Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 22, 2022, 10:36:07 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26747
  • Latest: loutlos
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10386
  • Online Today: 51
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 47
Total: 47

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Belajar cisco  (Dibaca 170172 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Fernandez

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #90 pada: Oktober 18, 2009, 02:18:36 PM »
Wah...Kuliah yang mantepz ni..
ane Ikutan ya pak dosen!! salam kenal semuanya..!! :jempol:

Offline dhaindra

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #91 pada: Oktober 20, 2009, 07:24:21 AM »
mas, gw numpang blajar ya...bgus nih treat, MMmm berguna bgt buat gw. nanti kalo ada yg gaj ngerti lgsg lwt YM aja ya mas, hehhe makasii

Offline SomeTimes

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 1
Re: Belajar cisco
« Jawab #92 pada: Oktober 20, 2009, 03:17:23 PM »
wa ada pembelajaran tentang cisco ne..
ikutan belajar yah pak guru.... ;D

btw, DL an  Cisco_IOS_Cookbook.rar ada yg selain di rapid ngga???

Offline sbsantoso15

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #93 pada: November 02, 2009, 03:25:18 AM »
Dear Mas mozzpunkz,
mo tanya nich, sy kemarin bongkar2 gudang di tempat kerja sy yg baru dan menemukan Cisco 1800series,  Sy mo tanya bisa nggak ya Cisco 1800 dipakai mengatur koneksi ke internet (pake speedy) dan mengatur bandwith, contohnya begini

PC 1 ---- 
           | 
PC 2 ----  HUB/Switch------Csico1800--------DSLModem--------Internet dgn speedy
           | 
PC 3 ----   

PC 1 -- boleh internet 24 jam
PC 2 -- boleh YM/Skype 24 jam, tapi browsing tidak boleh
PC 3 -- boleh browsing tapi hanya yahoo.com / google.com

Gimana configurasi router tsb.
Mohon pencerahanya.
Thx

Offline mozzpunkz

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 221
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Contoh yang baik adalah nasehat terbaik
Re: Belajar cisco
« Jawab #94 pada: November 19, 2009, 10:56:53 AM »
Dear Mas mozzpunkz,
mo tanya nich, sy kemarin bongkar2 gudang di tempat kerja sy yg baru dan menemukan Cisco 1800series,  Sy mo tanya bisa nggak ya Cisco 1800 dipakai mengatur koneksi ke internet (pake speedy) dan mengatur bandwith, contohnya begini

PC 1 ---- 
           | 
PC 2 ----  HUB/Switch------Csico1800--------DSLModem--------Internet dgn speedy
           | 
PC 3 ----   

PC 1 -- boleh internet 24 jam
PC 2 -- boleh YM/Skype 24 jam, tapi browsing tidak boleh
PC 3 -- boleh browsing tapi hanya yahoo.com / google.com

Gimana configurasi router tsb.
Mohon pencerahanya.
Thx


Kalau untuk mengatur bandwith (bandwith management seperti di mikrotik) yang anda maksud, saya rasa tidak bisa, tapi kalau membuat rule/firewall seperti yg anda maksud diatas saya rasa bisa, tinggal masukkan ip user PC1, PC2, PC3 dalam akses list dan dibuat rulenya untuk memblok atau membuka IP ataupun port dari website atau messenger yg diinginkan ke arah luar. Tapi kalau untuk skype saya rasa tidak bisa diblok, krn konsep skype itu setahu saya peer to peer.
Tapi saran saya anda periksa dulu IOS dari router anda versi berapa dan untuk apa saja supportnya.

Untuk masalah config nya anda bisa hubungi saya di ym atau email saya saja di rocky.amos@yahoo.com.

terimakasih

Mozzpunkz
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

Offline mozzpunkz

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 221
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Contoh yang baik adalah nasehat terbaik
Re: Belajar cisco
« Jawab #95 pada: November 19, 2009, 10:58:54 AM »
wah pak dosen baik banget thanks y...

ada pny paket tracer nya gk?


di ym saja siro4058@yahoo.com dan bagi teman2 lainnya yg mau konsultasi atau tukar pikiran bisa langung pm saya saja di ym ya, saya tunggu, kagak usah sungkan-sungkan....gratissss...

Untuk packet Tracer 5.0 saya punya..silahkan hubungi saya kalau mau, tidak dipungut biaya...kalau di forsa ini...hehehehe..

Offline skulvlques

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #96 pada: November 19, 2009, 11:06:37 AM »
asik ne forum ngajarin cisco.he3.mohon bantuannya msh newbie.

