Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 05, 2022, 07:49:05 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,637
  • Total Topik: 10,394
  • Online today: 56
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apakah batu bisa menahan buang air besar?

Dimulai oleh ayeps, Februari 16, 2010, 08:51:18 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ayeps

saat kta sesak boker knp orng bnyk memegang batu sbg solusi untuk menahan boker?
apakah ada kaitan na dalam ilmu sains Fisika?


Idad

Kutip dari: ayeps pada Februari 16, 2010, 08:51:18 AM
saat kta sesak boker knp orng bnyk memegang batu sbg solusi untuk menahan boker?
apakah ada kaitan na dalam ilmu sains Fisika?


Hm.., ini bukannya kaitannya dengan Ilmu biologi..,
Tapi perasaan memang tdk ada hubugan antara memegan batu dengan menahan buang air besar secara fisiologis. Tetapi kalau secara psikologis mungkin ada..

Bernando

mungkin psikologis yang dimaksudkan bung Idad adalah Sugesti...benar gak bung???
Be the sustainable learner, because life is learning...

Idad

Kutip dari: Bernando pada Februari 16, 2010, 10:55:45 AM
mungkin psikologis yang dimaksudkan bung Idad adalah Sugesti...benar gak bung???
hm.., y, kurang lebih seperti itu.., dan mungkin salah satunya dalah faktor sugesti, yaitu saat orang tersebut yakin bahwa menggenggam batu akan dapat membantu kita menagan buag air...

Tapi ya klo dilihat2 ga juga..., mungkin juga dari psikonya sesorang, saat ia melihat batu, ia tidak bisa buang air besar.

Dan mungkin psiko yang terkait dengan saraf, saat ita merasakan ada batu atau benda keras dan kasar di tangannya, ia menjadi bisa menahan buang air.

Tetapi, klo secara persarafan tubuh dan atau akupuntur, sya krg tw jga apa ada hubungannya atau tidak, hhe.., dan ini mungkin saja ada hubungannya


Bernando

pernah dengar katanya kalo kita menggenggam tangan kita bisa menahanya...benar bung...mungkin ada hubungannya ke persarafan juga kali...ada yang tau gak hubungannya ke persarafan?hehehe
Be the sustainable learner, because life is learning...

setiawanfisika

wah kayaknya emang gak ada hubungannya deh.... tu just sugesti aja yang udah mendarah daging.....
saya aja meskipun udah pegang batu, kalo pengen boker, ya bingung nyari toilet..... gak ngefek tu batu...

Mungkin seperti kata Bang Fernando, "kita bisa menahan jika kita menggenggam tangan".. mungkin dengan adanya batu di tangan, so kita bisa lebih punya alasan untuk menggenggam, dari pada menggenggam kosong....

Tapi sekali lagi, menurut saya ini hanya sebuah sugesti yang udah dtanemin ama orang2 di sekitar kita, dan parahnya kita percayai.....

Bernando

tapi di tangan kalo gak salah ada saraf yang bisa menahan rasa sakit kok...

makanya saya bilang may be ada hubungan nya dengan persarafan...
Be the sustainable learner, because life is learning...

ayeps