Forum > Do It Yourself

ANDA BERUNTUNG..! Inilah Rahasia Cara Membuat Kue Bolu Tanpa Bantat

(1/1)

antoniopfannerstill:
ANDA BERUNTUNG..! Inilah Rahasia Cara Membuat Kue Bolu Tanpa Bantat

Cara Membuat Kue Bolu – Anda tentu akan setuju jika jenis kue yang ada di Indoneisa dan juga di seluruh dunia sangatlah banyak. Dari berbagai jenis kue yang kita temui hingga saat ini, ada salah satu jenis kue yang keberadaaannya sudah sangat dikenal banyak orang.

Kue ini juga memiliki variasi yang tak ada habisnya. Hampir setiap orang pasti sudah mengenal jenis kue ini, ya apalagi kalau bukan kue bolu.
merupakan salah satu jenis kue yang paling banyak dibuat dan dikenal oleh masyarakat karena bahan dan cara pembuatannya yang mudah dan praktis.

Kue berbahan dasar tepung terigu dan telur ini juga cocok untuk disajikan dalam berbagai acara dan kesempatan, baik untuk ulang tahun, kumpul dengan keluarga, rapat, ataupun lainnya. Nah, berikut beberapa informasi lebih lanjut mengenai keberadaan kue bolu.

Sejarah Kue Bolu

Mengenal kue bolu rasanya belum lengkap tanpa mengetahui sejarah dan cara membuat kue bolu itu sendiri. Bolu atau cake sebenarnya berasal dari daratan Eropa yang diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia oleh bangsa Belanda pada masa penjajahan.
Bolu, Kue Sederhana nan Lezat

Di Eropa sendiri, setiap negara paling tidak memiliki satu jenis cake sendiri yang begitu istimewa dan terkenal ke berbagai negara. Sebelum dikenal di Indonesie, Cake atau bolu juga sudah dikenal oleh bangsa Mesir kuno.

Cara membuat kue bolu dan bahan-bahannya yang sederhana membuat banyak orang tertarik membuatnya. Baik untuk dikonsumsi sendiri atau dibuat untuk keperluan upacara keagamaan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, rasa kue bolu sudah jauh berbeda. Begitupun dengan variasi dan jenis yang ditampilkan sudah sangat beragam.

Mesir Kuno, Romawi, Yunani dan Eropa

Roti sendiri sebenarnya telah berasal dari negara Mesir Kuno ribuan tahun lalu. Masyarakat Mesir kuno mengolah roti dengan bahan dasar tepung gandum. Awalnya roti berbentuk gepeng yang diolah dengan dipanggang diatas batu yang telah dipanaskan.

Setelah masyarakat Mesir kuno, masyarakat Yunani dan Romawi pun turut membuat roti dengan bahan dasar lain yang ada di daerah mereka. Barulah pada abad pertengahan, Eropa juga mulai mengembangkan cara pembuatan roti dengan teknik yang lebih modern, misalnya dengan penambahan susu ataupun telur untuk membuat roti harus dan empuk.

Hingga kini, cara pembuatan roti seperti ini paling banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Bahan dan Alat Untuk Membuat Kue Bolu

Secara umum bahan dasar pembuatan kue bolu terdiri dari tepung terigu, telur, mentega, dan gula. Hanya saja bertambahnya variasi pembuatan kue bolu menambah pula bahan dasar yang harus digunakan.

Meskipun begitu, penambahan bahan ini tergantung pada masing-masing pembuat. Beberapa bahan yang sering ditambahkan adalah mentega, susu bubuk putih, baking powder, ovalet vanili kecil, dan garam.

Sedangkan untuk penambah rasa, anda bisa tambahkan berbagai bahan lain seperti bubuk coklat (bolu coklat), daun pandan (bolu pandan), keju (bolu keju), pisang (bolu pisang), dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu saja, kue bolu juga sering digunakan sebagai kue tart pesta ulang tahun ataupun pernikahan. Nah, untuk jenis variasi ini biasanya akan memerlukan bahan lain seperti buttercream, fondant, dan buah ceri sebagai pemanis kue tart.

Alat-Alat yang Digunakan

Alat yang digunakan untuk membuat kue bolu biasanya terdiri dari, baskom, mixer, oven (bila dipanggang), dandang (bila dikukus), loyang atau tempat cetakan, dan kompor. Meskipun sangat simple namun anda harus tetap memperhatikan teknik pembuatan secara tepat.

Cara Membuat Kue Bolu

Banyaknya jenis kue bolu membuat teknik pembuatannya pun berbeda-beda. Meskipun begitu, secara umum pembuatan kue bolu hampir sama.

Pertama

Siapkan semua bahan yang diperlukan. Lalu masukkan telur, mentega, dan gula, kocok menggunakan mixer atau alat lainnya hingga mengembang (hingga keluar gelembung udara). Penambahan mentega ditujukan untuk membuat tekstur kue menjadi lembut.

Kedua

Masukkan tepung terigu, kocok kembali hingga tercampur secara merata. Lalu anda bisa menambahkan berbagai tambahan lainnya untuk memberikan rasa lain dari bolu yang anda buat, bisa berupa serbuk coklat, pisang, serbuk pandan dan lainnya.

Tak lupa, anda juga bisa menambahkan soda kue atau baking powder (pengembang) , ovalet (pengemulsi), penstabil (krim tartar), untuk menambah citarasa kue menjadi lebih nikmat.

Ketiga

Siapkan loyang yang telah diolesi dengan margarine, mentega ataupun minyak supaya tidak lengket. Kemudian sesuai selera, anda bisa memasak bolu dengan dipanggang (menggunakan oven), ataupun dengan cara dikukus (menggunakan dandang).

Keempat

Panggang atau kukus adonan dengan suhu 160-180 derajat celcius selama kurang lebih 30-40 menit. Untuk memastikan kue sudah matang, anda bisa menusuknya menggunakan lidi ataupun garpu.

Kelima

Jika kue sudah masak, keluarkan kue bolu dari loyang. Pada tahap ini sebenarnya kue sudah bisa langsung anda cicipi. Hanya saja, jika anda berniat membuat kue bolu untuk acara pesta, ulang tahun atapun lainnya, jangan lupa untuk memberikan buttercream serta hiasan-hiasan lainnya.

Setelah kue bolu selesai dibuat maka Anda sudah bisa menikmati kue bolu bersama dengan keluarga ataupun teman. Ternyata mudah bukan, cara membuat kue bolu sendiri di rumah?

Navigasi

[0] Indeks Pesan

Ke versi lengkap