Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 05, 2024, 08:53:22 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

ajarin ttg gerak parabola n ttg medan gravitasi dll dunkz,,, mkci,,,

Dimulai oleh sisca, chemistry, Agustus 13, 2009, 03:38:46 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sisca, chemistry

ada yg bisa bntuin aq gag...?
ajarin aq ttg gerak parabola n medan gravitasi la,,,
bole dikasi soal2 jg,,,

tpi jgn yg susah2,,  ;D
kan masi mo blajar,,,
he,,,
mksi lo smblmnya,,,
:D
:)
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

berhubung karena sudah mulai lupa ;D
coba belajar disini [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
dlm gerak parabola yang perlu diperhatikan kecepatan, percepatan yang terjadi,  titik x, y dan berikut rumus yang akan dipakai.
untuk sementara itu dulu sampe yang rada kabur muncul lagi  :P

raisuien

ini buat soal parabola:

1. sebuah benda dilemparkan dgn sudut 37 derajat dan Vo=30 m/s (g=10m/s). tentukan:
a. kapan benda mencapai tinggi max
b. koordinasi tinggi max
c. kapan benda mencapai tanah kembali
d. koordinat benda sampai di tanah

2. dari tempat setinggi 45 m, seseorang memanah mendatar dengan Vo=30m/s. Tentukan kapan, di mana, dan dengan kecepatan berapa anak panah tiba di tanah?

HyawehHoshikawa

intinya itu kan cuman
gerak searah sumbu x = konstan
gerak searah sumbu y = dipercepat/diperlambat oleh gaya gravitasi

Ditinjau dari sisi matematis:
ketinggian maximum hanya bisa terjadi jika dan hanya jika turunannya = 0(dalam arti lain kecepatannya vertikal = 0)

karena percepatan gravitasi di SMA masih konstan jadi itu-itu ja dah cukup harusnya...

ooh...setlah baca tret laen ternyata bingungnya gara2 trigonometrinya toh...
kalo' gitu giniin aja deh.
misal
V0 = kecepatan awal
Vx = kecepatan horizontal
Vy = kecepatan vertikal
a = percepatan
t =waktu
theta = sudut dengan sumbu vertikal
maka:
V_x = V_0 \cos(\theta)
artinya kecepatan kearah x itu konstan
V_y = V_0 \sin(\theta) - at
artinya kecepatan kearah y itu semakin berkurang seiring dengan waktu.
note:kecepatan itu vektor, gw ambil arah positif itu arah atas.

kalo' mw nyari ketinggian maximum:
pasti tau rumus ini dong...
\frac{1}{2}mv^2 = mgh
karena energi itu kekal maka energi dengan Vmax = energi dengan Hmax
v^2 = 2gh
karena mintanya ketinggian max maka ganti aja: 
V menjadi V_y
sehingga jadinya
 h = \frac{{V_y}^2}{2g}
dimana
V_y = V_y awal
untuk nyari jarak terjauh berarti itu
x = V_x * t
dimana t = 2* waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ketinggian maximum
padahal pada saat ketinggian maximum itu
V_y = 0; V_0\sin(\theta) - at =0
V_0\sin(\theta) - at =0
V_0\sin(\theta) = at
t = \frac{V_0\sin(\theta)}{a}
untuk gerak parabol a = g

kembalikan ke persamaan untuk mencari x
x = V_x * 2t
x =V_x = V_0 \cos(\theta) * 2 * \frac{V_0\sin(\theta)}{a}
x = \frac{{V_0}^2 2\sin(\theta)\cos(\theta)}g
x = \frac{{V_0}^2 \sin(2\theta)}g

untuk melihat mengapa
2Sin(\theta)Cos(\theta) = sin(2\theta)
liat keterangan berikut:
Kutip dari: Mtk Kerajaan Mataram pada April 01, 2009, 10:17:01 PM


SV=\frac{SR}{\sin(\frac{\pi}{2}-a)}=\frac{SR}{\cos a}

VR=SV\cos(\frac{\pi}{2}-a)=SV \sin a

PV=PR-SV \sin a

VT=\frac{PV}{PR} \cdot RQ=\frac{PR-\frac{SR}{\cos a} \cdot \sin a}{PR} \cdot RQ

Dan seterusnya......


