Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: Hendy wijaya, MD pada September 13, 2009, 05:56:56 AM

Judul: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 13, 2009, 05:56:56 AM
Mau tanya nih ke siapa aja, ada ga wadah, bisa organisasi, asosiasi atau apa saja, yang menghimpun orang2 yang berminat, meneliti, ataupun sebagai jalur networking dalam bidang ilmu genetika dan biologi molekuler di Indonesia? kalau ada, gemana cara mendaftarnya?siapa contact personnya?atau mau ga kalau kita bikin sendiri aja asosiasinya? Kebetulan saya sedang melakukan penelitian di bidang genetika.
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Idad pada September 14, 2009, 06:29:59 PM
Mau tanya nih ke siapa aja, ada ga wadah, bisa organisasi, asosiasi atau apa saja, yang menghimpun orang2 yang berminat, meneliti, ataupun sebagai jalur networking dalam bidang ilmu genetika dan biologi molekuler di Indonesia? kalau ada, gemana cara mendaftarnya?siapa contact personnya?atau mau ga kalau kita bikin sendiri aja asosiasinya? Kebetulan saya sedang melakukan penelitian di bidang genetika.
yup.., sebetulnya kalau ada asik juga..,
soalnya saya tertarik jgua dengan bidang biologi molekuler..,

mungkin untuk mas Hendy bisa cari di Google Groups..,
selamat mencoba..
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 15, 2009, 03:56:12 AM
Sudah saya cari mas, tapi memang tidak ada..makanya saya tanya kepada teman-teman sesama penggemar biologi..Ada sih Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia, tapi saya rasa perhimpunan itu kurang begitu aktif, apalagi yang cabang denpasar, tempat tinggal saya...steril-steril aja tuh..webnya juga ga ada..saya berencana bikin web/forumnya untuk memediasi komunikasi dan networkin di antara sesama peneliti dan peminat di bidang ini..
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 25, 2009, 05:42:09 PM
Wah, boleh juga nih. Kebetulan minat saya juga pada Genetics, Molecular Biology, dan Biochemistry.
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: The Houw Liong pada September 25, 2009, 10:03:03 PM
Genetika dan biologi molekuler adalah ujung tombak dari sains dan teknologi abad 21.
Judul: Biobio.
Ditulis oleh: biobio pada September 25, 2009, 11:59:17 PM
Btw Pak Hendy Wijaya, MD sedang meneliti apa nih?
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 26, 2009, 04:52:29 AM
Mau tanya nih ke siapa aja, ada ga wadah, bisa organisasi, asosiasi atau apa saja, yang menghimpun orang2 yang berminat, meneliti, ataupun sebagai jalur networking dalam bidang ilmu genetika dan biologi molekuler di Indonesia? kalau ada, gemana cara mendaftarnya?siapa contact personnya?atau mau ga kalau kita bikin sendiri aja asosiasinya? Kebetulan saya sedang melakukan penelitian di bidang genetika.
wah kalo boleh saya ikutan ;D
Btw Pak Hendy Wijaya, MD sedang meneliti apa nih?
biobio makai hp/ PDA kah kaget gw topik nya awal gw baca "biobio"
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 26, 2009, 05:03:22 AM
Topik awal gimana sih? Iya, saya pakai Blekberi...
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 26, 2009, 05:05:11 AM
Topik awal gimana sih? Iya, saya pakai Blekberi...
liat aja di postingan lu pasti ngerti ;D
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 26, 2009, 05:12:55 AM
Maksudnya di "subjek" yang biasanya bertuliskan [Re: blablabla] itu ya?
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 26, 2009, 05:16:51 AM
Maksudnya di "subjek" yang biasanya bertuliskan [Re: blablabla] itu ya?
yup betul sekali ;D
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 26, 2009, 05:20:41 AM
Gitu aja, ngapain kaget... Lu mau tulis "ginji" emang ga bisa?
