Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 08, 2021, 07:59:17 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bikin telor bugil  (Dibaca 37568 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Bikin telor bugil
« pada: Maret 01, 2007, 05:00:36 PM »
Bahan-bahan:
1. beberapa telor ayam mentah
2. cuka

Percobaan:
Rendam telor dalam cuka selama 1-3 hari (tergantung jenis cukanya). Pada permukaan telor akan timbul gelembung-gelembung kecil CO2 hasil reaksi asam-basa.

Bagian kulit telor yang keras mengandung 94% kalsium karbonat (CaCO3) yang bereaksi dengan cuka (asam asetat):

CaCO3 + 2 CH3COOH  -->  Ca(CH3COO)2 + H2O + CO2

Kulit telor yang keras larut dalam cuka, sehingga akhirnya telor hanya dibungkus oleh kulit arinya saja.

Cuci bersih telor dari sisa-sisa kulit kerasnya sehingga telor sekarang menjadi bening, translucent, dan lunak seperti telor penyu.


Fotonya nggak jelas  :'( ... maap  :-[

[gambar sudah dihapus]

Foto lain dari internet:





Kulit ari yang melindungi telor bugil ini sebenarnya merupakan membran semi-permeabel.

Percobaan 2:

Rendam telor bugil dalam sirup pekat selama sehari semalam. Telor akan menjadi kisut.
Putih telor mengandung 90% air sedangkan sirup pekat mengandung air dalam kadar yang jauh lebih rendah. Molekul-molekul air dari putih telor akan bermigrasi melalui membran semi-permeabel ke arah larutan yang lebih pekat.

Coba rendam lagi telor yang sudah kisut tsb. dalam air selama sehari semalam. Molekul-molekul air akan bermigrasi kembali sehingga telor kembali menjadi segar (tidak kisut lagi).

Coba rendam telor bugil dalam larutan pewarna. Apa yang akan terjadi?



PS:
Ada usul2 percobaan lain yg bisa dilakukan di rumah? *mumpung lagi semangat nyobain.....  ;D
Topik berikutnya: Ekstraksi DNA dari tomat. Tante aibon, boleh minta tolong dibikinin topik do-it-yourself atau home experiment yaa...  ;)




« Edit Terakhir: Januari 17, 2014, 02:34:10 PM oleh reborn »
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #1 pada: Maret 01, 2007, 05:23:12 PM »
haha........ malah jadi ngakak liat "gambar"nya  ;D ;D

Diupload dulu om peregrin, coba pake www.tinypic.com nah terus urlnya baru dipost formatnya  begini

Kode: [Pilih]
[img]http://www.gambar.jpg[/img]
Kutip
Topik berikutnya: Ekstraksi DNA dari tomat. Tante aibon, boleh minta tolong dibikinin topik do-it-yourself atau home experiment yaa...

Beres, dibikinin skrg deh  ;) Ditaronya di mana, education ato hobbies  ???

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #2 pada: Maret 01, 2007, 05:31:25 PM »
lha kok ngakak  ??? ... ayo yang serius ya!!  ::)

thanks reply-nya  :) ... kalo gitu tolong di-delete aja attachment-nya ya

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #3 pada: Maret 01, 2007, 05:35:24 PM »
udah dibuat sub forumnya. deskripsinya apa yahh ??? skalian peregrin moderatornya mau yahh ;D

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #4 pada: Maret 01, 2007, 05:40:14 PM »
tenkyu ... tenkyu  ...  ;D ... tp jangan aku moderatornya  >:( ... rebon aja  ;D ... aku di sini murid kok  :)

deskripsinya? ... mmm ... bingung jg  :-\ ... DIY home experiment - gitu aja dulu sementara ya  ???

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #5 pada: Juli 30, 2008, 10:46:46 AM »
wow ..
emang telor bisa jadi keliatan gitu ya?
mantap ..

rumus kimianya gitu toh ?
tetep aja kagak ngarti .. haha .

