Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 24, 2021, 09:46:13 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 68
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Plastik dari Susu  (Dibaca 185239 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Plastik dari Susu
« pada: November 28, 2007, 09:55:41 PM »
Tau gak kita bisa bikin plastik (yang biasanya terbuat dari "ampas" minyak bumi) dari susu, caranya :
pertama masukkan sekitar 250ml susu cair fullcream ke wajan/panci/beaker glass(kalo punya) dipanasin sampai mendidih terus campur dengan vinegar (cuka) masukkan dengan sendok makan sekitar 3 sendok (kalo merasa kurang tambahin sebanyak-banyaknya juga no problemo :)). nanti akan mulai terbentuk endapan berwarna putih, kalo mau berwarna kasih aja pewarna makanan atou pake susu rasa coklat, strowberi, dll. tunggu sampai dingin terus saring pake saringan yang lubangnya kecil. Lalu diperas sampai agak kering. terus bisa dibentuk bisa bulet atau yang lain. setelah itu dibiarkan di suhu ruang. mungin sekitar tiga hari tiga malam baru mulai mengeras.
Selamat Mencoba  ;)

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Plastik dari Susu
« Jawab #1 pada: November 29, 2007, 02:09:31 PM »
wew, asyik nih, menarik banget  :D ... kira2 reaksi kimianya gimana yah? kok bisa? 
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Plastik dari Susu
« Jawab #2 pada: November 29, 2007, 10:32:11 PM »
Sebenernya saya juga kurang ngerti reaksinya (coz bukan orang kimia sich), tapi mungkin seperti ini: plastik itu kan dibuat (biasanya) dari minyak bumi yang kalo dah jadi itu (kataya sih) tersusun dari rantai karbon yang sangat panjang disebut polimer. nah susu juga kan mengandung gugus karbon yang banyak, vinegar(cuka) juga ada karbonnya nah jadi tambah banyak deh karbonnya.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Plastik dari Susu
« Jawab #3 pada: Juli 08, 2008, 12:37:13 AM »
polimer antara asam amino - peptida - protein dengan cuka?

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Plastik dari Susu
« Jawab #4 pada: Juli 30, 2008, 10:50:20 AM »
waduh ... aneh2 aja ...
sayang kan kalo susu yang gitu mahal dijadiin plastik, bagusnya diminum aja ..

tapi boleh dicoba juga nih di kosan .. haha

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Plastik dari Susu
« Jawab #5 pada: Juli 31, 2008, 05:43:50 AM »
jadi kesimpulannya: jangan makan susu campur cuka... ntar jadi plastik di dalam perut.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Plastik dari Susu
« Jawab #6 pada: Desember 10, 2008, 06:10:22 AM »
siapa yang doyan ??????

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Plastik dari Susu
« Jawab #7 pada: Oktober 26, 2013, 02:44:53 PM »
Endapan susu yang kayak selaput itu ya? Itu kalau di sini (Jawa) namanya "langit". Dulu waktu minum susu murni pernah nggak sengaja keminum bagian itunya, terus habis itu kepala rasanya jadi pusing nggak karuan.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Nugraha Saputra

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 1
  • ForSa!
Re:Plastik dari Susu
« Jawab #8 pada: Mei 07, 2014, 04:04:49 AM »
Teksturnya gimana ya?
Awet nggak daripada plastik biasa?
Apakah aman kalau dibuang?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
8901 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2008, 06:45:20 AM
oleh Vinchemz
21 Jawaban
46803 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2010, 10:42:39 AM
oleh Idad
9 Jawaban
177103 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 12, 2015, 10:03:34 AM
oleh hasel1969
pedas vs susu?

Dimulai oleh exile_rstd « 1 2 » Biologi

18 Jawaban
11684 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2011, 06:37:44 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
4253 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2011, 11:09:55 AM
oleh Irvan Wira trihadi G