Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Februari 28, 2021, 11:08:06 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tentang dinosaurus  (Dibaca 69357 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Tentang dinosaurus
« pada: Juli 21, 2008, 01:33:13 PM »
Halo ketiga  ;D

Kita bahas dinosaurus yuk. Ada yang tau cerita dinosaurus ga nih? Kenapa dan kapan dinosaurus punah?
Beberapa sumber menyebutkan mereka punah karena ada meteor besar yang jatuh ke bumi. Bener ga nih?
Trus setelah peristiwa itu makhluk hidup apa yang tertinggal? Kenapa bisa berkembang sampe seperti sekarang?
Ah, yang terakhir terlalu jauh keknya, dah ada topiknya sendiri juga. Soal dino dulu deh. Thanks.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2008, 12:21:10 AM »
Halo ketiga  ;D

Kita bahas dinosaurus yuk. Ada yang tau cerita dinosaurus ga nih? Kenapa dan kapan dinosaurus punah?
Beberapa sumber menyebutkan mereka punah karena ada meteor besar yang jatuh ke bumi. Bener ga nih?
Trus setelah peristiwa itu makhluk hidup apa yang tertinggal? Kenapa bisa berkembang sampe seperti sekarang?
Ah, yang terakhir terlalu jauh keknya, dah ada topiknya sendiri juga. Soal dino dulu deh. Thanks.
Soal jatuhnya meteor, kan ada bukti dari kawah di Arizona?

Tapi jatuhnya meteor gak secara langsung membunuh semua meteor. Efek lanjutannya yang berperan. Debu yang menyebar yang menutupi langit, yang membuat suhu menurun drastis, perubahan diklim dll. Korban yang duluan mungkin para hewab-hewan besar, karena konsumsi mereka yang tinggi sementara jumlah makanan menipis..

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 12:54:35 AM »
@Pi-One

link, source ato apa pun pls, pengen baca2 nih. Skalian dong, species dinosaurus apa aja sih?
Yang di Jurassic Park itu bener semua ga? Makasih ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #3 pada: Juli 22, 2008, 03:08:27 AM »
kalo berdasarkan kitab suci, dinosaurus mati gara-gara air bah jaman nuh. siapa mo bawa t-rex ato brontosaurus masuk bahtera? dalam Kitab Ayub pasal 40-41 ada dua gambaran makhluk yg tidak bisa digambarkan dengan hewan apa pun yg hidup sekarang. cuma aja diterjemahkan jadi kuda nil dan buaya. tapi dari ciri-ciri fisik yang disebutkan di situ lebih cocok dengan gambaran dinosaurus.

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #4 pada: Juli 22, 2008, 11:33:37 PM »
banyak spekulasi dan teori tentang punahnya dinosaurus.
dari buku yang aku baca pas SD sih (yang masih inget aja)
- asteroid raksasa yang menghantam bumi. separuh dari bumi terkena dampak langsung, lalu setengahnya lagi terkena dampak setelahnya (radiasi, debu yang menutup udara dsb)
- munculnya mamalia pengerat yang memakan telur2 dinosaurus
- adanya bencana alam super dahsyat (mirip yang dibilang oleh syx)
- tumbuhan2 & pohon2 tinggi yang layu, ini mengakibatkan punahnya dinosaurus herbivora dan berdampak pada raptor

tapi tetep yan paling populer yang teori asteroid itu, karena ada jejaknya di arizona. kalo ngga salah inget asteroid itu segede Texas.

@reborn
yang di jurassic park tuh emang beneran ada tapi nyampur dalam satu zaman. dari triasic sampe jura dihidupkan dalam satu scene.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #5 pada: Juli 22, 2008, 11:46:48 PM »
kalo berdasarkan kitab suci, dinosaurus mati gara-gara air bah jaman nuh. siapa mo bawa t-rex ato brontosaurus masuk bahtera? dalam Kitab Ayub pasal 40-41 ada dua gambaran makhluk yg tidak bisa digambarkan dengan hewan apa pun yg hidup sekarang. cuma aja diterjemahkan jadi kuda nil dan buaya. tapi dari ciri-ciri fisik yang disebutkan di situ lebih cocok dengan gambaran dinosaurus.
Anda bisa membayangkan bagaimana memanajemen segitu banyak hewan di dalam satu kapal? Memberi makan mereka, mencegah mereka berkelahi, dsb. belum lagi memikirkan bagaimana karnivora bertahan hidup sementara menunggu herbivora berkembang biak dulu setelah bencana banjir besar berlalu...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #6 pada: Juli 22, 2008, 11:59:28 PM »
ya mungkin mereka musti diet dulu karena makanan cuma dibawa dalam jumlah terbatas, yang jelas ada Kuasa yang di luar logika manusia yg juga bekerja di situ...
btw, Nabi Nuh melarang anaknya mengisi waktu menunggu banjir surut dengan memancing karena cacingnya cuma ada dua.

