Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 05, 2024, 08:59:56 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

belajar Fisika tanpa Rumus

Dimulai oleh utusan langit, Januari 26, 2009, 08:56:37 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

ada yang punya link ebook nya ngga? bagi-bagi ya,..

Idad

hehe.. nyengir nyengir::: belajar fisika tanpa rumus...

ya semua mau lah......




utusan langit

ada kok bukunya,.. temen temen ada yang punya nggak?
kasusnya seperti ini di reviewnya

a mempunyai kecepatan 4m/s, dan b mempunyai kecepatan 6m/s
jarak a dan b 30 m,..
berapa sekon kah jika a dan b bertabrakan?
kalo menggunakan rumus bakal panjang kan,..
kalo yang tanpa rumus gini,..
a dalam 1 dtk, 4m
b dalam 1 dtk 6m
jadi dalam satu dtk sudah tertempuh 10m, berarti 30m =3dtk,..

ryoma

aduh kk utusan langit, kirain mau ngebahas ma ngasih tau.  ;D  ;D

aku juga mau dong.
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

utusan langit

#4
Kutip dari: ryoma pada Januari 27, 2009, 03:56:52 PM
aduh kk utusan langit, kirain mau ngebahas ma ngasih tau.  ;D  ;D
aku juga mau dong.

sebenarnya tujuan disini juga begitu, ingin belajar membahas soal-soal fisika tanpa rumus jadi murni menggunakan logika,..
pada dasarnya pada pelajaran fisika SMA umumnya hanya dicekoki rumus, dan jarang banget diajarai dengan logika mengerjakan soal-soal,.. jadinya,.. fisika mungkin jadi pelajaran paling menakutkan bagi para pelajar SMA,..
matematika merupakan bagian dasar penghitungan dalam fisika,..
bagi temen-temen coba dech kerjain soal matematika sederhana ini,..

1/n + 1/m = 4/7
n2+m2=?

akan sangat sulit memecahkan jika menggunakan rumus,..
tapi jika sedikit bermain dengan logika akan mudah,..
jadi intinya ilmu Fisika itu bisa dinalar kok,..
tapi yang untuk lebih jauhnya kita belajar sama-sama,...
;D ;D ;D

Idad

#5
oia...,,hehe, bener jga..
saluutt

Kutip dari: utusan langit pada Januari 27, 2009, 06:45:45 PM
sebenarnya tujuan disini juga begitu, ingin belajar membahas soal-soal fisika tanpa rumus jadi murni menggunakan logika,..
pada dasarnya pada pelajaran fisika SMA umumnya hanya dicekoki rumus, dan jarang banget diajarai dengan logika mengerjakan soal-soal,.. jadinya,.. fisika mungkin jadi pelajaran paling menakutkan bagi para pelajar SMA,..
matematika merupakan bagian dasar penghitungan dalam fisika,..
bagi temen-temen coba dech kerjain soal matematika sederhana ini,..

1/n + 1/m = 4/7

[...]

oia.., yg itu sih tggal dibalik aja yach...
brarti
n + m = 7/4

berarti, n dan m merupakan himpunan bilangan perempat atau faktornya dari himpunan {0,1/4, 2/4, 3/4, 4/4, 5/4, 6/4, 7/4},
gimana?, gimana?, gimana..?
betul?, betul?, betul...?

Kutip dari: utusan langit pada Januari 27, 2009, 02:44:39 PM
ada kok bukunya,.. temen temen ada yang punya nggak?
kasusnya seperti ini di reviewnya

[...]

nah.., lo yg ini sih blm punya.., tpi mngkin bsa dicarii sih..,

oia.., tpi klo masalah resultan vektor ato kwn2nya, masa bisa pake logika si..
bukannya itu murni rumus..,



utusan langit

#6
@Idad,..
itu m dan n nya berapa?
kalo menurutku,..
1/n + 1/m = 4/7
sedangkan
4/7 = 8/14
dan 8/14 itu bisa diuraikan
7/14 + 1/14
dan 7/14 itu sendiri adalah 1/2
maka 1/n + 1/m = 1/2 + 1/14
maka m dan n sudah ketemu dan nilai yang ditanyakan sudah bisa dicari kan,...

utusan langit

kalo untuk vektor menurutku lebih cenderung kearah segitiga dan sudutnya,..
coba dech angkat satu soal,.. nanti kita bahas,..