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 26, 2009, 05:24:12 AM
Gitu aja, ngapain kaget... Lu mau tulis "ginji" emang ga bisa?
sepertinya gak bisa
lagipula kalo topik nya aneh kan gw gak masuk
cuma tadi gw masuk karena "tulisan terakhir oleh biobio dalam biobio" nah gw rasa unik topik biobio apaan
eeh ternyata komunitas molekul ;D
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 26, 2009, 05:31:36 AM
Bisa kok... Gw online pake PC aja bs gue ganti... Coba tuh waktu lu balas tulisan gue ini, ganti di SUBJEK nya.
Topik biobio? Menarik juga tuh, ayo buat...
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 26, 2009, 05:35:53 AM
Bisa kok... Gw online pake PC aja bs gue ganti... Coba tuh waktu lu balas tulisan gue ini, ganti di SUBJEK nya.
Topik biobio? Menarik juga tuh, ayo buat...
ahhahahahaha iya bisa cuma gak perhatiin aja
topik biobio mo ngapain
tentang biologi apa biobio :P
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: The Houw Liong pada September 26, 2009, 06:39:12 AM
Silahkan simak :

http://en.wikipedia.org/wiki/Molecular_biology
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 01:17:00 PM
Saya meneliti tentang Peran gen CYP2A6 terhadap ketergantungan fisik individu pada nikotin dalam rokok..disamping itu saya juga gemar memperdalam wawasan di bidang genetika dan biologi molekuler. Saya merasa sangat kesusahan menemukan orang2 yang "satu spesies" dengan saya sampai akhirnya nemuin nih forum..wah serasa di surga pertukaran ide dan pikiran..hehe..nah untuk memperluas networking di antara sesama peminat dan peneliti di bidang genetika dan biologi molekuler, bagaimana kalau kita bentuk saja asosiasinya..Di bidang disiplin ilmu saya (kedokteran), genetika dan biologi molekuler seperti new emerging technology..dan masih banyak calon peneliti yang kebingungan mencari informasi untuk penelitian dan networking guna menunjang sarana dan prasarana penelitian serta memperdalam ilmu.Pada dasarnya asosiasi yang saya maksudkan hanya berfungsi unttuk memfasilitasi,memediasi,memperluas wawasan/informasi dan membangun networking di antara sesama peminatnya..bagaimana?ada saran lagi dari saudara-saudara?
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 29, 2009, 01:26:28 PM
  memfasilitasi,memediasi,memperluas wawasan/informasi dan membangun networking di antara sesama peminatnya..bagaimana?ada saran lagi dari saudara-saudara?
sepertinya sudah lengkap
dalam suatu asosiasi atau komunitas
kayaknya ini dah lebih dari cukup ...
tinggal menemukan asosiasi nya atau membangun sendiri ...
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 02:27:21 PM
Kalau memang begitu, tinggal menunggu para peminat yang bergabung dan membentuk komitmen dulu nih..ayoo..sapa lagi neehh???
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 29, 2009, 02:30:19 PM
hmm bagaimana dulu komit nya
kalo harus meluangkan segelintir waktu secara tetap sih gak bisa
tapi kalo secara periodical bisa ;D
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 29, 2009, 02:34:51 PM
Iya, kalau tetap sih sulit kayaknya. Kalau cuma tukar pikiran saja, saya rasa di ForSa saja sudah lebih dari cukup.
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 02:57:42 PM
Wah, kalau saya ingin "nyemplung" ke dunia itu, apa ada yang bisa saudara sarankan?soalnya saya sendiri seperti anak ayam tersesat yang mencari induknya nih, ga ada lagi kawan sepikiran dan seminat yang bisa diajak berkiprah di dunia itu..
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 29, 2009, 03:00:19 PM
Memang kayaknya di indonesia kurang banyak ya yang benar-benar berminat pada genetika dan biologi molekuler? Apalagi yang mendalami genetika molekuler, mungkin bisa dihitung jari.
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 03:09:31 PM
Yup BETULLL sekali..di universitas udayana cuma ada 3 dosen yang mendalami genetika, dan semuanya sudah pensiun..ga ada generasi penerus..saya cuma satu-satunya, mau ngajuin diri jadi dosen, eh ditolak..ga ada lab genetika katanya..Alasan yang absurd..sapa yang mau diriin labnya kalo peminatnya dulu ga ada, ga dipupuk..ck..ck..ck..
