Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2021, 05:53:40 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 13
Total: 13

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Membuat Sel Surya Sendiri  (Dibaca 87155 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Membuat Sel Surya Sendiri
« pada: September 10, 2008, 10:09:56 PM »


untuk membuat sel surya sangat mudah. bahan yang diperlukan:
1. Lempeng tembaga
2. Kompor listrik dengan daya 1100watt/gas yang cukup panas
3. wadah bening dengan mulut cukup lebar
4. ammeter yang sensitif
5. jepit buaya
6. air keran
7. garam dapur

Langkah:

1. letakkan 1 lembar lempeng tembaga (ukuran disesuaikan dengan wadah) langsung di atas kompor (tanpa alas) dan dibakar. bakar terus sampai muncul warna orange, ungu dan kemerahan. semakin panas maka akan muncul lapisan berwarna hitam tapi nanti akan lepas dengan sendirinya.

2. Biarkan terus terbakar sampai lapisan hitam yang muncul cukup tebal, sekitar setengah jam. setelah setengah jam matikan kompor dan biarkan tembaga mendingin secara lambat (biarkan di udara terbuka) karena jika pendinginannya terlalu cepat lapisan hitam akan melekat kuat. biarkan sampai lapisan hitamnya lepas dengan sendirinya (jangan di kerok).

3. setelah dingin biasanya lapisan hitam sebagian besar akan lepas. bersihkan dengan lembut menggunakan tangan atau tisu, jangan terlalu keras menggosoknya.

4. siapkan lempeng tembaga yang lain (yang tidak dibakar) yang sudah disesuaikan ukurannya. siapkan pula wadah yang berisi larutan garam dengan air keran.

5. masukkan kedua lempeng tembaga secara terpisah dan tidak bersentuhan satu dengan yang lain ke dalam larutan garam, sebagian masuk ke dalam larutan dan sebagian lagi tidak terendam, jepit bagian yang tidak terendam dengan jepit buaya dan hubungkan dengan ammeter sensitif. (lihat gambar di atas)

6. jika ke dua tembaga disinari maka akan muncul arus listrik yang kecil, saat tidak disinari maka tidak ada arus yang muncul. Jadi deh sel surya sederhana butan sendiri.

Percobaan Lebih Lanjut

1. coba perbesar luas tembaga yang digunakan, apakah arus yang muncul lebih besar atau tidak
2. coba tambah konsentrasi larutan garam
3. coba ganti jenis garam yang dilarutkan
4. coba dengan warna sinar dan intensitas sinar yang berbeda.
dlsb

Selamat Mencoba

 :kribo: :kribo: :kribo:

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #1 pada: September 13, 2008, 07:16:25 AM »
kalo arus listrik yg besar bisa ga? maksudnya kan saya mo bikin pancuran air buat tanaman di rumah yang perlu kelembaban tinggi. cuma kalo ngandalin PLN rada susah, sering mati lampu. jadi mo cari alternatif yg tidak mengandalkan PLN, murah, ramah lingkungan dan menggunakan sumber yang melimpah. thanks.

Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #2 pada: Desember 03, 2008, 11:41:43 AM »
hmmm.. ide yang kreatif.. hanya saja belum bisa di aplikasikan ke semua perangkat.., paling hanya bisa buat drive/pemicu suatu rangkaian..,

saya punya sel surya buatan sendiri. terbuat dari transistor jenis jengkol (bahasa pasar) type 2N3055. buka penutup(cover) nya secara hati2 kemudian akan terlihat bagian dalamnya seperti LDR, kemudian berikan sinar matahari, kemudian hubungkan kedua kaki transistor tadi dengan Voltmeter, maka akan terbaca tegangan sebesar 0,5-1,5 volt, tergantung kekuatan cahaya matahari,

jika transistor di hubung seri maka tegangan akan bertambah. untuk mencapai 12Volt di butuhkan 10 transistor, tetapi meskipun tegangan sudah mencapai, tetapi arus yang di hasilkan masih sangat kecil.

silahkan paralel transistor tersebut, dengan 20 buah transistor, telah dapat menyalakan 1 buah lampu senter.

semakin banyak yang di paralel maka arus yang di hasilkan semakin besar.., hanya saja membutuhkan biaya yang lumayan besar juga.. hehehe ;D. 1 buah transistor harganya Rp.4000-6000/bh.

ada yang mau coba?? saya uda lakukan untuk pengecasan Accu 12V.  :D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #3 pada: Desember 06, 2008, 11:04:57 AM »
Pengen nyobain euy....

