Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 16, 2024, 01:45:25 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 37
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

http://gurufisikamuda.com//

Dimulai oleh Yazid, Mei 22, 2011, 08:59:51 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Yazid

sebuah benda yg massany 0,10 kg jatuh bebas vertikal dr k'tinggian 2m k'hamparan pasir jika benda itumasuk sedalam 2cm k"dalam pasir sebelum berhenti,berapa gaya rata-rata yg d'lakukan pasir utk menghambat benda?

mariano

JAWAB :

Energi Kinetik benda ketika menyentuh pasir : EK = mgh = 0,10 x 10 x 2 = 2 J
Ketika benda 'berjalan' masuk ke pasir, maka terjadi gaya hambat dari pasir sehingga harus menggunakan teorema usaha-energi :

Wf = EM2 – EM1

-fges x s = EP2 + EK2 – EP1 – EK1   , karena EP2 = 0, juga EK2 = 0, maka :

fges x s = mgs + EK1   , EK1 = 2J, jadi :

fges x (2/100) = 0,1 x 10 x (2/100) + 2

fges = 101 N

Solved ...  ;D

12

W = f s
delta Ek = f s
-2 = f 0.02
f = -2/0.02
f = -100

jadi gaya hambatan yg dilakukan pasir adalah 100 N
#12

mariano

Kalo pake rumus diatas (yang jawabnya 100 N) artinya tidak memperhitungkan potensial gravitasi sejauh 2cm atau diabaikan. OK OK aja karena memang selisihnya 'hanya' 1 N karna jaraknya cukup kecil (2 cm).

12

#4
saya tidak mengabaikan energi potensial gravitasi. karena secara definisi Usaha (W) bisa diartikan sebagai Delta Ek atau Delta Ep. dalam kasus diatas Delta Ek = Delta Ep = -2. saya ambil yg delta Ek.

rumus yg anda pakai udah bener tapi perhitungan ada yg salah :)
#12

mhyworld

Dalam soal, jarak masuknya benda ke dalam pasir sangat kecil, sehingga selisih energi potensial benda kurang terasa.
Bayangkan kalau situasinya sebagai berikut :
Benda jatuh ke kolam air yang dalamnya 2 meter. Di dalam air, kecepatan benda tidak mengalami perubahan dibanding saat menyentuh permukaan air.  Adakah gaya yang dikerjakan oleh air?
Dalam kasus ini energi kinetik benda di permukaan air sama dengan di dasar kolam, sehingga delta Ek=0.

TS-nya kok langsung kabur? ???
once we have eternity, everything else can wait