Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 01:57:54 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tips Merawat Hamster  (Dibaca 179403 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline WulanPuspaIndah

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Tips Merawat Hamster
« pada: November 12, 2016, 04:42:20 AM »


Hamster. Dari namanya saja kita bisa mengetahui bahwa hamster merupakan seekor binatang yang sangat menggemaskan. Hamster dapat kita temukan di berbagai tempat, pet shop terkemuka maupun pet shop yang ada di pinggir jalan, bahkan di mall sekali pun terdapat tempat khusus yang menjual hamster dan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Saya akui memang hamster sangatlah lucu dan menggemaskan. Saya pun sampai membeli binatang yang termasuk dalam subfamili Cricetinae dalam jumlah yang sangat banyak, mungkin sekitar 20-25 ekor.

Mungkin anda berpikir bahwa saya seperti maniak hamster. Yah, memang benar mungkin saya merupakan maniak hamster. Saya memang termasuk remaja yang cinta serta peduli pada hewan dan benar-benar ingin melindungi berbagai makhluk hidup ciptaan Tuhan. Nah, kali ini saya akan membahas penyakit-penyakit yang dapat diderita hewan pengerat itu. Memang penting sekali mengetahui berbagai penyakit yang kemungkinan besar dapat diderita oleh hewan kecil yang jangka waktu hidupnya hanya sebentar ini sebelum anda memutuskan untuk memeliharanya. Seperti contohnya saya. Saya benar-benar menyesal telah ceroboh dan tidak berhati-hati saat memelihara binatang peliharaan favorit saya itu. Sehingga, 20-25 ekor Hamster milik saya pun mati. Penyebab kematiannya pun tidak jelas. Padahal saya tidak pernah lupa untuk memberi makanan yang sehat, bergizi, dan lezat untuk hamster-hamster kesayangan saya itu. Kandangnya pun sangat besar, nyaman, dan tidak pernah lupa saya bersihkan. Saya juga menyediakan minuman yang bersih. Saya rasa hamster milik saya itu mati karena saya tidak pernah menyadari bahwa mereka telah menderita penyakit. Penyakit yang diderita oleh hamster pun sangat sulit diketahui ciri-cirinya. Oleh karena itu, saya ingin menjelaskan beberapa penyakit yang pernah diderita oleh hamster saya. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar hamster yang kita pelihara bisa tetap terjaga kesehatannya.

Inilah beberapa penyakit yang bisa diderita oleh hamster serta cara-cara untuk mencegah ataupun mengobatinya:

1. Penyakit Mata : Glaukoma, Katarak dan sejenisnya

Beberapa hamster akan develop katarak di masa tuanya. Terkadang penyakit ini memang tidak begitu mempengaruhi kesehatan dan fisik hamster. Namun, bila penyakit mata yang diderita sudah tergolong parah, maka hamster anda pun bisa mati. Ciri-ciri hamster yang sudah terjangkit oleh penyakit ini :

        a. Ada lingkaran kebiruan di tengah matanya

        b. Matanya memerah dan seperti ada cairan yang pekat di matanya

Cara-cara untuk mengobatinya:

        a. Bawa Hamster anda ke dokter hewan terdekat. Karena bila ditangani oleh diri kita sendiri yang memang belum mengetahui jelas apa obat yang terbaik untuk menyembuhkan penyakit binatang peliharaan kesayangan kita, maka nanti akibatnya bisa menjadi fatal.

        b. Kalau sudah sembuh, saya sarankan Hamster anda untuk mengkonsumsi wortel.

        Pemberian wortel juga baik untuk menjaga kesehatan mata, terutama pada Hamster albino/bermata merah. Pemberian wortel juga cukup 1 iris per ekor.

        c. Jika pada kandang hamster terdapat botol minum dicek apakah botol tersebut bocor atau tidak, karena kemungkinan mata hamster anda berjamur karena botol yang bocor.



2. Hamster Cancers/Tumours

Terkadang pada tubuh hamster timbul benjolan-benjolan yang tidak biasa yang semakin besar dari waktu ke waktu. Resiko tumor/kanker muncul ketika hamster beranjak tua. Beberapa tumor/kanker bisa diobati, walaupun tumor/kanker telah dioperasi masih bisa tumbuh lagi. Operasi yang dilakukan Vet juga terkadang beresiko karena kecilnya ukuran tumor/kanker juga penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat membahayakan hamster. Sayangnya, tumor/kanker juga bisa ditimbulkan karena perkawinan satu garis keturunan (incest) misalnya: antaranakan, induk dengan anak.

