Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 22, 2024, 08:50:40 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 209
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

apakah besaran pokok fisika dapat bertambah??

Dimulai oleh oyi, Oktober 05, 2009, 11:49:02 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

oyi

Besaran Pokok dan Turunan
Besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, misalnya panjang, massa, waktu, luas, berat, volume, kecepatan, dll. Besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

BESARAN POKOK
Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok dalam sistem Satuan Internasional yaitu Panjang, Massa, Waktu, Suhu, Kuat Arus, Jumlah molekul, Intensitas Cahaya.

yang saya bingung, dasar penentuan besaran pokok nan tujuh itu apa???
apakah ada kemungkinan besaran pokok akan bertambah??? ???  ???

saya sangat mengharapkan partisipasi dari rekan2 sekalian untuk mengajukan argumen2 ilmiah (apa saja) untuk dua pertnyaan diatas

sekian, wasalam 'alaikum

Alan adhityo

lhoh, ini kan thread yg ada di sub forum fisika?? sigh*

oyi

oho iya, maaf ane kemaren salah threads, maklum pendatang baru di  forum

KagoMe

maybe it is so constan. Cz uda ketetapan dr sana,, Klo di tambahin lagi,y...... mgkin..

setiawanfisika

menurut Q sich, dah tujuh itu gak abakalan nambah lagi...... cos besaran pokok itu kan besaran yang berdiri sendiri n gak merupakan penggabungan antar besaran-besaran yang laen....
N sejauh ini yang saya tahu ya emang 7 besaran itu yang nggak tersusun dari besaran2 yang lain, n besaran pokok inilah yang menyusun besaran2 yang lain yang biasa kita sebut besaran turunan....

Zam_String

Kayaknya sih bisa selama besaran itu menjadi hal yang fundamental di fisika

Yorknell

hehehe... sepikiran ama yang di atas..
mungkin aja nanti ditemukan besaran dasar baru seiring perkembangan iptek..
eh.. tapi guru fisikaku di sekolah koq bilang sudut apa gt juga termasuk besaran pokok yah? tapim, anehnya besaran itu katanya tidak berdimensi...? siapa yg salah nih? setahuku kan besaran yah untuk sementara ada 7 yang termasuk pokok
thx