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Percobaan Kimia Sederhana
« Jawab #6 pada: Agustus 27, 2010, 11:49:36 PM »
Bahan:
- Air cuka
- telor mentah

Cara:
- Siapkan air cuka ke dalam gelas kaca yg bening (biar bisa melihat rekasi yang terjadi).
- Masukkan telor ke dalamnya.
- Lihat reaksinya

Hasil:
Terbentuk gelembung keluar dari telor.

Apa yg terjadi:
Kulit telor yg terdiri dari kalsium karbonat (CaCO3). Ketika telor dicampur dengan air cuka (yg mengandung asam cuka, CH3COOH) akan menimbulkan reaksi kimia dengan produknya berupa gas karbondioksida (CO2).

Percobaan tambahan:
Coba deh tunggu sehari, besoknya angkat telor itu keluar dari air cuka, gpp kok dipegang tangan tidak bahaya.

Hasil:
Kulit telur menjadi tipis dan lembut.

Apa yg terjd:
Kalsium karbonat yang terkandung di kulit telor sudah habis terkikis, jadi yang tersisa hanya lapisan luar dari putih telur.

Offline nissan_genesis

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 5
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #7 pada: September 21, 2010, 01:02:55 PM »
ijin bukmark om, buat eksperimen keponakan ane kalo udah naek ke kelompok B ntar :D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Percobaan Kimia Sederhana
« Jawab #8 pada: Januari 13, 2011, 01:08:38 PM »
@raisuien
ini kan sama seperti bikin telor bugil? Topiknya digabung ya.
« Edit Terakhir: Januari 13, 2011, 01:10:34 PM oleh reborn »

Offline umfaristi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 2
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #9 pada: Januari 16, 2011, 04:11:11 AM »
laporan nih...
 kemarin anak-anak dah bikin percobaan ini. Gelas yang dipakai adalah gelas plastik. masalahnya, si telurtidak bisa melayang. Tidak seluruh bagian telur terendam air cuka. Jadilah telur 3/4 bugil ...

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #10 pada: Januari 21, 2011, 09:24:16 AM »
laporan nih...
 kemarin anak-anak dah bikin percobaan ini. Gelas yang dipakai adalah gelas plastik. masalahnya, si telurtidak bisa melayang. Tidak seluruh bagian telur terendam air cuka. Jadilah telur 3/4 bugil ...

ahahha  :D wah, perlu di-foto nih, si telur 3/4 bugil  :) post di forum dong foto2 hasil eksperimennya  :)

Offline bambus

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 1
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #11 pada: Januari 22, 2011, 05:01:12 AM »
mantabs n canggih.. :D :D

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #12 pada: Januari 26, 2011, 04:07:04 AM »
kapan hari saya ngikuti dan membuat telor bugil, kemudian saya rendam di sirup melon,.. dan euh,.. rasanya ndak karuan,.. hahaha

memang telor ndak cocok dikombinasikan dengan melon,..

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #13 pada: Januari 26, 2011, 01:39:45 PM »
asli gw ngakak baca postingnya UL hahaha.... iseng amat sih. Lah itu maksudnya setelah jadi telor bugil baru direndam sirop atau skalian pas bikinnya ditambahin sirop? hahaha... pilihan yg mana pun dah kebayang rasanya gimana...

eh yang dah nyobain post potonya dong... kurang narsis ya member forsa?

Offline mouza

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
Re: Bikin telor bugil
« Jawab #14 pada: Januari 27, 2011, 05:06:12 AM »
hm... mau gw coba ah... gw rendem d air mendidih selama 15menit... hasilnya pasti enak dimakan... hahahaha

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
11895 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2009, 12:22:48 AM
oleh monokorobo
18 Jawaban
9164 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 30, 2009, 12:29:20 AM
oleh L
bikin pcb

Dimulai oleh musafir86 « 1 2 3 4 » Teknik Elektro

49 Jawaban
34668 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 02, 2011, 02:36:35 PM
oleh rizqi_fs
2 Jawaban
4186 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 21, 2011, 01:14:03 AM
oleh h4ry
0 Jawaban
169500 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2013, 03:59:22 PM
oleh julpiyanur