Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2021, 05:35:00 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 24
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: tulang ekor  (Dibaca 18799 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
tulang ekor
« pada: November 19, 2011, 10:43:00 PM »
ada teman saya jatuh dan ia merasakan sakit dibagian tulang ekornya. jadi saat dia bangun dr duduk atau tidur pandangannya langsung kabur. kalau dibiarkan(tidak konsultan sm dokter) apa bisa berdampak parah ya? mengingat tulang ekor bersambungan dgn sumsum tulang belakang.
i adore your intelligence

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: tulang ekor
« Jawab #1 pada: November 26, 2011, 09:55:42 AM »
Saya juga pernah punya teman jatuh dari pohon kelapa. Sekarang tubuhnya jadi deformed. Cek langsung ke dokter, tapi saya ga yakin itu karena jatuh dari pohon kelapa, karena teman yang lain jatuh juga, "cuma" patah tangan. Yang lain jatuh dari motor tapi jarinya bengkok, karena patah tapi tidak digips.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: tulang ekor
« Jawab #2 pada: November 26, 2011, 09:35:52 PM »
deformed itu sendiri artinya apa om?

Offline danzJr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: tulang ekor
« Jawab #3 pada: November 27, 2011, 03:44:58 AM »
bagian tulang belakang bagian yang paling sensitis. kenapa? karena tulang belakang langsung berhubungan dengan otak (penyangga otak).

bayangkan saja rumah Anda bagian fondasi dasarnya di hancurkan dan lihat apa yang terjadi ;D
sesuatu itu dimulai dari mimpi, diusahakan dan menjadi kenyataan

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: tulang ekor
« Jawab #4 pada: November 27, 2011, 04:09:12 AM »
deformed itu sendiri artinya apa om?

de-form-ed= Menjadi bentuk yang tidak lazim. Pendek tapi gendut, tapi aneh, tidak sesuai ratio umum.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: tulang ekor
« Jawab #5 pada: November 27, 2011, 05:11:12 AM »
@danJr : iya, saya punya buku anatomi manusia. dibagian tulang ekor itu cukup banyak sel saraf yg mengelilingi.
tapi paska jatuh itu kan menurut saya dampaknya tdk langsung, mungkin dlm jangka lama bisa dirasakan akibatnya entah itu paska kecelakaan atau jatuh..

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:tulang ekor
« Jawab #6 pada: Desember 16, 2011, 04:51:28 AM »
ada teman saya jatuh dan ia merasakan sakit dibagian tulang ekornya. jadi saat dia bangun dr duduk atau tidur pandangannya langsung kabur. kalau dibiarkan(tidak konsultan sm dokter) apa bisa berdampak parah ya? mengingat tulang ekor bersambungan dgn sumsum tulang belakang.
Hm..
Kayanya antara jatuh dan pandangan kabur saat dia bangun dari duduk ga ada hubungannya deh..
Karena di tulang duduk itu ada saraf2 dari percabangan medula spinalis, sedangkan soal pandangan itu uda ada sarafnya sendiri di  12 pasang saraf cranial.. Jadi jauh banget.  ;D
Tapi kalau soal bangun dari posisi duduk ke berdiri secara tiba2 dan pandangan kabur mungkin ada hubungannya soal hipotensi atau juga karena perubahan tekanan oksigen darah yang tiba2 berubah.. :D
Jadi sepertinya ga masalah kalau memang setelah jatuh dia masi bisa duduk dengan baik, tidur dengan baik, dan jalan dengan baik.
Soal pandangan kabur itu persoalan lain lagi...
;D
~ You are what you eat ~

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:tulang ekor
« Jawab #7 pada: Desember 16, 2011, 09:39:29 AM »
tulang duduk itu maksudnya tulang sarkum - tulang ekor ya Sis? ::)
...Tapi kalau soal bangun dari posisi duduk ke berdiri secara tiba2 dan pandangan kabur mungkin ada hubungannya soal hipotensi...
kenapa ini masuk dalam salah satu gejala hipotensi? kalau Sis berkenan, saya minta penjelasannya dong ;D

