Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 01, 2024, 07:08:24 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 99
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 68
Total: 68

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Candy Chromatography

Dimulai oleh raisuien, Agustus 20, 2013, 10:09:32 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

raisuien

Apakah kamu suka permen coklat ? Inilah waktunya kamu untuk bermain sambil belajar mengenai warna dengan menggunakan permen coklat warna-warni. Kita akan tahu permen yang mana memiliki warna yang mana dalam eksperimen berikut ini yang dinamakan "Candy Chromatography". Melalui eksperimen ini, kita akan melarutkan perwarna mengunakan air dan memisahkannya dengan larutan garam.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

-permen coklat warna-warni
-penyaring kopi atau kertas saring
-gelas atau guci bening yang tinggi
-air
-garam
-pensil
-gunting
-penggaris
-tusuk gigi
-aluminum foil
-botol kosong 2L dan tutupnya

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

1) Gunting kertas saring menjadi kotak 3×3 inci

2) Gunakan pensil untuk menggambarkan garis setengah inci dari salah satu ujung kertas

3) Gambarkan 6 titik dengan jarak yang sama antara satu dengan yang lainnya sepanjang garis. Sisakan seperempat inci antara titik pertama, terakhir dan ujung kertas.

4) Dibawah garis, beri label setiap titik untuk warna permen yang akan kamu gunakan. Sebagai contoh K untuk kuning, H untuk hijau, B untuk biru, dan C untuk coklat.

5) Buatlah larutan warna permen. Potong 10×6 aluminium foil dan letakkan berbaring dengan datar. Tuangkan 6 tetes air dengan jarak yang sama antara satu dengan yang lainnya sepanjang aluminium foil. Teteskan tiap warna dari permen ke dalam tetesan air (satu warna untuk satu tetes air). Biarkan permen tersebut terendam dalam air selama 1-2 menit. Warna pada permen akan perlahan memudar dan terserap ke dalam larutan air. Keluarkan permen dari larutan.

6) Ambil tusukan gigi dan celupkan ke dalam salah satu dari larutan warna permen di aluminium foil. Ujung dari tusuk gigi harus basah. Berikutnya dengan hati-hati sentuhkan tusuk gigi pada kertas saring sesuai dengan warnanya (misal larutan biru pada titik yang telah kamu label B untuk biru pada kertas saring). Lakukan dengan halus karena titik yang diperlukan adalah sekecil 1/16 inci atau kurang. Ulangi proses ini menggunakan tusuk gigi yang berbeda untuk warna lain yang telah kamu berikan label pada kertas saring.

7) Biarkan titik-tik berwarna pada kertas saring untuk mengering

8) Ulangi langkah 6 dan 7 untuk mendapatkan warna yang lebih dari tiap pewarna pada titik-titik kertas saringmu. Ini harus dilakukan hingga 3 kali, jadi kamu harus sabar.

9) Setelah menyelesaikan langkah 8, lipat kertas saring menjadi setengah sehingga kertas tersebut dapat berdiri sendiri. Bagian kertas yang ada titik-titiknya harus berada di bawah.

10) Berikutnya adalah membuat larutan pengembang. Ambil garam sebanyak ⅛ sendok teh dan 3 cangkir air dan tuangkan pada 2L botol kosong dan bersih. Tutup botol tersebut dan kocok hingga garamnya larut hingga terbentuk larutan. Larutan ini disebut 1% larutan garam.

11) Tuangkan 1/4 inci larutan garam ke dalam gelas yang tinggi. Ketinggian dari larutan haruslah rendah secukupnya sehingga ketika kamu meletakkan kertas saring ke dalamnya, titik-titiknya akan berada diatas ketinggian larutan. Pegang kertas saring dengan posisi titik-titik di bawah dan masukkan ke dalam gelas berisi larutan garam.

12) Larutan garam akan perlahan naik merambat keatas kerang saring dengan proses yang disebut aksi kapiler

13) Larutan naik keatas kertas saring dan bergerak melalui titik-titk berwarna. Titik berwarna tersebut mulai memisah menjadi pita warna yang berbeda. Perhatikan bahwa beberapa warna permen terbuat dari gabungan beberapa pewarna. Warna-warna ini memisah menjadi pita-pita yang berbeda seiring dengan pergerakan keatas kertas saring. Pewarna tersebut memisah akibat dari beberapa pewarna lebih menempel ke kertas saring sedangkan yang lain lebih larut dalam larutan. Sebagai hasilnya, pewarna akan berhenti naik pada ketinggian yang berbeda pada kertas saring.

14) Ketika larutan telah mencapai setengah inci dari ujung atas kertas saring, keluarkan kertas saring dan letakkan untuk mengering.

15) Bandingkan titik-titik dari permen yang berbeda, perhatikan jika ada persamaan dan perbedaan. Catatlah hasilmu.

Permen yang mana yang memiliki campuran perwarna? Permen yang mana yang hanya memiliki satu pewarna? Apakah warna yang serupa dari permen yang berbeda bergerak pada jarak yang sama pada kertas saring?

Apa kata yang terjadi? Apa kata sains?

Kromatogrofi adalah istilah teknik yang digunakan di laboratirum untuk memisahkan campuran. Teknik ini melibatkan campuran yang larut dalam "fasa gerak" dilewatkan melalui fasa diam, yang mana akan memisahkan senyawa dengan senyawa lainnya dalam campuran tersebut sehingga dapat diisolasi.