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #7 pada: Juli 23, 2008, 03:55:30 AM »
Ehm, melebar neh pembahasannya. Hayo, jangan nyerempet ke agama, nanti tak ketok sampeyan :D. Btw, mslh dinosaurus, komentarnya nanti aja aah :P. Soalnya blm nemu sumber acuan yg valid siih....
...setetes air di samudera luas...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #8 pada: Juli 23, 2008, 05:33:35 AM »
abisnya susah cari teori yg logis...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #9 pada: Juli 23, 2008, 08:02:56 AM »
Gak nyangka si sis ternyata sangat religius ya ;D
Jadi gimana nih, pertanyaan gw blm terjawab ya ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #10 pada: Juli 23, 2008, 08:30:30 AM »
soalnya gini... kalo bener ada bencana besar kenapa cuma makhluk tertentu aja, tidak semuanya yang punah. apakah dinosaurus selemah itu ketimbang binatang yang lebih kecil? demikian juga kalo kasus kelaparan. apa yg kecil-kecil ini ga punah juga? so, bahtera nuh adalah yg paling cocok...


sisa-sisa bahtera nuh di pegunungan ararat.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #11 pada: Juli 23, 2008, 08:38:22 AM »
ntar diketok milmi lho sampeyan.
Ga ikut2 ah....... kabur dulu sementara....

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #12 pada: Juli 24, 2008, 02:22:36 AM »
soalnya gini... kalo bener ada bencana besar kenapa cuma makhluk tertentu aja, tidak semuanya yang punah. apakah dinosaurus selemah itu ketimbang binatang yang lebih kecil? demikian juga kalo kasus kelaparan. apa yg kecil-kecil ini ga punah juga?
Saat makanan sulit dicari, yang utama menjadi korban adalah yang konsumsinya tinggi...

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #13 pada: Juli 26, 2008, 12:56:22 AM »
aku agak ngga setuju sama arc of noah di hubungkan dengan punahnya dinosaur. *IMHO

kalo alasan dinosaurus besar, khan ngga semua dinosaurus besar? velociraptor sebesar kanguru, pteranodon juga ngga lebih besar daripada gajah.

tapi juga baru kepikiran, kalo asteroid jatuh kenapa cuma dinosaurus aja yang musnah?

ada teori laen ato yang menguatkan teori yang udah ada ngga?

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Tentang dinosaurus
« Jawab #14 pada: Juli 26, 2008, 02:26:00 AM »
Nih, ketemu artikel bagus yg menyatakan bahwa meteor bukan lagi tersangka utama kepunahan massal.



Meteor No Longer Prime Suspect In Great Extinction
from: http://www.terradaily.com/reports/Meteor_No_Longer_Prime_Suspect_In_Great_Extinction_999.html

The greatest mass extinction in Earth's history also may have been one of the slowest, according to a study that casts further doubt on the extinction-by-meteor theory. Creeping environmental stress fueled by volcanic eruptions and global warming was the likely cause of the Great Dying 250 million years ago, said USC doctoral student Catherine Powers. Writing in the November issue of the journal Geology, Powers and her adviser David Bottjer, professor of earth sciences at USC, describe a slow decline in the diversity of some common marine organisms
The decline began millions of years before the disappearance of 90 percent of Earth's species at the end of the Permian era, Powers shows in her study.

More damaging to the meteor theory, the study finds that organisms in the deep ocean started dying first, followed by those on ocean shelves and reefs, and finally those living near shore.

"Something has to be coming from the deep ocean," Powers said. "Something has to be coming up the water column and killing these organisms."

That something probably was hydrogen sulfide, according to Powers, who cited studies from the University of Washington, Pennsylvania State University, the University of Arizona and the Bottjer laboratory at USC.

Those studies, combined with the new data from Powers and Bottjer, support a model that attributes the extinction to enormous volcanic eruptions that released carbon dioxide and methane, triggering rapid global warming.

The warmer ocean water would have lost some of its ability to retain oxygen, allowing water rich in hydrogen sulfide to well up from the deep (the gas comes from anaerobic bacteria at the bottom of the ocean).

If large amounts of hydrogen sulfide escaped into the atmosphere, the gas would have killed most forms of life and also damaged the ozone shield, increasing the level of harmful ultraviolet radiation reaching the planet's surface.

Powers and others believe that the same deadly sequence repeated itself for another major extinction 200 million years ago, at the end of the Triassic era.

"There are very few people that hang on to the idea that it was a meteorite impact," she said. Even if an impact did occur, she added, it could not have been the primary cause of an extinction already in progress.

In her study, Powers analyzed the distribution and diversity of bryozoans, a family of marine invertebrates.

Based on the types of rocks in which the fossils were found, Powers was able to classify the organisms according to age and approximate depth of their habitat.

She found that bryozoan diversity in the deep ocean started to decrease about 270 million years ago and fell sharply in the 10 million years before the mass extinction that marked the end of the Permian era.

But diversity at middle depths and near shore fell off later and gradually, with shoreline bryozoans being affected last, Powers said.



 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Sendainya Dinosaurus Tidak Punah???

Dimulai oleh Ahazveroz « 1 2 3 » Biologi

35 Jawaban
20777 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 11, 2009, 12:37:06 AM
oleh milmi
15 Jawaban
21055 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 26, 2010, 01:44:42 PM
oleh arydhamayanti
0 Jawaban
3348 Dilihat
Tulisan terakhir April 21, 2009, 07:27:39 AM
oleh Alicha
8 Jawaban
7471 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2009, 07:09:56 AM
oleh Pi-One
4 Jawaban
175765 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2017, 03:00:45 AM
oleh Emerald_Eyes