Offline mozzpunkz

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 221
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Contoh yang baik adalah nasehat terbaik
Re: Belajar cisco
« Jawab #97 pada: Desember 01, 2009, 08:05:45 AM »
Pengantar Model Open Systems Interconnection(OSI)

[justify]Router dan router lainnya merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, apakah itu OSI layer...???
Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.[/justify]


Gambar. Ilustrasi OSI Layer

Penjelasan dari tiap-tiap Layer, yaitu layer 1 sampai 7 adalah sebagai berikut:

[justify]7. Application, layer yang mendefinisikan pelayanan komunikasi jaringan dalam bentuk aplikasi seperti :
              Telnet, FTP, HTTP, SMTP, SNMP, SSH

6. Presentation, layer yang mendefinisikan format data seperti ASCII, HTML, JPG dan lainnya yang dikirimkan ke jaringan yang
    dapat dimanipulasi sehingga bisa di mengerti oleh penerima / kita contohnya anda menerima email tapi tidak bisa tertampil
    secara sempurna karena ada format yang tidak dikenali. Hal ini merupakan kegagalan dari layer presentasi

5. Session, layer yang mendefinisikan bagaimana memulai mengontrol dan menghentikan sebuah conversation/komunikasi
   antar mesin, contohnya kalo kita ambil uang di mesin ATM dari memasukan pin sampai dengan mengambil uang yang
   sebelumnya mesin berkomunikasi dengan server dahulu tentang saldo rekening anda dan jumlah yang anda minta. Dalam
   Session kita bisa menjumpai SQL, NFS, RPC dan lain-lainnya

4.Transport, layer yang mendefinisikan managemen dari virtual circuit antar host dalam jaringan yang mengandung rangkain
   protocol dan permasalahan transprotasi data. Dilayer ini mengatur arus koneksi dan pengendalian error dalam proses
   pengiriman paket data seperti TCP, UDP dan SPX

3. Network, layer yang mendefinisikan akhir pengiriman paket data dimana computer mengidentifikasi logical address sepert IP
   Adreses bagaimana menuruskan / routing (oleh router) untuk siapa pengiriman paket data.Layer ini juga mendefinisikan
   fragmentasi dari sebuah paket dengan ukuran unit yang lebih kecil. Router adalah contoh yang tepat dari definisi layer ini.

2. Data Link, layer ini lebih menspesifikan pada bagaimana paket data didistribusikan / ditransfer data melalui media particular,
    atau lebih yang kita kenal seperti Ethernet, hub dan switches

1. Physical, Layer terendah ini mendefinisikan media fisik dari transmisi paket data dimana protocol digunakan seperti Ethernet
    pinout, Kabel UTP (RJ45, RJ48 dsb) kita bisa perkirakan layer ini tentang kabel dan konektornya.[/justify]

Offline holapida

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #98 pada: Desember 04, 2009, 04:44:07 AM »
makasih para juragan... atas sharing ilmunya...


Offline mozzpunkz

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 221
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Contoh yang baik adalah nasehat terbaik
Re: Belajar cisco
« Jawab #99 pada: Desember 23, 2009, 01:28:32 PM »
Cara Membackup File Konfigurasi Cisco Router dengan TFTP Server

Membackup file konfigurasi ini sangat berguna selain untuk dokumentasi juga untuk backup kita saat melakukan konfigurasi ulang router kita jika kita kita ingin mencoba suatu konfigurasi yang baru, dan bila terjadi kegagalan dalam konfigurasi kita yang baru ini, kita dapat dengan cepat mengembalikannya ke konfigurasi semula dengan file backup konfigurasi kita tersebut.
Untuk mempersingkat waktu, langsung saja saya jelaskan langkah-langkahnya untuk melakukan backup konfigurasi ini.
Sebelumnya kita sudah mempersiapkan satu unit PC yang sudah terinstal TFTP server (coba saja googling untuk mendownload file software TFTP ).