Idad

Kutip dari: utusan langit pada Januari 27, 2009, 09:19:38 PM
@Idad,..
itu m dan n nya berapa?
kalo menurutku,..
1/n + 1/m = 4/7
sedangkan
4/7 = 8/14
dan 8/14 itu bisa diuraikan
7/14 + 1/14
dan 7/14 itu sendiri adalah 1/2
maka 1/n + 1/m = 1/2 + 1/14
maka m dan n sudah ketemu dan nilai yang ditanyakan sudah bisa dicari kan,...

hm.., iya.,. bnr jga.., emang prlu bnyk latian.,
tpi ckp membuka inspirasi lho.., ehbat hebat.., hehhe

Kutip dari: utusan langit pada Januari 27, 2009, 09:25:20 PM
kalo untuk vektor menurutku lebih cenderung kearah segitiga dan sudutnya,..
coba dech angkat satu soal,.. nanti kita bahas,..

coba gini::
sebuah segitiga tidak beraturan ABC  didesripsikan sebagai berikut;; Sudut A=135derajat, panjang AB=3m, panjang AC=5m:: Berapakah panjang BC?

The Houw Liong

#9
Fisika tanpa rumus hanya fiiska kualitatif saja , seperti sisiologi atau geologi zaman dahulu, sedangkan kemajuan fisika terletak pada perumusan kuantitatif yang dapat diperiksa secara eksperimen/observasi.
HouwLiong

biobio

Kutip dari: Idad pada Januari 27, 2009, 09:50:08 PM
coba gini::
sebuah segitiga tidak beraturan ABC  didesripsikan sebagai berikut;; Sudut A=135derajat, panjang AB=3m, panjang AC=5m:: Berapakah panjang BC?
bole pake aturan sin, atau cos, ato kalo memang data yang diketahui dalam soal tidak mencukupi, dalam lomba saya sering membawa busur dan penggaris...kita gambar saja segitiganya, trus tinggal diukur... gampang, kan? kadang2 teknik tanpa rumus ini juga amat baik dipraktekkan... misalnya lagi, ada kejar2an antara anjing dan kucing, anjing 10 m dibelakang kucing dengan kecepatan 5 m/s, kucingnya 3 m/s, berapa detik bisa ditangkap? fisika konvensional mengajarkan, samakan dulu s anjing dan s kucing, trus t nya dapet berapa, dst, dst... padahal tidak sesulit itu kan?
Nah, kalo dibalik, anjing 3 m/s mengejar kucing 5 m/s? bisa terkejar ga?
pasti banyak yang jawab ga bisa...
tapi rasaya bisa terkejar, atau setidaknya bisa bertemu...gimana? ingat, bumi itu bulat..hehehe..
"The pen is mightier than the sword"

utusan langit

Kutip dari: The Houw Liong pada Januari 28, 2009, 03:40:59 PM
Fisika tanpa rumus hanya fiiska kualitatif saja , seperti sisiologi atau geologi zaman dahulu, sedangkan kemajuan fisika terletak pada perumusan kuantitatif yang dapat diperiksa secara eksperimen/observasi.
yah,... pak The Huow Liong nggak asyik,..
itu sebabnya ditahur di Fisika SMA,...
kalo dasarnya saja tidak tahu yang mana bisa mengerti?
misalnya gini apa semua siswa SMA tahu apa itu permifitas?
saya sendiri bersama kawan-kawan sering bertanya kepada orang yang lebih tahu,. tapi jawaban mereka tidak memuaskan,..
makanya inti dari fisika tanpa rumus ini merupakan pemahaman konsep (bukan rumus) lalu mengerjakan soal-soal dengan konsep tadi,...

saintzack

klo ma gw si,,,fisika tu pelajaran paling sulit,,

n impossible jika fisika bisa pake rumus

klo isa ga pake rumus,,,gmna coba carana....
[move]once upon a time in .......[/move]

utusan langit

fisika tanpa rumus ini lebih ke pemahaman konsepnya dan bukan ke pemakaian rumusnya,..
coba deh yang tahu apa itu permifitas, dan apa anda mengerti?
apa permeabilitas?
kebanyakan para siswa SMA menganggap fisika itu sulit, karena yang mereka lihat adalah rumus-rumus yang panjang-panjang dan banyak sekali,...karena ketidak pahaman konsep,..
coba kalo paham konsepnya,...!!!
hehehehe,..

Idad

#14
Kutip dari: utusan langit pada Januari 28, 2009, 08:08:12 PM
fisika tanpa rumus ini lebih ke pemahaman konsepnya dan bukan ke pemakaian rumusnya,..
coba deh yang tahu apa itu permifitas, dan apa anda mengerti?
apa permeabilitas?
kebanyakan para siswa SMA menganggap fisika itu sulit, karena yang mereka lihat adalah rumus-rumus yang panjang-panjang dan banyak sekali,...karena ketidak pahaman konsep,..
coba kalo paham konsepnya,...!!!
hehehehe,..

klo ama yang ini saya sangat setuju...

oia, btw permeabilitas yg brusan aku tau tuh dri kata bhs inggris
permeability, diambil dari kata permeable yang diambil pula dari kata permeate yagn artinya menyerap/menembus.
berarti permeability kemampuan untuk menembus (suatu lapisan)

nah., klo yg permifitas itu blom tau.., mungkin ad yg bisa nambahin...

oia tp jgn lpa, BTT ok ( belajar Fisika tanpa Rumus )