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 29, 2009, 03:15:47 PM
Om Hendy lulusan FK Unud nih? Hmm, sangat disayangkan tuh, padahal setahu saya anak Bali banyak yang jago bio. Di SMAN 4 Denpasar aja ilmunya udah hebat-hebat, sayang kalo ga ada yang memfasilitasi. Mungkin om Putera Sampoerna atau siapa lah mau membiayai? =)
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 03:31:19 PM
Iya, saya lulusan FK Unud angkatan 2001, saya udah tertarik genetika dan biologi molekuler sejak masuk FK, skrg sih sedang menempuh S2 Anti Aging Medicine di pasca sarjana unud juga, dan saya sedang menyusun tesis, namun kebingungan mencari pembimbing yang "connect" masalah genetika, adapun udah pensiun, kalo konsultasi ke beliau malah diajak ceramah ngalor ngidul dan agak pikun..itulah mengapa byk orang pintar hengkang dari Indo..saya bisa merasakan skrg bahwa di sini, eksistensi mereka kurang dihargai di negaranya sendiri, sangat disayangkan..
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 29, 2009, 03:32:47 PM
waduh..gemana mau membiayai,lha wong implikasi penelitian genetika saya malah membantu perokok berhenti merokok...hahahahaha...
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Idad pada September 30, 2009, 11:53:22 AM
Kutip
Iya, kalau tetap sih sulit kayaknya. Kalau cuma tukar pikiran saja, saya rasa di ForSa saja sudah lebih dari cukup.

Kutip
Wah, kalau saya ingin "nyemplung" ke dunia itu, apa ada yang bisa saudara sarankan?soalnya saya sendiri seperti anak ayam tersesat yang mencari induknya nih, ga ada lagi kawan sepikiran dan seminat yang bisa diajak berkiprah di dunia itu..

hm.., usul nih., gimana klo dibikin sub forum BioMol di Forum Biologi..,
om hendy jadi moderatornya..,
lumayan.., jadi om hendy bisa menuangkan ide pikirannya dan ngebantu para forumers yang tertarik dengan biomol untuk diekmbangkan..,
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada September 30, 2009, 11:59:55 AM
Terlalu rumit ah... Nanti kalau ada BioMol, tambah ribet ada yang minta Zoologi, Botani, Genetika, Evolusi, Etologi, Biosistematik, dll. Tambah pusing kalau buka ForSa.
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Ginji pada September 30, 2009, 01:35:54 PM
yup setuju sama biobio
alasannya dah disebutin sama bung hendy
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: milmi pada Oktober 01, 2009, 06:03:33 AM
Memang kayaknya di indonesia kurang banyak ya yang benar-benar berminat pada genetika dan biologi molekuler? Apalagi yang mendalami genetika molekuler, mungkin bisa dihitung jari.

Saya tidak setuju dengan komentar ini, karena saya dah cukup kenyang ketemu teman-teman yang ngotak-ngatik genetika dan biologi molekular. Yang perlu diingat, biologi molekular adalah tool bagi kami peneliti Biologi, saya sendiri menggunakannya dalam sebagai alat identifikasi mikrobia dan penyusunan pohon filogenetik, dan  PhD nanti saya berniat untuk mengambil bidang evolusi molekular. Kalau mas hendy tidak menemukan orang-orang yang mendalami bidang tersebut, berarti mas hendy belum cukup keras mencarinya. Harap diingat, ForSa kebanyakan berisi siswa-siswi sekolah yang belum melakukan metodologi molekular secara langsung, jadi saya rasa di sini akan sulit membahas hal-hal tersebut. Coba saja tanyakan ke mereka, ada yg tau gak apa itu RAPD, RFLP, primer, etc.
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Oktober 01, 2009, 10:34:05 AM
Wah, saya juga berencana terus ke Ph D bidang molecular genetics ada saran dari bung milmi di mana networking yang bagus terutama yang ada hubungannya dengan dunia kedokteran?terus terang, saya di Unud sendiri kesusahan, tanya ke dosen senior di bidang biomol n genetika aja udah mentok, udah pada pensiun dan ga ngikuti lagi perkembangannya, ilmunya banyak yg obsolete, mereka jg ga ada network lagi. atau mungkin hanya di Unud aja yg kyak gitu ya?any suggestion?