Cara-cara untuk mencegah dan mengobatinya:

        a. Penanganan dini oleh Vet dapat membantu pencegahan penyebaran sel tumor/kanker.

        b. Hamster yang menderita tumor/kanker dapat hidup biasa layaknya Hamster normal, yang perlu diperhatikan adalah untuk menyingkirkan segala benda tajam dalam kandang Hamster yang dapat mengoyak tumor/kanker. Jika tumor/kanker terkoyak, oleskan minyak lavender/minyak sayur. Pengobatan ini perlu dilakukan untuk mencegah supaya Hamster tidak menjilat cairan tumor/kanker dan mencegah supaya tidak terjadi pendarahan.

3. Hamster Strokes

Ketika hamster terserang penyakit stroke, kepala hamster biasanya akan miring ke satu arah dan hamster berlarian berputar-putar. Stroke biasanya menyerang pada malam hari. Hamster yang terserang stroke mempunyai tingkat harapan hidup yang rendah, walaupun mereka mampu bertahan hidup, mereka akan mengalami ”head tilt” / miring kepala secara permanen.

Namun ”head tilt” ini biasanya terjadi karena adanya infeksi di bagian dalam telinga atau bisa juga terjadi karena infeksi saluran pernapasan. Hamster akan mencoba memiringkan kepalanya ketika berusaha untuk berjalan. Hal lain yang memungkinkan terjadi adalah adanya tumor otak pada hamster. Gejala stroke lainnya adalah biasanya hamster akan bersikap normal namun kemudian hamster seperti ”kesurupan”/terhipnotis dengan bersikap diam saja tidak bergeming ketika dikagetkan.

Cara-cara untuk mengobatinya:

        a. Infeksi bakteri ini dapat disembuhkan dengan resep obat dari dokter hewan.

        b. Stroke dapat disembuhkan dengan porsi makanan dan minuman yang berimbang dan harus selalu dipantau selama 2 minggu berturut-turut.


4. Hamster Wet Tail

Hamster Wet Tail merupakan infeksi bakteri dan dapat menyebabkan diare akut. Stress dan ketidakseimbangan porsi makanan menjadi penyebab utama Hamster Wet Tail. Salah satu contoh stress adalah pengaruh ketika hamster dibawa dari toko hewan menuju rumah (perjalanan panjang). Gejala Hamster Wet Tail itu adalah sebagai berikut: Area anus hamster menjadi lengket dan basah. Hamster yang sakit akan bergerak sedikit sekali dan sama sekali tidak mau makan.

Cara-cara untuk mengobatinya:

a. Cairan isotonik dapat diberikan secara oral kepada hamster dan dokter hewan dapat meresepkan antibiotik untuk hamster. Metronidazole POM biasa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan dengan takaran sesuai anjuran dokter hewan.

b. Suapi hamster anda segera dengan makanan yang telah dihaluskan. Triknya mungkin bisa dengan menambahkan madu untuk menambah nafsu makannya.

c. Kandang hamster yang sakit sebaiknya segera dibersihkan dengan disinfektan / secara menyeluruh.


d. Penyakit yang telah saya jelaskan di atas merupakan beberapa penyakit yang pernah diderita oleh Hamster-Hamster kesayangan saya. Memang agak susah untuk mengobatinya. Namun, cara terefektif agar Hamster anda bisa sembuh dari penyakitnya adalah membawanya ke dokter hewan yang terpercaya. Jangan sampai anda tidak menyadari ciri-ciri maupun gejala-gejala Hamster yang sedang sakit. Sayangilah binatang peliharaan anda dan tunjukkan bahwa anda merupakan pecinta hewan dan lingkungan. Jangan sampai ceroboh seperti saya. Saya harap artikel yang saya buat ini bisa membantu anda yang sedang memelihara Hamster agar mengetahui berbagai penyakit yang kemungkinan besar bisa diderita oleh Hamster kesayangan anda ataupun anda yang akan memelihara Hamster. Good luck!


*Saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami dan juga dari beberapa majalah yang pernah baca saya mau pun beberapa situs internet yang pernah saya lihat.


Oleh: Wulan Puspa Indah

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
170209 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2015, 06:48:28 PM
oleh Online Shop Sepatu
7 Jawaban
180740 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2013, 11:33:08 PM
oleh Monox D. I-Fly
17 Jawaban
199132 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 21, 2016, 12:36:17 PM
oleh JINNAN
2 Jawaban
4155 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 11, 2014, 12:06:47 AM
oleh ciptono
5 Jawaban
165717 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 05, 2016, 02:42:30 AM
oleh dimensidata