak berleher panjang dan tidak pula bipedal.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada September 20, 2015, 04:12:33 AM
Lah kalau yang begini:
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
sauropod atau theropod? Dia tidak berleher panjang dan tidak pula bipedal.
Bukan dua-duanya.
Theropod itu subordo dari ordo saurischia. begitu pula sauropod.
Scutosaurus dari ordo Procolophonomorpha
Macam triceratops juga dari ordo Ornithischia
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Emerald_Eyes pada September 20, 2015, 05:27:35 AM
Scutosaurus bukanlah dinosaurus.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 20, 2015, 09:31:25 AM
Lah, kalau bukan dinosaurus terus apa dong?
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Pi-One pada September 21, 2015, 02:39:37 AM
Lah, kalau bukan dinosaurus terus apa dong?
Parareptilia.
Gak semua reptil purba adalah dinosaurus.
Macam plesiosaurus (reptil laut) atau pteranodon (reptil terbang) juga bukan dinosaurus.
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 21, 2015, 03:53:14 AM
Parareptilia.
Gak semua reptil purba adalah dinosaurus.
Macam plesiosaurus (reptil laut) atau pteranodon (reptil terbang) juga bukan dinosaurus.

Tapi postur tubuhnya Scutosaurus tidak tampak seperti reptil sama sekali...  :-\
Judul: Re:Tentang dinosaurus
Ditulis oleh: Prometheus pada Agustus 06, 2016, 08:27:31 AM
Saya baru tau ada forum sains, tampaknya pembahasannya menarik. Sudah tidak ada yang bahas?