Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 01, 2024, 09:22:49 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 99
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 60
Total: 60

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Magnet

Dimulai oleh reborn, Juli 16, 2008, 05:06:55 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Bahan : Kawat kabel, paku, paper clip, dan baterei

Lingkari paku dengan kawat kabel
Sambungkan paku pada batere
Dekatkan paku pada paper clip
Anda baru saja membuat magnet.

ozu0

xixixixi,, mainan waktu SD  ::)
xixixi,,,
gimana si biar jadi pinter selain belajar?? >___<

reborn

emang ini maksudnya buat anak2 kok. Dulu pasti bangga kan bisa bikin ini ;D

L

KaLo di applikasi kan orang dewasa bisa jadi duit tuh..
hehehe

kuncungs

Weh, gue dulu masih kcil gak diajarin bginian  ::) enak banget yg kebagian diajarin beginian

ewee13

#5
terima kasih untuk beritau info  ;D

insan sains

Kutip dari: L pada Agustus 20, 2008, 12:16:56 PM
KaLo di applikasi kan orang dewasa bisa jadi duit tuh..
hehehe

Bener banget... coba lihat mainan ini...



Mainan melayang diatas menggunakan prinsip magnetik yang terkontrol.. Persis kayak prinsip kereta sinkansen di Jepang. ^_^
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

M101A

jadi teringat waktu SD dulu nich,, seru, seru,thank's

andreanvee


Bernando

wah2 enak ya....dulu aku waktu sekolah sampai SMA gak pernah buat beginian ...maklumlah di kampung2...boro2 beli baterai...uang jajan aja susah....hahahahaha..:D
Be the sustainable learner, because life is learning...

bambus

Kutip dari: reborn pada Juli 16, 2008, 05:06:55 PM

Sambungkan paku pada batere



Bukannya sambungkan kawat kabel dg batere... :)

Monox D. I-Fly

Kutip dari: insan sains pada Maret 12, 2009, 12:02:19 PM
Bener banget... coba lihat mainan ini...



Mainan melayang diatas menggunakan prinsip magnetik yang terkontrol.. Persis kayak prinsip kereta sinkansen di Jepang. ^_^

Emangnya shinkansen juga nggak nyambung ke permukaan tanah ya? Eh, berarti kalau suatu saat bangsa manusia berhasil menciptakan hoverboard prinsipnya juga bakal gitu dong?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

jasen

Aku punya quiz.

Andaikan anda berada disuatu ruangan tertutup.
Anda dibekali dengan sebatang magnet dan seutas tali untuk menggantung magnet.
Sayangnya magnet tersebut tidak ditandai mana yang sisi utara mana yang sisi selatan.
Di ruangan anda terdapat gunting, jam dinding, seutas kabel.

Pertanyaannya, bagaimana cara menentukan arah utara, selatan, barat dan timur di ruangan tersebut ?

Emerald_Eyes

buat lilitan dari kabel tsb dan sambungkan kedua ujungnya dg kutub2 jam dinding. Gerakkan magnet keluar masuk lilitan tsb dan lihat ke arah mana jam berputar.

jasen

Kutip dari: Emerald_Eyes pada Maret 31, 2015, 02:11:48 PM
buat lilitan dari kabel tsb dan sambungkan kedua ujungnya dg kutub2 jam dinding. Gerakkan magnet keluar masuk lilitan tsb dan lihat ke arah mana jam berputar.

Salah.

Buat lilitan dari kabel sudah benar, tetapi langkah selanjutnya salah.

clue pertama :  jam dinding itu bekerja dengan baik.

silahkan dicoba lagi.