@Sisca
AWAS KALO' KAGA DIBACA GW CAPE' NI YANG NGETIK =P
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

sisca, chemistry

1. a. hmax= Vo^2. sin^2 alfa / 2.g
              = 900. sin^2 37 / 2. 10
              = 45. 0,6^2 = 16,29 m
   b n d. gag tau,, he... gag di ajarin nyari koordinatny,,
   c. nyari nya pke apa...?
      pke Vo. sin alfa . t +1/2 g. t^2 bukan...?

2. sin alfa= 0,,,   cos = 1
   Vx = Vo cos alfa = 30 . 1= 30 m/s
   h= Vo sin alfa. t + 1/2. g. t^2
   45=30. 0. t + 1/2 . 10 . t^2
   45= 5t^2
   3s = t
  Vy= Vo. sin alfa +g.t
      = 0. + 10 . 3 30 m/s
  V=30^2 + 30^2 akar,,,
    = 900+900 akar,,,
    = 1800 akar lge...
    = 42,42 m/s
gto bukan..?

pertanyaan yg kapan anak panah tiba itu jwbny stlh 3s bukan,,? hhe,,, ???
dimanany g'mana dijwnb...?
   
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

@om hyaw: niat amat
@sisca : sorry gak bisa buat soalnya udah mulai lupa + kalo mo nyari koordinatnya itu rumusannya dah diketik sama om hyaw di X= sama Y=

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

1. Vx = Vo cos 37 = 30 X 0,8 = 24 m/s
Vy = Vo sin 37 = 30 X 0,6 = 18 m/s

a. mencapai tinggi max:
Vy=0
Voy - gt = 0
18 - 10 t = 0
t = 1,8 s

b. x = Vox . t = 24 X 1,8 = 43,2 m
y = Voy . t - 1/2 g t^2 = 18 X 1,8 - 1/2 X 10 X (1,8)^2 = 16,2
koordinat tinggi max = (43,2 m ; 16,2 m)

c. mencapai tanah
y = 0
Voy . t - 1/2 g t^2 = 0
18 t - 1/2 X 10 X t^2 = 0
18 t - 5 t^2 = 0
t (18 - 5 t) = 0
t1 = 0 (tidak memenuhi)
18 = 5 t ---> t2 = 3,6 s

d. x = Vox . t = 24 X 3,6 = 86,4 m
koordinat sampai di tanah = (86,4 m ; 0)

2. yo = 45 m
Vo = 30 m/s
alfa = 0o

Vox = Vo cos 0o = 30 X 1 = 30 m/s
Voy = V0 sin 0o = 30 X 0 = 0 m/s

sampai di tanah :
y = 0
Voy . t - 1/2 g t^2 + yo = 0
0 t - 1/2 X 10 X t^2 + 45 = 0
-5 t^2 + 45 = 0
5 t^2 = 45
t^2 = 9
t = 3 s

x = Vox . t = 30 X 3 = 90 m

Vx = 30 m/s
Vy = Voy - gt
    = 0 - 10 X 3
    = -30 m/s
V = akar dari (Vx^2 + Vy^2)
  = akar dari [30^2 + (-30)^2] = 30 akar 2 m/s




sisca, chemistry

pjg jg y,...
;D

ocre2,,,
biar di copy paste dech,,,
thx yo,,,,

lgi dunkz,,,
o,a uda tmbh lge plajaranny,,,

medan gravitasi,,, yg ttg hukum kepler3,,, n gaya gesekan...
hhe...

jgn yg susah2 dlu y,,,
he,,,
sisca oon bgt di bidang fisika,,,
;D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

waduh... tunggu y...
aku jg lemah di fisika...
soalnya guru di skul dlu gak bisa ngajar...

mungkin paling lambat besok....
sorry y....

Ginji

masih mo lanjut ???
kayaknya ketemu nih soalnya coba periksa dulu  ;)

sisca, chemistry

o,,,
gpp,,,,

sisca jg lemah bgt,,,
sgt amat lmah,,,
hhe,...

yg penting bisa diajari,,,
hhe...
;D

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

sabar repot juga misahinnya
kalo udah ngerti fisika enak kok sama kayak mat dan kimia