Gambar 1.
Membackup File Konfigurasi Cisco Router dengan TFTP Server

Langkah-langkah melakukan backup file konfigurasi dari router ke PC adalah sebagai berikut ini :
1.   Masukkan perintah “copy running-config tftp”
2.   Masukkan IP address dari TFTP server
3.   Masukkan nama file konfigurasinya atau menerima nama defaultnya
4.   Tekan “enter” untuk konfirmasi dan menjalankan proses

Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1 diatas dan konfigurasi pada terminal router sebagai berikut ini :
HDI>enable
HDI#
HDI#copy running-config tftp
Address or name of remote host []? 172.18.18.254
Destination filename [HDI-confg]? HDI-Backup
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
589 bytes copied in 10.7 secs
HDI#


Sedangkan untuk memanggil kembali file backup yang ada di PC TFTP Server untuk di kembalikan ke dalam router caranya adalah sebagai berikut ini :

1.   Masukkan perintah “copy tftp running-config”
2.   Pilih host atau network configuration file
3.   Masukkan IP address dari TFTP server
4.   Masukkan nama file konfigurasinya
5.   Tekan “enter” untuk konfirmasi dan menjalankan proses

Command Konfigurasi pada terminal router sebagai berikut ini :

HDI>enable
HDI#
HDI#copy tftp running-config
Address or name of remote host []? 172.18.18.254
Source filename []? HDI-Backup
Destination filename [running-config]?
Accessing tftp://172.18.18.254/HDI-Backup
Loading HDI-Backup from 172.18.18.254
(via FastEthernet 0/1):
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
(OK-589 bytes)
589 bytes copied in 10.2 secs
HDI#


Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara membackup file konfigurasi dari router ke PC TFTP server dan sebaliknya mengembalikannya/menulisnya  kembali ke dalam router, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda.



Mozzpunkz

Offline jr3074

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #100 pada: Januari 09, 2010, 09:33:26 PM »
Sip,, nemu dweh forum bahas tentang cisco,,,
mhon bimbingannya,,,

Offline herusm

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 2
Re: Belajar cisco
« Jawab #101 pada: Januari 12, 2010, 12:50:18 AM »
mohon pencerahan untuk limit bandwith di setiap user,,,,thanks

Offline aji ramadhan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #102 pada: Januari 15, 2010, 07:07:51 AM »
saya ingin sekali belajar cisco ini, tapi kendalanya amat banyak, seperti :
1. peralatan
2. kursusnya mahal
3. apalagi kalau mu certified wuiihh muahall..

kira2 ada yang tau gak bagaimana dan gimana harus dilakukan untuk mengentaskan itu semua, krn abukan saya saja, banyak kaum2 muda iindonesia ini yang ingin sekali mempelajari secara serius CISCO namun kendala biaya dan peralatan yang sangat mahal, kalu hanya kuliah ONLINEsaja mungkin hanya 60% yang di dapat,mkarna tdk bisa lgsung praktek..  :-[

Offline diazetpam

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Belajar cisco
« Jawab #103 pada: Januari 19, 2010, 11:50:28 AM »
Mozz..salam kenal,
april nanti saya mungkin akan belajar sisco di binus center,karena biayanya mahal maka saya anggap ini sebagai sebuah peluang infestasi, dan butuh pertimbangan dan kesiapan,jika saya lulus apakah peluang kerjanya besar dan worth-it..!?berhubung latar belakang saya ilmu sosial namun saya tidak gaptek terhadap IT,trus satu lagi Mozzpunkz..kerjanya di bidang mana dan contoh perusahaan yang membutuhkan SDM dengan kemam puan CCNA

Offline mozzpunkz

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 221
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Contoh yang baik adalah nasehat terbaik
Re: Belajar cisco
« Jawab #104 pada: Januari 25, 2010, 05:05:00 PM »
kalau masalah peluang kerja saya kurang tahu pasti gimana, tapi yg jelasnya saat ini pada umumnya perusahaan2 besar pasti menggunakan yg namanya IT, krn IT itu dapat mempermudah dan mempercepat dan membantu perusahaan dalam menjalankan pekerjaannya.

Mozz..salam kenal,
april nanti saya mungkin akan belajar sisco di binus center,karena biayanya mahal maka saya anggap ini sebagai sebuah peluang infestasi, dan butuh pertimbangan dan kesiapan,jika saya lulus apakah peluang kerjanya besar dan worth-it..!?berhubung latar belakang saya ilmu sosial namun saya tidak gaptek terhadap IT,trus satu lagi Mozzpunkz..kerjanya di bidang mana dan contoh perusahaan yang membutuhkan SDM dengan kemam puan CCNA

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
3457 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2009, 12:15:16 AM
oleh nesa
1 Jawaban
6805 Dilihat
Tulisan terakhir November 06, 2010, 01:22:18 AM
oleh muzammil
1 Jawaban
4724 Dilihat
Tulisan terakhir November 27, 2011, 02:13:54 AM
oleh mozzpunkz
1 Jawaban
4273 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2011, 02:10:54 AM
oleh mozzpunkz
1 Jawaban
166186 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2016, 01:06:33 AM
oleh Monox D. I-Fly