Btw, trus kalau memang banyak orang yang tertarik di biomol di indonesia kenapa ga ada asosiasinya yang bisa memfasilitasi keperluan-keperluan mereka akan informasi?seperti misalnya di eropa ada EMBO (European Molecular Biology Organization)? kenapa ga kita bikin aja IMBO atau IMBA (A= Association)?
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: milmi pada Oktober 01, 2009, 09:49:25 PM
Saya rasa ada asosiasinya, tapi saya lupa karena saya lebih konsentrasi ke dalam Mikrobiologi, sehingga yang saya hapal adalah asosiasi mikrobiologi Indonesia (Permi). Coba cari di Google, atau coba saja datang ke kantor saya (UGM), pasti ada orang-orang yang kompeten di bidangb tersebut. Bisa juga di lihat di acadstaff.ugm.ac.id
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Oktober 04, 2009, 03:11:22 AM
Wah, kebetulan bulan agustus lalu saya baru ikut pelatihan biologi molekuler dan imunologi di UGM, waktu saya tanya apakah ada asosiasinya, para instrukturnya bilang memang belum ada, apakah ga leboh baik kita bentuk? saya sudah pernah search di internet, yang saya dapatkan hanya Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia (PBBMI), tapi ga ada websitenya, lagipula PBBMI cabang bali udah ga aktif lagi, orang2nya pada pensiun, aku sendiri heran kok bisa ga ada penerus yang di sini..lebih lagi, saya rasa perhimpunan itu lebih cenderung ke biokimianya, bukan genetika, bidang yang saya minati mas..ada saran lain mas milmi?
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: milmi pada Oktober 06, 2009, 11:35:50 PM
Mungkin seperti ini mas hendy, perkumpulan tersebut belum ada karena para penggelut genetika dan biologi molekular hanya menggunakan ilmu tersebut sebagai tool, jadi mereka akan membuat asosiasi yang berhubungan dengan ilmu dasar mereka. Seperti saya beri contoh di atas, saya juga menggeluti biomolekular dalam konteks tool dalam penelitian2x mikrobiologi, jadi saya bergaul dengan perhimpunan mikrobiologi. Menurut saya memang seharusnya hal tersebut yang terjadi.
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Oktober 07, 2009, 03:13:30 AM
Iya saya tahu mengenai hal itu mas. Tapi ilmu genetika dan biologi molekuler sekarang telah berkembang menjadi bagian yang independen di mana2 karena perkembangannya yang pesat, luas dan dalam. Tidak lagi dibahas sepotong-sepotong sesuai bidangnya masing-masing, misalkan di bagian bedah, penggunaan biomol dan genetika hanya dalam pembahasan kanker, di bagian penyakit anak hanya pada kelainan kongenital, di interna hanya padap enyakit tertentu. Pembahasan sepotong2 tersebut akan sangat menghambat penerapan ilmu genetika secara komprehensif dan benar-benar bermanfaat. Seperti halnya ilmu kedokteran yang pecah menjadi banyak divisi. Kalau tetap hanya dipegang ilmu kedokteran umum, maka pengembangannya akan susah, karena masing-masing divisi akan dibahas secara dangkal. Saya rasa kita sudah saatnya memiliki asosiasi atau paling tidak pikiran ke arah itu, sebab kemajuan di bidang teknologi saat ini berada di penerapan ilmu ini. Lihat para pemenang nobel di bidang fisiologi atau kedokteran, semuanya orang-orang biomol dan genetika. Sedangkan para dokter di sini aja banyak yang masih bingung antara gen dan genom. Apa kata dunia?
Judul: Re: Wadah bagi Peminat Ilmu Genetika dan Biologi Molekuler
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Oktober 07, 2009, 03:16:14 AM
Bahkan di Amerika, S2 Genetika sudah ada sejak 70 an, bahkan sekarang, residency in medical genetics pun sudah ada di sana. Hasil dari penelitian-penelitian mereka pun banyak yang menjadi dasar penatalaksanaan penyakit-penyakit yang akhirnya kita anut juga di Indonesia. Mengapa kita terus-terusan jadi bangsa yang konsumtif bukanya produktif?