Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 24, 2021, 08:37:50 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 68
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Membakar Balon  (Dibaca 183507 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Membakar Balon
« pada: November 26, 2011, 12:57:34 PM »
Oke, satu lagi eksperimen sederhana. Menjelang weekend, kalo ada yang punya balon sisa pesta ultah, bisa mencoba nih.
Gak punya balon? Ganti dengan gelas plastik juga bisa hehe...

Membakar Balon

Alat dan Bahan

1. Balon
2. Lilin
3. Korek api

Langkah Percobaan

1. Tiup balon dan ikat ujung terbukanya.
2. Nyalakan lilin lalu letakkan balon di atasnya.
3. Ambil balon baru kemudian isi dengan sedikit air (sedikit saja, tidak perlu sampai balon terisi penuh).
4. Tiup balon dan ikat ujung terbukanya.
5. Panaskan balon berisi air di atas lilin. Biarkan beberapa lama.

Apa Yang Terjadi?

Agar "permainan" ini lengkap untuk disebut percobaan sains, maka kita harus bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.
Tahukah anda apa yang terjadi dari setiap langkah di atas?
Mengapa balon meledak?
Mengapa balon berisi air tahan panas?
Dapatkah balon berisi air pecah? Kapan?

Selamat mencoba!

Perhatian :
Harap berhati-hati,  percobaan menggunakan api adalah berbahaya. Anak-anak sebaiknya melakukan percobaan dengan pengawasan orang tua/orang dewasa.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re: Membakar Balon
« Jawab #1 pada: November 26, 2011, 01:30:38 PM »
dulu waktu kecil pernah bikin percobaan serupa.
nggak pakai balon sih, tapi pakai plastik bekas bungkus gula pasir.
plastik yang cuma diisi udara nggak sampai meledak, cuma terbakar.

Waktu camping temanku pernah iseng ngelempar plastik berisi oksigen ke api unggun, hasilnya plastik meledak dan api unggun bertambah besar selama beberapa saat.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Membakar Balon
« Jawab #2 pada: Oktober 26, 2013, 02:50:51 PM »
Kutip
Waktu camping temanku pernah iseng ngelempar plastik berisi oksigen ke api unggun, hasilnya plastik meledak dan api unggun bertambah besar selama beberapa saat.

Gimana caranya ngisi plastik pake' oksigen? Dipompa kah?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Nugraha Saputra

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 1
  • ForSa!
Re:Membakar Balon
« Jawab #3 pada: Mei 07, 2014, 04:13:21 AM »
Apa Yang Terjadi?

Agar "permainan" ini lengkap untuk disebut percobaan sains, maka kita harus bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.
Tahukah anda apa yang terjadi dari setiap langkah di atas?
Mengapa balon meledak?
Mengapa balon berisi air tahan panas?
Dapatkah balon berisi air pecah? Kapan?

Selamat mencoba!

Perhatian :
Harap berhati-hati,  percobaan menggunakan api adalah berbahaya. Anak-anak sebaiknya melakukan percobaan dengan pengawasan orang tua/orang dewasa.

Sudah coba dulu :D
- Permukaan balon biasanya dilapisi plastik, karet, atau sejenisnya, jadi terus menipis sehingga tekanan dalam balon membuat balon pecah
- Kalornya diserap oleh air
- Kalau kalornya lebih besar sehingga tidak dapat diserap air
*CMIIW

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
189696 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2013, 05:19:13 AM
oleh Triple-M