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:tulang ekor
« Jawab #8 pada: Desember 17, 2011, 10:26:49 AM »
bener bener..
Os. sacrum maksudnya.. :D

oh..
bole bole donk.. ^^
Sebelumnya, mungkin ga hanya orang yang hipotensi sih bisa mengalami hal seperti itu. yang tiba2 berdiri dari posisi yang lebih rendah dan pandangan kabur.. orang yang normal juga bisa ngerasain hal seperti itu.. hahaha..
Hm..

nah, saat kita yang awalnya duduk (ketinggian X) dan tiba2 berdiri (menjadi ketinggian X+Y).. Berarti terjadi perubahan tekanan deh..
Maka bisa dibilang tekanan oksigen berkurang, dan itu menyebabkan suplai oksigen ke mata ikut berkurang.. Maka mata kabur bentar.. Soalnya makanan dia kurang sikit.. Ngambek deh dia. XDD
gitu deh..

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:tulang ekor
« Jawab #9 pada: Desember 18, 2011, 02:10:37 AM »
oh iya iya, mungkin kekurangan suplai dibagian pembuluh darah yang ada didalam bola mata. :)
ng, berhubung membicarakan tulang sarkum-tulang ekor ini saya mau tanya..

usia menikah (untuk wanita) itu sekitar 20 tahun kan, mengapa?
karena pertumbuhan pada (pintu) tulang pelvis wanita sudah mampu sebagai jalan keluarnya bayi. jika wanita muda sudah hamil maka akan ada kendala dalam proses melahirkan, yaitu pintu tulang pelvis yang masih menyempit. CMIIW
nah pertanyaannya...

dalam beberapa kasus, wanita muda (dibawah 20 tahun) melahirkan dengan normal tetapi pada bayinya mengalami luka 'gores' horizontal pada kepala. nah luka gores itu sebabkan karena apa? apa terkena bagian ujung tulang ekor?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:tulang ekor
« Jawab #10 pada: Desember 18, 2011, 02:31:08 AM »
hmm.. pintu ya..
Pada kepala bagian mana tuh?
Seharusnya sih untuk luka luka gitu, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi..
Kalau tulang ekor membuat luka saat melahirkan, rasa2nya menurut saya pribadi agak ga mungkin..
Soalnya melahirkan itu kan jalannya lewat vagina keluarnya, lewat rahim..
Sedangkan coccygeus itu letaknya lebih didaerah bokong..
Jadi rada jauh gitu..
Sehingga ga gitu pengaruh..
CMIIW~

Kalo soal menikah cepet menikah lambat, ga masalah lah itu..
Sekarang uda canggih..
Ada yang namanya operasi caesar..
hahahha...

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:tulang ekor
« Jawab #11 pada: Desember 18, 2011, 02:49:50 AM »
oia memang tulang ekor itu berada dibelakang dan agak jauh, hehe ;D
lukanya dari depan sampai belakang kepala. lurus horizontal.
he maksud hubungan umur itu pada perkembangan tulang pelvis itu sendiri. 

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:tulang ekor
« Jawab #12 pada: Desember 20, 2011, 05:58:03 AM »
sepertinya yang dilihat itu karena celah antar sambungan tulang penyusun tengkorak pada bayi yang memang masi blom menyatu sempurna. coba pegang aja bagian ubun-ubun bayi, akan terasa lunak di situ.



beda kalo abis operasi cesar kemudian ditemui luka gores sampe berdarah-darah...

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:tulang ekor
« Jawab #13 pada: Desember 20, 2011, 09:31:13 AM »
oia saya lupa terdapat sutura, penghubung beberapa bagian tengkorak. CMIIW
tapi kenapa ya, gambar bayi yang baru dilahirkan yang pernah saya lihat seperti luka gores yg berdarah-darah...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:tulang ekor
« Jawab #14 pada: Desember 20, 2011, 10:00:35 PM »
kali aja kena sabet pisau bedah dokternya... ada gambarnya?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
7870 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2008, 07:00:19 AM
oleh syx
6 Jawaban
3868 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2010, 08:28:30 AM
oleh r.a.n
17 Jawaban
19169 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2016, 04:05:24 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
178085 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2016, 10:10:33 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
25254 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2017, 12:21:33 PM
oleh Pi-One