Ada yang tahu harga lempeng tembaga gak? belinya dimana?
Kalo gak ada kompor listrik 1100W, bisa diganti pake apa yah?
Nampaknya simple banget n yang jelas (mungkin) murah

@Jupiter :
Dulu saya juga pernah dengar bikin sel surya dari transistor jengkol. Cuman belum pernah nyobain. Boleh di post plus foto-fotonya dong...!! hehehe.. Jika tidak memberatkan..!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #4 pada: Desember 09, 2008, 11:26:33 AM »
Kutip
Boleh di post plus foto-fotonya dong...!! hehehe.. Jika tidak memberatkan..!

manjat genteng lagi ne.... ::)

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #5 pada: Februari 19, 2009, 08:55:13 AM »
bagus nih.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #6 pada: Mei 20, 2009, 05:48:38 PM »
woah.. setelah lama gag masuk ke forsa.. akhirnya masuk juga... woah.. id bagus tu string... besok tak coba ahh....  :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o

Offline Alexander

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #7 pada: Agustus 18, 2009, 10:05:43 AM »
sel surya yang mampu ngidupin 1 komputer gimana bikinnya yak?

Offline cakpredi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 0
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #8 pada: Januari 11, 2010, 12:38:44 PM »
hasilnya gak bagus masss masah cuman bisa buat hidupin meternya aja dikasih beban gak mau nyala

Offline cakpredi

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 0
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #9 pada: Januari 11, 2010, 12:40:01 PM »
hasilnya gak bagus masss masah cuman bisa buat hidupin meternya aja dikasih beban gak mau nyala

Offline oyi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 110
  • IQ: 12
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #10 pada: Januari 17, 2010, 05:57:29 AM »
percobaan ini buat skripsi oke gak?  :D
« Edit Terakhir: Januari 17, 2010, 06:00:17 AM oleh oyi »

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #11 pada: Januari 17, 2010, 04:13:47 PM »
hmmm.. ide yang kreatif.. hanya saja belum bisa di aplikasikan ke semua perangkat.., paling hanya bisa buat drive/pemicu suatu rangkaian..,

saya punya sel surya buatan sendiri. terbuat dari transistor jenis jengkol (bahasa pasar) type 2N3055. buka penutup(cover) nya secara hati2 kemudian akan terlihat bagian dalamnya seperti LDR, kemudian berikan sinar matahari, kemudian hubungkan kedua kaki transistor tadi dengan Voltmeter, maka akan terbaca tegangan sebesar 0,5-1,5 volt, tergantung kekuatan cahaya matahari,

jika transistor di hubung seri maka tegangan akan bertambah. untuk mencapai 12Volt di butuhkan 10 transistor, tetapi meskipun tegangan sudah mencapai, tetapi arus yang di hasilkan masih sangat kecil.

silahkan paralel transistor tersebut, dengan 20 buah transistor, telah dapat menyalakan 1 buah lampu senter.

semakin banyak yang di paralel maka arus yang di hasilkan semakin besar.., hanya saja membutuhkan biaya yang lumayan besar juga.. hehehe ;D. 1 buah transistor harganya Rp.4000-6000/bh.

ada yang mau coba?? saya uda lakukan untuk pengecasan Accu 12V.  :D

positif negatifnya di kaki apa? Wah mau neh ane coba. jelas ini lebih murah dari pada selsurya asli. Terus ngebuka tutupnya pake grinda atau apa?.

Offline 0y1k

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 233
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • بسم الله
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #12 pada: Januari 17, 2010, 05:28:01 PM »
percobaan ini buat skripsi oke gak?  :D
bisa dijadikan skripsi dengan membuat alatnya jadi berukuran sangat kecil. K'lo gini kan terlalu besar. Juga susah buat mobile.
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْع

Offline LuCkyM3

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #13 pada: Februari 24, 2010, 11:32:07 AM »
Bukannya Sel Surya yang di pake di luar negri dari Silicon ya???

Offline superman

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Membuat Sel Surya Sendiri
« Jawab #14 pada: Maret 19, 2010, 10:31:58 PM »
listrik yang dihasilkan bisa langsung dimanfaatkan nggak (misalnya buat nyalain lampu kecil)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
11 Jawaban
44972 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2010, 12:32:31 AM
oleh rudi smd
0 Jawaban
3481 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2009, 06:56:05 AM
oleh reborn
1 Jawaban
192307 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2013, 05:30:40 AM
oleh Triple-M
0 Jawaban
2601 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 31, 2013, 07:08:53 AM
oleh shellby
7 Jawaban
185348 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2015, 03:01:30 AM
oleh dewi52